1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

TRIK - TIPS - Memilih HOSTING ( PENGALAMAN PRIBADI )

Discussion in 'Hosting & Domain' started by bangkotkota, Jul 24, 2016.

  1. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14
    Sore GAN-SIS.

    Disini saya hanya sebagai penikmat, pemakai, akan tetapi bukan pengedar :)):)). Bisa dikatakan saya ini hanya try and error dalam memilih hosting atau provider hosting dan mengikuti perkembangan kamanan pada website atau server berdasarkan news yang lagi trend. Kenapa saya mengikuti ? ya karena ini merupakan hal yang sangat penting. Saya tidak mudah kena kibul oleh provider hosting yang katanya dilakukan update update dan update.

    Saya sendiri sudah puluhan provider hosting yang sudah saya coba dari mulai hosting luar dan lokal. Banyak memeiliki support yang bagus banyak juga yang memiliki support yang jelek. Sudah servernya lemot jelek lagi. Nah kalau ini kita bisa apa ? yang kita lakukan PINDAH !!

    Disini saya juga bermain monetize, saya juga menggunakan hosting dengan server lokal, USA, dan eropa. Semua saat ini sedang saya pakai dan alhamdulilah saat ini juga tidak ada masalah di hosting, karena memang pengalaman tidak akan pernah bohong. Beberapa faktor terpentih dari memilih hosting akan saya jabarin disini.

    1. JAUHI HOSTING UNLIMITED

    Ya, jauhi kata hosting UNLIMTED. UNLIMTED is BULLSHIT. Kenapa saya katakan ini ? kita main logika saja disini, semua server memiliki keterbatasan, semua dari kemampuan juka memiliki batas. BENAR kan ? Jika kita memilih hosting yang UNLIMITED sama saja kita memilih hosting yang tanpa aturan. Apalagi UNLIMTED harganya MURAH ? WTH ??

    Semua user dapat melakukan serba unlimited, menambah domain hingga unlimited, menambah file hingga unlimted ( DISK ). Disini lah masalahnya, kalau kita hanya memiliki 1-2 domain KENAPA KITA MILIH HOSTING UNLIMITED ? HOSTING TANPA ATURAN ?

    Jika memang kita memiliki sedikit domain ya sesuaikan saja paket hosting dengan jumlah domain yang kita miliki. Kalau suatu saat butuh ya lakukan upgrade. Jika memang kalian memilih hosting UNLIMITED ini, silahkan rasakan berapa lama ente akan bertahan. 3 bulan kah ? 1 bulan kah ? atau hanya 2 minggu ? Cuma numpang ketawa doang ane kalau gitu.
    :)):))

    2. Tanyakan RESOURCE yang akan kita dapat secara rinci.

    Tanyakan ke provider seberapa besar resource yang akan diberikan ? Hal ini hanya dapat dilakukan dengan hosting yang menerapkan OS CloudLINUX. Cloudlinux memungkinkan si pihak server untuk melakukan limitasi resource terhadap user-usernya. Hal ini PENTING, Kenapa ? Bayangkan saja, disatu server ente hanya menggunakan resource yang sedikit pengunjung lain menggunakan resource yang besar karena plugin yang digunakan dan visitornya. Ya ente bakal kena akibatnya, mau ga mau ente yang udah menggunakan resource kecil, masih diambil juga sama user yang memiliki pengunjung besar.

    Cari tahu entry proses, Alokasi ramnya berapa pada hosting.
    Jangan tergiur yang besar" harganya ga masuk akal/murah. Itu sama saja seperti UNLIMITED harga murah.
    I-)

    3. Jangan Tergiur HARAGA MURAH

    Don't WASTE your TIME !! Tinggalkan saja harga yang ga masuk di akal. Jangan coba-coba, karena paling hanya 1-2 minggu ente bakal out dari provider itu ( pengalaman PRIBADI ). Misal kita sewa 1 tahun harga 3 $, baru 2 minggu down 5x, lemot lagi. Kalau udah seperti ini ente mau ngapain ?

