1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

OOT Bagi pengalaman kalian yang pernah terjerat "RIBA"

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by akmal99, Jul 20, 2017.

  1. tiza123

    tiza123 AdSense Fan

    Joined:
    Apr 18, 2015
    Messages:
    225
    Likes Received:
    4
    Wow, trimakasih agan2 yg udh sharing disini bikin ane bermuhasabah diri :malaikat:

    Emang bener deh itu, knp dlm islam riba itu haram alias gk berfaedah a.k.a bikin hidup 'gali lobang tutup lobang' :nangis:
     
  2. hatta

    hatta Super Hero

    Joined:
    Mar 9, 2011
    Messages:
    907
    Likes Received:
    45
    Location:
    onmyheart
    pelajaran buat saya... begitu tau... selesaikan dengan segera. terima kasih teman - teman. semoga perjuangan kita membebaskan diri dan keluarga dari riba di ridhoi dan di mudahkan.
     
  3. majenun123

    majenun123 AdSense Fan

    Joined:
    Nov 16, 2010
    Messages:
    212
    Likes Received:
    13
    Location:
    sala3
    klo diturutin lamanya hutang bukan cuma hitungan tahun lagi om tapi seumur hidup jga diladenin dihutangin terus, orang belum lunas aja sudah disuruh memperbarui lagi hutangnya cuma pindah buku aja maklum hutang sama rentenir cuman ya itu waktu jadi kerasa cepit bgt kerasa ngga bisa menikmati hasil dikejar2 cicilan, penghasilan berasa kurang terus,

    kerja membabi buta mobat mabit pusing tuju keliling buat mbayar cicilan, hidup ngga tenang selalu was-was walau usaha sudah untung ternyata cuma habis buat mbayar bunga, alhamdulillah sudah lunas walau awalnya harus mengorbankan harga diri karena ditalangin sama keluarga ane, namun bersyukur akhirnya dapet rejeki lebih setelah ngga punya hutang riba bisa balikin uangnya keluarga, malu bgt sih sebenernya
     
  4. RAJASOSMED

    RAJASOSMED AdSense Pro

    Joined:
    Feb 10, 2016
    Messages:
    363
    Likes Received:
    14
    Sy lagi terjerat efek Riba
    Nyicil dan bayar bunga untuk bayar pengambilang Uang sendiri

    Aneh kan?
    Hahahah gila emang Riba

    Sent from my SM-N910H using Tapatalk
     
  5. Subaru

    Subaru AdSense Pro

    Joined:
    Sep 5, 2016
    Messages:
    380
    Likes Received:
    304
    Kalau masalah hutang, yang saya tau ada 3 jenis...
    1. Hutang baik - Dibelanjakan untuk usaha lagi (investasi).
    2. Hutang buruk - Dibelanjakan untuk foya-foya
    3. Hutang yang amat teramat buruk - Digunakan untuk membayar hutang lainnya.

    Kalau dilihat dari sisi usaha, sah-sah saja tergantung cara menggunakannya.
    Kalau ditilik dari agama, apakah benar meminjam ke bank termasuk uang riba?

    Kalau masalah ngehutang demi modal internet marketing, ini ide terburuk yang pernah saya dengar.
    Bukan apa-apa... internet marketing itu bukan seperti jualan bakso yang bisa mendapatkan uang di hari itu juga.
    Bisnis di internet itu membutuhkan waktu yang lebih lama... belum lagi trial error dan membutuhkan berbagai macam eksperimen yang juga membutuhkan banyak biaya. Lantas mau dari mana buat bayar hutang itu kalau bisnisnya sendiri masih dalam tahap ekperimen?

    Just share...
     
  6. doorman

    doorman AdSense Fan

    Joined:
    Oct 28, 2016
    Messages:
    244
    Likes Received:
    25
    wah ane jg dah terlanjur ngutang am bank, mudah2an diberikan rejeki bt ngulanasin, amin yra ....
     
  7. latcha

    latcha AdSense Fan

    Joined:
    Jan 29, 2016
    Messages:
    178
    Likes Received:
    25
    moga2 warga sini pd dijauhkan dr riba dan rejeki haram biar hidupnya berkah, aamiin
     
    belajarterus likes this.
  8. hendriprastio

    hendriprastio Super Hero

    Joined:
    Mar 22, 2012
    Messages:
    1,559
    Likes Received:
    194
    Location:
    Ads.id
    bukan hutangnya yg nggak boleh gan, hutang = pinjam..

    Bunganya itu yang riba gan..

    Karena bank menerapkan sistem bunga itu, jadinya riba gan..

    apalagi bunga pinjaman yg besar
     
  9. Subaru

    Subaru AdSense Pro

    Joined:
    Sep 5, 2016
    Messages:
    380
    Likes Received:
    304
    Iya gan... Jadi berarti kan yang riba itu pihak bank-nya, bukan kita sebagai peminjam.
    Jadi, kalau kita meminjam uang di bank untuk digunakan sebagai modal, hukumnya bagaimana? Berubah menjadi mengerikan tidak, seperti yang dikatakan om TS.. hehe
    :)
    Kalau dilihat dari segi agama, saya kurang begitu tau. Hanya saja, kalau menurut pendapat pribadi mah. Sah-sah saja. toh itu kan untuk modal usaha. Kalau usahanya lancar bisa mencukupi kehidupan pribadi dan keluarga sekaligus bayar hutang.
    Tapi tetap saja, saya ga menyarankan ambil hutang buat modal Internet Marketing.
     
