1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

TRIK - TIPS - Memilih HOSTING ( PENGALAMAN PRIBADI )

Discussion in 'Hosting & Domain' started by bangkotkota, Jul 24, 2016.

  1. funkyasa

    funkyasa ★★★ Web Hosting Provider ★★★

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    1,301
    Likes Received:
    48
    Location:
    http://www.gigmanity.com
    Haha kalo ane sih sebenarnya males ngejabanin akun baru netes kemaren.

    Kalau bahasa penipuan yang ente permasalahkan, maka acuannya bukan hanya disk dong:
    - Unlimited bandwidth (banyak host yang menawarkan ini, kenyataanya bandwidth ente sekian TB juga ditendang).
    - DDOS Protection (kenyataanya kalau di DDoS sekian ratus Gbps juga koit)

    Lalu jika hostnya tidak menyatakan berapa bandwidth unlimited tersebut dengan exact value, ente anggap penipuan?
    Unlimited bandwidth = bandwidth tidak dibatasi (bukan tidak terbatas). Unmetered bandwidth = bandwidth tidak dihitung.
    Lah kok kalau tidak dihitung dan tidak dibatasi, mengapa pakai sekian ratus TB bandwidth juga akan ditendang?
    Rata-rata host yang ente sebutkan di atas punya unlimited bandwidth. Jika ente pakai sekian ratus TB kok bermasalah? Penipuan dong berarti host yang disebutkan di atas jika berkaca pada pemahaman ente? Kata aslinya ini adalah unlimited bandwidth, dipakai ratusan TB kok ente ditendang?

    Lalu jika hostnya menjanjikan ddos protection, kemudian domain ente dikasi ddos ratusan GB per second dan koit pasti domain ente ditendang, berarti penipuan juga dong karena tidak menyertakan berapa Gbps ddos protection yang bisa ditahan di TOS? Kata aslinya ini ddos protection, tetapi dikasi ddos ratusan Gbps kok ente ditendang?

    Jadi.. berapa host yang ente cap penipuan kosakata jika cara berfikir ente seperti itu?
    *host yang ente sebutkan di atas juga ada yang menawarkan unlimited bandwidth dan ddos protection lho..
     
  2. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14
    PM Sent gan.

    Unlimited bandwidth :

    Rata-rata ane yakin provider memiliki bandwidth +- 10-100 TB, dimana ane juga yakin jarang atau hampir tidak ada user yang bisa menembus bandwidth yang segede itu, maka dibuatlah unlimited bandwidth. Analogi ente gila dah, hingga ratusan TB. lawong ane yakin PREMIUM bandwidth harganya mahal. Siapa yang berani ngabisan hingga ratusan TB ?
    Softlayer sendiri premium bandwidth untuk singapore saja hanya 1 TB, itupun harganya mahal. Analogi ente coba lebih rasional deh biar enak kita bicaranya. Karena ente merupakan hosting provider jadi lebih tau penggunaan bandwidthnya berapa. Yakin hingga ratusan TB ?

    Ente menggunakan datashack, yang mana rata-rata mereka melakukan limitasi 30 TB. apakah user sering mencapai angka itu ? ga usah kejauhan deh, apakah user mencapai angka 10 TB ?


    Once again gan, sudah banyak yang mendiskusikan ini baik forum lokal atau forum luar apakah benar menggunakan unlimited yang kenyataanya tidak. Maka digantilah kata UNLIMITED --> UNMETER. Sekali lagi ini bahasa hukum. Yang seharusnya unlimited itu adalah add-ons, database, subdomain baru itu unlimited, karena tidak ada batasan secara pasti.

    Masalah ditendang atau tidak, biasanya penyedia akan mengirimkan email pemberitahuan disini. Dan ada pertanyaan dahulu biasanya, seperti
    " Kenapa kamu menggunakan banyak bandwidth padahal website bertrafik rendah ? " Ini ga wajar maka dari itu dikirim surat.

    soal disk itu beda. Jumlah/inode file itu akan menyebabkan penurunan performa pada server ane yakin ini. Di atas bandingkan, apakah saya menyangkut masalah bandwidth ? ngga gan, karena ane yakin itu ga akan menurunkan performa karena limitasi ini ditetapkan oleh data center. Sedangkan jumlah file, besar file inilah yang akan menurunkan performa.