    4. Cari Provider yang telah Terverifikasi ( ALAMAT, FANSPAGE FACEBOOK, FORUM-FORUM )jI


    Jika menggunakan provider lokal cari yang telah terverifikasi dari alamat, fanspage, dan dari FORUM-FORUM. hal ini penting, jika mereka sudah terverifikasi mereka tidak akan kabur dari apa yang mereka janjikan. Kita bisa datang dari alamat mereka. jadi mereka bakal mikir-mikir ketika ingin nipu.
    Cari hosting yang memang benar-benar aktif pada forum-forum.
    Ane berikan list beberapa provider lokal yang memang benar-benar sudah terverifikasi.


    • DAISERVER
    • DOMOSQUARE
    • DHYHOST
    • IDCOLO
    • IDREG
    • INDONETMEDIA
    • JETDINO
    • MASTERWEB
    • QWORDS
    • RUMAHWEB
    • SOSYS
    • dsb

    List diatas adalah beberapa list hosting indoneisa yang memang credible untuk dicoba. Jangan takut untuk mencoba !!


    5. Cari Hosting yang selalu update, baik Keamanan dan KERNEL

    Akhir-akhir ini juga ada permasalahan yang lagi gembar kalau ente mengikuti keamanan website, saat ini ada issue mengenai
    HTTPoxy. Silahkan periksa website ente. Jika belum minta update ke providernya, kalau masih belum update, ini dipertanyakan tentang "SELALU UPDATE".

    Selain itu usahakan cari provider hosting yang menggunakan/menerapkan feature proteksi DDOS, baik menggunakan pihak ketiga yaitu BITNINJA atau menggunakan langsung dari data centernya yaitu distribusi network ( DDOS Protect MITIGATION ). Ini harganya mahal bro, Bitninja saja harganya hingga 200 USD, kalau DDOS Protect mitigation sesuai tingkatan bisa 10, 20, 30, 40, 50 hingga 500 gbps. Tetap saja harganya mahal. 10gbps saja harganya 50an USD setiap bulannya.

    Makannya usahakan cari provider yang ada feature ini. Biasanya ada di server USA. Ini sangat penting !!, bayangkan saja website ente down hingga 12 jam, ranking bakal terjun bebas tu. Ane yang ngalamin sendiri, 12 jam down, dari 200 RB alexa ke 500 Rb. menggunakan provider luar.

    6. Cari lokasi server yang cocok.

    Cari lokasi yang cocok, jika memang visitor 100%, atau 99% berasal dari indonesia pilih indonesia. Kalau 90% indonesia dan 10% luar pilih USA/ singapore. Hal ini kenapa ? bandwidth indonesia keluar kecil, yaitu berksisar antara 20 - 50 mbps. Ini sangat sedikit jika digunakan oleh ratusan member indonesia. Jika ente menggunakan server USA bisa dikatakan server ke indonesia cepat dan server keluar juga cepat. Jadi lebih prefer ke Luar.

    7. DISK

    Ini yang paling sering salah kaprah. Kita selalu cari DISK yang besar. Untuk website itu ga terlalu besar bro untuk disk. Penggunaan secara personal saja dikasih disk 100 MB sudah turah-turah. Ane ada 1 website TOKO Online saja sudah lebih dari 6 bulan yang kepakai cuma 7 GB. ada lebih dari 400+ produk. Apalagi kalau cuma ente menggunakan untuk website pribadi, ya bakal sisa banyak lah. :)):))
    Kalau kata cak lontog : " MIKIR!! "

    8. Backup OFF-SITE( berbeda server )

    Yang ga kalah penting ya ini, backupnya. Backup offshore atau backup data di server lain merupakan hal yang sangat penting. Cari hosting yang memiliki backup minimal 1 minggu sekali atau setiap hari sekali. Kalau setiap hari lebih bagus hanya saja setiap minggu juga sudah bagus. Disatu sisi kita tetap melakukan backup sendiri secara rutin, hal ini meminimalisir data hilang jika provider tidak dapat mengembalikan.