  10. boyrankerx

    boyrankerx New Comer

    Joined:
    Jun 4, 2017
    Messages:
    18
    Likes Received:
    2
    Dulu ane memulai dunia IM dari pinjem di lembaga sejenis koperasi gitu. Memang syaratnya mudah, tapi bunganya besar gan. Pada awalnya berjalan biasa, lanjar. Namun, lambat laun banyak kendala yang menghadang. Akhirnya utang membengkak plus bunga. lalu saya niatkan untuk melunasi hutang tersebur dan berusaha tidak berhubungan dengan hal tersebut. dan sekarang alhamdulillah semuanya udah lunas dan mulai lagi usaha dengan yang ada. smoga bisa berkah kedepannya.
     
    belajarterus likes this.
  11. akmal99

    akmal99 AdSense Pro

    Joined:
    Apr 9, 2015
    Messages:
    396
    Likes Received:
    21
    Kadi kesimpulannya yang dimusnahkan itu yang pihak bank atau pemberi hutang atau yang ngutang gan ... mohon pencerahannya
     
  12. ~XerXes.DiGitaL.Com~

    ~XerXes.DiGitaL.Com~ Super Hero

    Joined:
    Nov 14, 2009
    Messages:
    1,760
    Likes Received:
    209
    Location:
    Sleman, DIY
    Yang bilang Alloh akan mengazab langsung tanpa tunggu di akhirat, apa benar seperti itu? Kok sepertinya Alloh SWT yang maha pengampun dan penyayang kepada umatnya berubah menjadi Dzat yang kejam dan tidak kenal belas kasihan :)
    Kalau memang seperti itu, orang-orang Islam yang bekerja di bank itu juga makan uang riba kan gajinya. Apakah mereka langsung diazab oleh Alloh SWT? Jika iya seperti apa bentuk azabnya?
    Ambil apa yang kamu yakini, dengan pengetahuan dan keyakinan yang kamu miliki, karena batasan itulah yang "MUNGKIN" nanti dipertimbangkan oleh Dzat yang maha agung. Apapun itu, sesama makhluk Alloh SWT kita tidak berhak mencap orang lain riba, kafir, dsb.
    Kita hanya murid disini, gurunya Alloh SWT, jadi siapa yang berhak kasih penilaian? Guru atau sesama murid :)
    Yang sudah tentram dengan tanpa riba, Alhamdullillah puji syukur kepada Alloh SWT.
    Yang katanya masih riba, dan merasa kesulitan ekonomi di usahanya, coba ditengok lagi, mungkin ada yang salah dengan manajemenya. Selalu berdoa kepada Alloh SWT, biar dimudahkan dalam mencari rezeki. Itu saja.
    Buat mas TS yang masih bingung, gak perlu tanya sana-sani mas, tanya langsung ke Alloh SWT, sholat Istikharoh, nanti pasti diberi mana yang barokah dan terbaik buat agan :)
    Hanya pengen corat-coret disini :D tidak perlu dimasukan kehati.

    #sayaMuslim&sayaTidakPinjamKeBank :)
     
    vanmovic likes this.
  13. sterno

    sterno AdSense Pro

    Joined:
    Oct 7, 2017
    Messages:
    335
    Likes Received:
    136
    Location:
    Indonesia
    Penghapus riba adalah sedekah dari uang selain riba, yang penting niat dan tidak mengulangi riba lagi insya Allah dihapus dosa riba gan.

    Allah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.

    Allah menghapus dosa dengan menyuburkan sedekah dari uang yang baik, niat baik dan diperuntukkan untuk kebaikan.

    Sent from my A1601 using Tapatalk
     
  14. Anca.ur

    Anca.ur AdSense Pro

    Joined:
    Sep 18, 2016
    Messages:
    432
    Likes Received:
    24
    Location:
    Bandung
    Intinya riba it haram gan,, uang dengan uang = riba , pinjam 1 pulangin 2... Walaupun rido sma rido
     
  15. Anca.ur

    Anca.ur AdSense Pro

    Joined:
    Sep 18, 2016
    Messages:
    432
    Likes Received:
    24
    Location:
    Bandung
    Semoga kita semua dijauhkan dr riba ya gan... Yang sedang terkena riba semoga diberikan jalan untuk keluar....
     
    belajarterus likes this.
  16. franswiguna

    franswiguna New Comer

    Joined:
    Aug 31, 2018
    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    Ane kapok minjem ke bank gan, banyak perhitungan yang gak jelas dan curang, tentu saja merugikan kita sebagai nasabah, dan kalau sudah nunggak sangat menggangu kasar dan suka menerror, kapok ane gan

    Sent from my CPH1723 using Tapatalk
     
  17. Anca.ur

    Anca.ur AdSense Pro

    Joined:
    Sep 18, 2016
    Messages:
    432
    Likes Received:
    24
    Location:
    Bandung
    Yg paling mengerikannya ya riba nya it gan....
     
  18. akmal99

    akmal99 AdSense Pro

    Joined:
    Apr 9, 2015
    Messages:
    396
    Likes Received:
    21
    Perhitungan yang bagaimana contohnya gan yang tidak jelas dan curang...
     
  19. franswiguna

    franswiguna New Comer

    Joined:
    Aug 31, 2018
    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    search aja gan di google, banyak, ane gak mau debat
     
  20. keyplay

    keyplay AdSense Fan

    Joined:
    Oct 12, 2010
    Messages:
    180
    Likes Received:
    6
    jd gmn sulusinya
     

Share This Page