    Ane disini bukan sebagai penyedia hosting, hanya saja ane menggunakan logika berfikir yang sederhana mengenai masalah dan limitasi terhadap kemampuan server.

    Ane memang masih baru, bukan berarti ane baru dalam dunia perhostingan. Kalau ane baru ngapain juga ane capek" ngetik pengalaman disini. Once again.. LOGIKA !!


    DDOS Protection :

    Ane disini secara teknis memang tidak tahu apakah DDOS Proteksi yang masuk itu ratusan GB atau puluhan GB atau hanya GB saja karena ane bukan bekerja atau menaungi di bagian penyedia hosting sudah ane sebutkan diatas. . Ane baca pada website cloudflare mengenai DDOS ini _cloudflare. com /ddos/. Ini menggunakan DDOS Protect mitigation atau distribusi network. Paragraf ke-2.
    Sejauh ini website yang menggunakan sistem proteksi semacam bitninja atau DDOS Proteksi yang selama hampir 2 tahun ini ane gunakan ga ada yang protes mengenai DDOS ini.

    Cara kerja DDOS yang mengirimkan suatu perintah ini hingga berGIGA saja sudah sangat hebat apalagi analogi ente yang kebangetan jauhnya sampai ratusan GIGA. Harga DDOS Proteksi 10 GB saja sudah 50 an USD, apalagi hingga ratusan GB ? ini berkali-kali lipat harga server itu sendiri.

    EX : Server dengan ram 32 gb, dan intel xeon E3 anggap saja 150 USD, kita beli proteksi ini 30 gbps sudah sama seperti harga servernya.

    Jadi dari kesimpulan ane diatas DDOS Protek hingga ratusa atau puluhan GIGA itu sangat jarang, kecuali mematikan sekelas perusahaan besar. Cara kerja DDOS sendiri dengan mengirimkan perintah, jika dianalisis pula perintah ini berukurang sekian BYTE saja, ga sampai KILO BYTE atau MEGA BYTE. Jadi 10 gbps hingga 20 gbps juga sudah mantap jika perusahaan hosting menerapkan ini.

    Ane coba tulis diatas menggunakan DDOS proteksi diatas karena itu untuk perlindungan di awal sebelum masuk keserver. Jika sudah masuk ke server hal ini akan meningkatkan load server secara drastis. Efeknya tentu website akan susah sekali diakses karena ada peningkatan penggunaan memory. Maka sebelum mencapai server, serangan ini dialihkan melalui jaringan khusus atau distribusi network.

    Apakah ente menggunakan DDOS Protect di servernya ? Secara default datashack juga sudah ada tu hanya 1-2 gbps saja untuk penangkalan utamanya. Ente provider hosting harusnya tau dong, masak harus ane yang kasih tau. LUCU gan.

    Dan analogi ente hingga ratusan GIGA? Mung tak guyu. !! wkwk

    Ini kita bermain LOGIKA saja, karena ane sendiri bukan teknisi atau penyedia hosting. Hanya saja semua ini bisa kita LOGIKA. ga seperti kata-kata ente diatas yang ngawur banget analoginya.

    Kenapa ane paham mengenai masalah diatas, karena ane mengikti security website and server untuk memantau saja. Secara teknis ane akuin ane ga bisa, karena ane bukan dibidang itu. :))
     
    Last edited: Jul 25, 2016
  3. jumjems

    jumjems New Comer

    Joined:
    Dec 25, 2013
    Messages:
    42
    Likes Received:
    0
    Nice share ni gan,

    jadi intinya gak peduli beli hosting lokal/interlokal yg penting server ditaro dimana tergantung visitor yg di sasar, bukan begitu bukan gan ? 8-|, selain prasyarat diatas..
     