    Selain itu cari provider yang benar-benar menggunakan RAID 1 atau RAID 10. Kenapa ? karena setiap data di lakukan miroring pada disk, hal ini sangat penting. Jangan mudah percaya sama provider yang menawarkan RAID 10. Ceck dulu ke mereka dan tanya. RAID 10 minimal menggunakan 4 hardisk !!, jika kita tanya ke provider menggunakan total hardisk berapa, semisal dia menjawab hanya 2 hardisk bisa dipastkan PROVIDER ITU BOHONG. Ingat jangan mudah percaya ke provider, cari yang benar-benar credible seperti diatas.


    Kesimpulan

    Tulis diatas semuanya adalah berdasarkan pengalaman pribadi yang sudah lebih dari 4 tahun menggeluti dunia hosting, monetize website, dan blog writing. Alhamdulilah dengan cara diatas sudah hampir 1 semester/6 bulan ini saya tidak beralih dari beberapa hosting lokal.

    Ane juga ada beberapa hosting luar, toh sama saja ga ada perbedaan yang signifikan, jika kita PINTER dan BISA memilih hosting lokal yang credible. Uptime juga sama 99,9 %. Bedanya juga simple, SUPPORTED menggunakan bahasa apa, Pembayaran menggunakan bahasa apa.

    Semua pilihan ada ditangan pemilih. Semoga ente bisa terbuka pikiran mengenai hosting dan selektif memilih hosting.

    pesan saya cuma satu : BE SMART BUYER
     
    Last edited: Jul 25, 2016
    meejowo, nuryanto, ubaydil and 9 others like this.
  2. Ahmad Syarif

    Ahmad Syarif AdSense Starter

    Joined:
    Jan 30, 2016
    Messages:
    68
    Likes Received:
    2
    Location:
    MEDAN
    Gan,, klo misalnya ane mau build toko online dengan <200 produk, ane perlu disk berpa ya ?
     
  3. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14
    5-7 GB aja sudah cukup itu, hanya saja pasti semakin lama semakin meningkatkan kan ? untuk amaannya 10 GB saja. Itu sudah lebih dari cukup, kalau kurang nanti upgrade saja.

    Buat berkala saja, semisal ambil aja dulu 5 GB, nah semisal kurang baru lakukan upgrading, ( Ini bisa menghemat biaya ). Saran saya untuk enaknya pakai provider lokal ( bukan servernya yang lokal tapi providernya ), kalau servernya ya sesuaikan kebutuhan mau indonesia atau USA/singapore. Mengapa sarannya lokal karena diskusi mengenai harga dan caranya lebih enak dari pada yang luar bisa sampai ngotot"tan diskusi mengenai harga. Tapi biasanya sudah paten untuk harga upgrade.

    Upgradenya jangan menunggu disk hingga penuh, maksimal 10-20% mendekati penuh lakukan upgrade. Karena setiap website kan membutuhkan LOG jika misalnya kita ada eror di website.
     
  4. geovani

    geovani Super Hero

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    909
    Likes Received:
    143
    Location:
    jakarta
    Mau nambahin sedikit

    kalo ane sih cuma perlu tidak hal dalam membeli ( sewa ) hosting

    1. Ada Softaculous
    2. Ada Cpanel
    3. Ada multi Php Version

    kalo tiga tiga nya ada silahkan ente pilih tuh provider
     
  5. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14
    Rata-rata provider sudah ada gan kalau ini. Percaya deh sama ane. Kalau hosting yang sudah menggunakan CLOUDLINUX sudah dipastikan ada multi PHPnya, Rata-rata untuk opsi satu dan 2 sudah ada. yang jadi masalah ya yang ane diatas. Kasihan kalau kepakainya cuma 1-2 bulan padahal sudah sewa 1 tahun, atau yang paling parah ya 1-2 minggu.
     
    geovani likes this.
  6. pluto01

    pluto01 Super Hero

    Joined:
    Jun 17, 2013
    Messages:
    1,290
    Likes Received:
    62
    Location:
    Pekanbaru - Riau
    Sepakat mas, nice share
    Semoga bermanfaat untuk teman2 yg sedang mencari hosting
     
  7. brokerforex

    brokerforex Hero

    Joined:
    Aug 7, 2010
    Messages:
    687
    Likes Received:
    30
    hati2 milih hosting gan. klo ane cari yang benar2 udah teruji baik dari segi uptime, speed, antisuspend, antilimit visitor, dan harga yang ekonomis. soalnya blog kita adalah aset yang berharga.
     
  8. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14
    Kalau antisuspend ya susah gan, rata-rata setiap hosting sudah memiliki peraturan yang harus ditaati. Seluruh hosting lokal yang ane sebut diatas sudah teruji juga dari segi uptime, dan speed, dan featurenya. Hosting provider lokal diatas REKOMENDED buat busines seperti toko online.

    kalau untuk antilimit visitor dan antisusped ga ada hosting ya seperti itu. Silahkan gebuk aja hosting dengan visitor 100 K/day bakal di tendang juga gan, karena sudah seharusnya menggunakan VPS. Namanya juga shared hosting, kalau semisal ga disuspended bahaya ini provider untuk keperluan busines. Biasanya pun suspended kita dikirimkan email yang berisi detail kita kenapa disuspen maksimal 1 x 24 jam dulu, kalau kita ga bales baru deh kita di suspend. Kalau dalam 1 - 2 minggu kita ga ada kabar baru di terminate.

    Rata-rata profesional hosting kerjanya begitu, karena ane pernah betemu petinggi salah satu hosting provider diatas. Jadi ane sedikit tahu mengenai cara kerja mereka. :-B
     
    ubaydil likes this.
  9. funkyasa

    funkyasa ★★★ Web Hosting Provider ★★★

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    1,301
    Likes Received:
    48
    Location:
    http://www.gigmanity.com
    Memang tidak ada yang bisa memuaskan 100% pelanggan.
    Semua ada plus minusnya.
    Masuk tahun ke 3 jualan hosting berbayar (dan ada paket unlimited nya juga) astungkara selalu diberi jalan :)
     
  10. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14
    3 tahun bergelut di hosting bukan jaminan, akan tetapi TRUSTED dan verifikasi dari hosting tersebut jelas, alamat jelas, facebook page jelas.
    mari gan coba ane pakai hostingnya, berapa GB yang bisa ane uploud. 1 TB, 2 TB, atau 10 TB :)). Sekalian saya mau memonitoring hosting yang unlimited seperti ini, berapa uptimenya 99 % atau kurang.

    Mumpung admin disini sekalian saya share hasil review saya disini. Jika saya salah, maka thred di ini AKAN ANE TUTUP, karena riset 4 tahun ane ga berfungsi. :))

    Monitoring saya menggunakan 1 minutes ping from HEADER HTTP. Ping setiap 1 menit berdapasarkan requestnya.

    Mari invoice saya : Invoice 02916
     
  11. xpro99

    xpro99 Super Hero

    Joined:
    Nov 5, 2013
    Messages:
    1,263
    Likes Received:
    112
    Location:
    /home/public_html
    mantap share nya gan, tapi kok ada bau-bau promosi ya :lol:
     
  12. funkyasa

    funkyasa ★★★ Web Hosting Provider ★★★

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    1,301
    Likes Received:
    48
    Location:
    http://www.gigmanity.com
    Haha ga perlu membuktikan apa-apa sama ente.
    Ente bilang di atas hosting unlimited = hosting tanpa aturan?
    Ente salah besar gan :D

    Baik unlimited ataupun tidak, semua ada aturannya di TOS.

    Ente kira baru denger unlimited langsung seenak bakul upload sekian TB?