  4. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14
    yes benar sekali gan. Kalau memang yang di sasar 99-100 % orang indonesia tanpa memperdulikan luat maka beli hosting indonesia, karena kecepatan akses kenegara sendiri pasti lebih cepat debandingkan dengan hosting luar negri.

    jika visitor 90% indonesia dan 10% luar, maka bisa dibilang cari hosting USA saja gan. Kebanyakan provider hosting yang pelanggannya indonesia dan semi luar rata-rata menggunakan hosting usa, jadi bisa diperkirakan hal ini,
     
  5. funkyasa

    funkyasa ★★★ Web Hosting Provider ★★★

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    1,301
    Likes Received:
    48
    Location:
    http://www.gigmanity.com
    Datashack? Ane ga pake data shack gan..
    Maaf ya ente salah info kali :D
     
  6. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14
    address country: ip address flag United States
    address state: Missouri
    address city: Kansas City
    ISP of this IP [?]: WholeSale Internet
    Organization: DataShack, LC
    From NOCIX

    Duh terlalu fulgar, uhuk. Semoga servernya msh hidup deh ya. Uhuk
     
  7. jamudipa

    jamudipa New Comer

    Joined:
    Jul 25, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    2
    Keren mas sharingnya

    Sent from my R1011 using Tapatalk
     
  8. BHWQueen

    BHWQueen Vakum bentar, ada baby

    Joined:
    May 6, 2012
    Messages:
    2,115
    Likes Received:
    8,208
    Location:
    404 Not Found
    Dedi server yg recommended apa gan? Server USA.
     
  9. xpro99

    xpro99 Super Hero

    Joined:
    Nov 5, 2013
    Messages:
    1,263
    Likes Received:
    112
    Location:
    /home/public_html
    masalah alamat sih iya, cuma kan ga ada yg tau kepastiannya bener alamatnya disitu ap nggak. aplg buat yg jauh2 :D
    maaf gan klo salah persepsi, ane ga memfonis kok. cuma bilang "ada bau-bau" :D
    soalnya umur situs yg dilist ada yg ga beda jauh sama umur akun agan ini, padahal yg lainnya provider2 tua. jd berasa agak gmn gitu klo ada yg beda sendiri :))

    visitor 100% indonesia pun msh mending nyari yg luar gan, dengan spesifikasi yg sama harga server luar lebih terjangkau. perbedaan kecepatan 0 koma sekian-sekian ga berasa pengaruhnya aplg untuk indonesia yg tau sendiri lah gmn kualitas pasaran jaringan internetnya. menurut ane lebih baik ambil server luar, dengan acuan untuk target kenyamanan visitor bisa dibilang ga ada perbedaan + untuk target bot (spt google,bing,yahoo dll) yang juga sangat penting dalam hal keberadaan situs kita akan lebih baik karena lebih dicepat diakses (kan rata2 bot asalnya dari USA).
     
    ubaydil likes this.
  10. funkyasa

    funkyasa ★★★ Web Hosting Provider ★★★

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    1,301
    Likes Received:
    48
    Location:
    http://www.gigmanity.com
    Duh malu deh ngeliat informasi entah kapan tau :))
     
  11. blacklizt

    blacklizt AdSense Pro

    Joined:
    Apr 10, 2012
    Messages:
    291
    Likes Received:
    16
    Kalau takut mereka kabur ga sekalian cari yang udah berbadan hukum?
    Karena kalau ga berbadan hukum, itu usaha ga bisa dituntut kecuali si pemilik/pengurusnya.

    Backup offshore?
    Baru denger gw.
    Kalau hosting offshore = ada.
    Backup offsite = ada.

    Ilmu gw kurang nih.
    Mantap gan.

    *ini kayanya fokus di shared hosting dengan CMS WP.
     
  12. supriyadieka

    supriyadieka Super Hero

    Joined:
    Aug 11, 2010
    Messages:
    6,483
    Likes Received:
    352
    Location:
    Gunungkidul
    Dengan bahasa yang santun, tanpa perlu menjatuhkan yang lain.
    Mas TS gabung di forum mau tujuan apa? Biasanya member2 sini pada adem2 kalo diskusi.
     
    ubaydil likes this.
  13. cumauser

    cumauser AdSense Pro

    Joined:
    May 16, 2010
    Messages:
    391
    Likes Received:
    73
    kalau untuk harga ane setuju, tapi poin no.4 kayanya ga jaminan gan
    lokal mau luar sama aja kalau lagi apes mah.