    Lha hosting yang ente sebutkan diatad juga ada yang jual unlimites kok, silahkan dicek mereka jalan lancar dan lebih senior alias lebih lama dari ane :D
     
  13. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14
    Sepertinya bukan ke arah promosi gan, karena diatas adalah contoh website yang trusted saja karena memiliki alamat yang jelas dan bisa dipertanggung jawabkan.

    Jika ada yang dianggap promosi yang mana lagi nih gan? mungin bisa ane sensor :D

    Kalau ada paket unlimited ya jangan dipakai, simple is great dude. wkowkwok

    Yang jelas beda server dengan paket lainnya, kalau servernya sama antara unli dengan tidak ya ane ga rekomendasikan. Di list diatas adakah yang memiliki server sama antara yang unli dengan yang tidak ? NOPE, ane sudah coba dan tidak sama dari segi DISKnya.

    Ex Dhyhost, memang ada paket unli tapi berbeda server dengan paket lainnya, setiap plan berbeda. Yang unli tidak menggunakan RAID, karena memang dikhususkan untuk melakukan storage website saja alias percobaan, tidak rekomen untuk busines.

    OK mengenai TOS, pada halaman gigmanity. com/ tos. html bisa di infokan TOS dalam penggunaan DISKnya, uploud sekian TB adakah aturannya ?

    anda yang membuat TOS seharusnya paham mengenai hal ini. Silahkan pergi ke kolom : Acceptable Use Policy (AUP) dan Persetujuan Pengguna

    adakah maksimal UPLOUD FILE ? Besar UPLOUD FILE ? lantas apa fungsi dari UNLIMITED DISK ? Menarik perhatian ? Strategi marketing ?

    File yang saya uploud berjumlah 10 doang, hanya saja perfile 100GB. Tentu ga melanggar TOS dong, inode file juga tidak dong cuma 10 file doang, ga sampe ribuan atau ratusan ribu bahka jutaan file.
     
  14. be_honest

    be_honest Super Hero

    Joined:
    Jun 2, 2009
    Messages:
    1,833
    Likes Received:
    239
    Location:
    cockpit
    Sudah sudah, unlimited tidaknya itu pilihan. Pilihan pembeli dan penjual.
    Yang jelas semua ada batasnya.
     
  15. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14
    Haha, saya hanya menawarkan review dan testing saja apakah benar unlimited is trully unlimited. Karena pada awal thred saya sudah menegaskan mengenai unlimited. Eh ada yang datang provider unlimited, ya saya merasa tertantang dong, karena tips dari saya seakan terpatahkan. Sudah banyak review dari luar mengenai hal ini jadi saya bagikan dan buat rangkumannya disini, toh ini real pengalaman yang saya jalankan 4 tahun ini.
     
  16. funkyasa

    funkyasa ★★★ Web Hosting Provider ★★★

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    1,301
    Likes Received:
    48
    Location:
    http://www.gigmanity.com
    Its all about value (ga perlu caps lock ane yakin ente tau artinya).

    Dalam hal ini yang penting pelanggan mendapatkan value yang lebih dengan harga yang sama atau lebih rendah.

    Contohnya di Hosting A harga Rp.25.000 (sengaja ane samain dengan harga unlimited ane, karena hanya contoh ya, jangan tersinggung) pak Budi mendapatkan space 2 GB.
    Kemudian di Hosting B harga Rp.25.000 pak Budi membeli paket unlimited.

    Nah, dalam hal ini pak Budi bisa mengupload lebih dari 2GB dengan membeli di hosting B dengan harga yang sama yaitu Rp.25.000.
    Memang tidak ada tertulis jelas batasannya, tetapi dengan harga yang sama, pak Budi bisa mendapat value yang lebih dibanding hosting A.
    Intinya pak Budi bisa upload diatas 2GB jika dibanding dia beli di Hosting A.
    Itu yang dicari pelanggan. Walaupun dia tahu bahwa batasannya tidak jelas berapa GB, tetapi dengan Rp.25.000 dia bisa punya space diatas 2GB daripada di paket Hosting A tersebut.

    Kenyataanya ada yang upload belasan sampai puluhan GB walaupun kita terus cek apakah space tersebut digunakan untuk webnya atau untuk abuse. Tapi kalau ratusan GB ya mungkin itu pelanggan macam ente kali :D

    Ente kalau anti sama unlimited, ane sama sekali tidak masalah itu hak ente. Ane kan cuma bilang kalau kita sudah 3 tahun berjalan (pastinya banyak yang lebih senior, say Domosquare, Dhyhost, Hosting.id cabang dari salah satu host yang ente sebutin, etc yang jual unlimited). Lha ente ujuk-ujuk nantangin mau upload file 1TB :D
    Maaf saya tidak akan meladeni :D
     
    ubaydil and supriyadieka like this.
  17. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14
    Kenapa tidak langsung menyebutkan exact value saja biar enak. semisal 20 GB, 30 GB, atau 50 GB. Karena semacam ini bisa dikatakan penipuan, atau lain bahasa lainnya. Ini semacam bahasa hukum, anak" hukum paham pasti mengenai hal ini.

    Apakah saya salah jika menguploud lebih dari 100 GB ? apakah ada abuse atau yang lain, file saya bersih no virus.

    Apakah melanggar TOS ? Bisa di informasikan kalimat yang menyebutkan bahwa saya dilarang melakukan uploud lebih dari 100 GB pada wesite anda ?

    Berarti secara tos diperbolehkan hanya saja secara personal tidak, ini kesimpulan dari percakapan kita. wkowkowko.
     
  18. funkyasa

    funkyasa ★★★ Web Hosting Provider ★★★

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    1,301
    Likes Received:
    48
    Location:
    http://www.gigmanity.com
    Pelanggan mendapat value lebih dengan harga yang sama atau lebih rendah (semoga cukup jelas)
    Itu kesimpulan yang ente buat sendiri , dan "biar enak" menurut ente, belum berarti "enak" menurut yang lain.

    Dan.. wow penipuan? Jadi berapa host yang ente cap penipuan hanya dengan menjual paket unlimited ?
    Trus yang tidak unlimited namun tidak menjelaskan resource limit dan tidak ada exact value nya di TOS, apa itu penipuan juga?
    Lol
     
  19. bangkotkota

    bangkotkota New Comer

    Joined:
    Jul 5, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    14
    ok ok, kita bicara enaknya saja lah karena ente menekankan hal ini maka kita ulas hal ini

    Pelanggan mendapat value lebih dengan harga yang sama atau lebih rendah

    Value lebih 100 GB atau 1 TB, hal ini masih tergolong dalam kalimat ente.

    Jika yang dianggap value lebih misalnya dengan analogi ente yaitu dengan harga yang sama 25 rb ane bisa dapet 2 gb, maka di ente bisa lebih misalkan 20 GB. dan jika lebih dari 20 atau 30 GB maka akan disunat. Ya sama saja limit kalau itu gan. ( INI ANALOGI !! ).

    jika ente menekankan kalimat ente diatas, ane juga menekankan kalimat ane. Simak kata ini

    atau lain bahasa lainnya. Ini semacam bahasa hukum, anak" hukum paham pasti mengenai hal ini.

    Penipuan diatas dikategorikan permainan bahasa atau kosa kata yang dipakai yang mana tidak sesuai kata asli yaitu UNLIMTED.

    bukan penipuan kabur atau bagaimana. . Cermati dulu deh.

    Kalau berbicara unlimited, gua jabanin juga dah 1.000 pages pun. :)).
     
  20. Riyanpisces

    Riyanpisces AdSense Fan

    Joined:
    Dec 11, 2011
    Messages:
    241
    Likes Received:
    26
    Gan, kalo hosting cuman buat PBN gimana yaa yg pas buat kantong newbie (alias murah per tahunnya) yg artikel cuman diupdate sebulan sekali dua kali? Coba bisikin site yg situ rekomendasi'in :senyum:
     

Share This Page