    Pengalaman ane sama hosting lokal yg lokasi servernya ada di gedung cyber Jakarta bener2 bikin cape hati :)
    Kalau ada gangguan ditelepon susah banget ga masuk2, kontak via Twitter, email, YM dll ga dibales2 padahal urgent banget karena hosting juga dipakai buat email kantor

    Akhirnya setelah 3 hari ga kelar & kuping mulai panas dikomplain karyawan sama bos karena email ga bisa dipake akhirnya ane datengin langsung ke kantornya & komplain.
    Nunggu 1 jam baru kelar masalahnya :(
     
  14. klikharry

    klikharry Super Hero

    Joined:
    Feb 29, 2012
    Messages:
    804
    Likes Received:
    69
    saat ini saya pakai VPS Hawkhost harga VPS $21 (disk space 30GB) + Cpanel $10 jadi $31/ bulan =400,000/ bulan
    kemarin rencana mau ambil rumah web... lihat harga VPS 600,000 (disk space 30GB) + Cpanel 150,000 jadi 750.000/ bulan
    (nb: Kapasitas file saya > 20GB)

    selisih 350,000/ bulan untuk luar vs lokal...

    kalo pun nanti VPS yang skarang ngadat... lebih memilih upgrade tetep yang luar, soalny lebih murah...

    Lokal nggak jelek kok, hanya saja jauh lebih mahal dibandingkan yang luar
     
  15. ilham33

    ilham33 Trusted Web Hosting

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    2,784
    Likes Received:
    226
    Location:
    The North |
    untuk lokal memang sedikit lebih mahal, termasuk singapore juga mahal2, ini terlihat jelas jika kita mau beli dedicated server/colo di sg maupun iix
    memang untuk server indo rata2 bandwidth keluarnya kecil dan shared bandwidth, namun bisa digedein juga asal yang sewa colo/dedi mampu bayarnya, namun ya itu harga bandwidthnya mahal..namun untuk bandwidth lokal cukup besar
    kalau strategi marketing unlimited sudah dari dulu dan saya pikir sudah pada pengalaman tentang hal itu, biasanya yg menanyakan paket unlimited itu malah yang baru2 awal memakai hosting
    kalau saya lebih menarik mambahas bahasa marketing cloud hosting dan banyak orang juga tertipu..seperti digital ocean mengaku cloud namun mereka mengakui bahwa yg mereka maksud cloud itu karena bisa resize dan deploy sewaktu2, buka karena ada redudancy server
    lucu juga ketika ada hosting yg mengaku cloud namun cuma pakai satu server dan tidak ada redudancy server,, katanya cloud..kok bisa down :)
     
  16. funkyasa

    funkyasa ★★★ Web Hosting Provider ★★★

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    1,301
    Likes Received:
    48
    Location:
    http://www.gigmanity.com
    Kalau untuk lokasi, baik itu visitor 100% indo atau pun bule campur-campur, mending pakai USA (pendapat pribadi) untuk akses lebih baik di SE bot nya.
    Kecuali kalau memang tidak mementingkan crawling dari SE bot (misal untuk internal website atau web sekolah / instansi yang tidak perlu SEO) baru disarankan pakai IIX dengan catatan pengunjung lokal.

    Terkadang provider lebih memilih mengambil server singapore dari pada mengambil server IIX yang diupgrade bandwidth internasionalnya, karena cost tinggi dan tidak semua percaya BW IX nya besar (padahal memang benar sudah diupgrade).
     
  17. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14

    oh iya ane baru sadar setelah ane ceck di who is, iseng-iseng ane ceck juga di ahrefs ternyata ada yang aged domain juga hanya saja anchor textnya ambrul adul. wkwk
    entah beli aged domain atau apa ya ane kurang tau juga.


    Oh benar ente gan saya yang salah, thanks gan koreksinya. mantap
    kebanyakan iklan hosting luar yang offshore jadi kebawa deh ane. Karena lama hidup di forum luar sebelah jadi lupa forum dalam negeri sendiri


    Disini ane hanya ingin share pengalaman saja masgan, tapi karena pengalaman masa lalu yang kelam berkaitan dengan "UNLIMITED", ane ingin semoga ga ada yang ngalamin kejadian yang ane alamin.
    Karena contohnya unlimited sendiri maka diperlukan disk yang besar, nah inilah kenapa hoster ga menggunakan RAID, setelah salah satu hardisk rusak eh hosternya kabur. Website masih dalam keadaan on, hanya saja secara support mati total.


    Berarti server lokal dengan provider lokal ya gan ini. Kalau masalah email alihkan ke pihak ke-3 gan. ( google, mailchimp, dsb )


    Ane sempat berdiskusi dengan CEO provider lokal katanya memang lebih baik untuk email menggunakan layanan pihak ke-3. Kenapa ? karena memang mereka bergerak di email marketing, berbeda dengan provider hosting yang bergerak dilayanan website building.


    Ane sendiri menggunakan provider lokal sudah hampir 1 semester ini ga ganti, uptime server 99,9% di uptimerobot. Lokasi server LA, EUROPE, SINGAPORE.


    Jika kita berbicara cloud, email kita sudah merupakan CLOUD gan. ane pernah mengikuti seminar yang diadakan oleh mikocok di jakarta yang membahas mengenai Azure dan layanan mereka. Pada saat ini memang sedang gencar yang namanya cloud.


    Kalau menurut saya ini sebutan cloud ada berbagai macam jenis cloud, hanya saja prespektif kita mengenai CLOUD ya menggunakan berbagai server.


    Seperti prespektif kita mengenai SSD lebih cepat dibandingkan HDD. jika singgle one by one memang benar, pada kenyataannya untuk website tidak bisa dikatakn seperti itu. RAID juga mempengaruhi, optimasi juga mempengaruhi, web server juga mempengaruhi. Kita hanya berfikir website yang menggunakan SSD pasti lebih cepat.

    Sampai saat ini jika ente surveypun mengenai hosting pada milih hosting dengan provider luar. Padahal secara spesifikasipun sama, uptime juga sama, layanan juga hampir sama. ( Perbandingan ini diambil berdsarkan lokasi server yang sama ). Jangan dibandingin semisal lokasi USA dengan Indonesia. Secara harga, fasilitas dan yang lainnya juga sudah beda. Tidak ada yang bisa di bandingin disini.

    ya kurang lebih seperti itu
     
    Last edited: Jul 25, 2016
  18. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14
    BTW sebelum diskusi ini berkepanjangan, harus mengerti dulu ya yang ane sebutin diatas.

    Ane sebutin PROVIDER LOKAL bukan SERVER LOKAL, mungkin ada yang kelewat baca diatas.

    Provider LOKAL : Hoster yang berdomisil di INDONESIA, dimana hoster ini dapat memiliki server hanya di luar saja atau, lokal saja, atau keduanya yaitu lokal dan luar.

    SERVER LOKAL : Server atau data center berlokasi di indonesia. Dimana seluruh data, network, dan sejenisnya dikelola oleh orang indonesia dan bertempat di indonesia.

    Siapa tau yang lain kelewat baca diatas. Dimana diskusinya ini kita searahkan agar tidak kemana mana
     
  19. londo.sukses

    londo.sukses AdSense Fan

    Joined:
    Jul 24, 2016
    Messages:
    101
    Likes Received:
    7
    setuju gan,,
    semoga bermanfaat buat yang lagi nyari hosting
     
  20. mexRomeo

    mexRomeo Super Hero

    Joined:
    Mar 24, 2012
    Messages:
    2,136
    Likes Received:
    311
    Location:
    Above The Fold
    Thread bermutu, dapet banyak ilmu baru, user dan provider saling unjuk ilmu kanuragan :p

    Mau nanya,
    Misal target indo, server singapore, apakah masih perlu di mirror pake cloudflare cdn (versi free) ?
    Soalnya ane liat di histat ane, ip dr US lumayan banyak 30%an
     

Share This Page