1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Laptop Sering Panas

Discussion in 'Komputer' started by irvedf, Jun 16, 2016.

  1. irvedf

    irvedf New Comer

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Location:
    Yogyakarta
    gan penyebab laptop sering panas itu apa ya? baru di pake cuman 10 menit panasnya udah tinggi banget, kadang kalo udah panas banget laptop mati sendiri.
     
    wong sakti and puzonetwo like this.
  2. Otongdotcom

    Otongdotcom Social Media Optimization

    Joined:
    Oct 5, 2013
    Messages:
    1,921
    Likes Received:
    202
    Location:
    Kabupaten Cirebon Sebelah Rumahnya Mang Jabrud
    Kasih kipas gan.
     
    wong sakti and puzonetwo like this.
  3. thekrim

    thekrim Super Hero

    Joined:
    Jul 10, 2011
    Messages:
    2,364
    Likes Received:
    200
    Location:
    Indonesia
    bongkar, bersihin dalemannya
     
    wong sakti and puzonetwo like this.
  4. dewaz

    dewaz Super Hero

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    1,527
    Likes Received:
    209
    Location:
    bali
    bawa ke tukang reparasi biar di bagusin lagi.
    kalau make tambahin fan dibawahnya, murah kok.
     
    wong sakti and puzonetwo like this.
  5. AjiPgg

    AjiPgg AdSense Fan

    Joined:
    Jul 19, 2015
    Messages:
    206
    Likes Received:
    7
    Location:
    Bandar Lampung
    cek di task manager apakah pengguna cpu banyak 100% persen itu ada aplikasi yg pakai tinggi atau kena virus. ..
    kalo gk ada berarti harus di bersihin kipas banyak debu ganti termal prosesor yg bagus ...
     
    wong sakti and puzonetwo like this.
  6. tramy

    tramy New Comer

    Joined:
    Dec 3, 2012
    Messages:
    49
    Likes Received:
    2
    Jawaban di atas solusinya semua tu gan.
    Ditambah lagi, bisa juga kalau laptop dah tua kipas dalamnya gak muter atau macet, bersihkan debunya gan, tiup pake kompresor atau bongkar bagian belakang.

    Sent from my ADVAN T1J+ using Tapatalk 2
     
    wong sakti and puzonetwo like this.
  7. taviphamdani

    taviphamdani New Comer

    Joined:
    Dec 7, 2015
    Messages:
    21
    Likes Received:
    6
    coba cek kecepatan kipas gan. punya ane juga gitu ada troubel di kecepatan kipas nya
     
    wong sakti and puzonetwo like this.
  8. pras_wae

    pras_wae AdSense Fan

    Joined:
    Nov 12, 2011
    Messages:
    150
    Likes Received:
    7
    Location:
    Yogyakarta
    punya ane juga pernah gitu sob, gara2 banyak debu di kipasnya. Jadi rusak kipasnya gak bisa jalan. solusinya ya ane ganti tu kipasnya. alhamdulilah setelah ganti sudah normal kembali
     
    wong sakti and puzonetwo like this.
  9. biosanjaya

    biosanjaya Super Hero

    Joined:
    Sep 26, 2012
    Messages:
    1,322
    Likes Received:
    90
    Location:
    Palembang
    perlu dikipasin gan
     
    wong sakti likes this.
  10. caksan021

    caksan021 AdSense Starter

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    86
    Likes Received:
    4
    beli laptop cooler cuman 80rb
     
  11. Andirofiek

    Andirofiek AdSense Starter

    Joined:
    Aug 30, 2013
    Messages:
    68
    Likes Received:
    3
    Location:
    yogyakarta
    sama kaya laptopku tu gan... pake kipas... bisa kuat terus....
     
  12. Bugeast

    Bugeast Super Hero

    Joined:
    Jul 14, 2015
    Messages:
    1,720
    Likes Received:
    109
    Location:
    Makassar, Sulawesi Selatan
    kipasnya jalan nggk?
     
    wong sakti likes this.
  13. Aditya WP

    Aditya WP AdSense Fan

    Joined:
    Sep 19, 2015
    Messages:
    234
    Likes Received:
    10
    Di atas dah banyak solusinya tuh gan. Ane kasih solusi terakhir ya, yaitu Ganti Laptop baru hehehe :D
     
    wong sakti likes this.
  14. hackgoogle

    hackgoogle AdSense Fan

    Joined:
    Jul 9, 2012
    Messages:
    147
    Likes Received:
    8
    Persis sama kayak laptop ane gan dlm 5-10 menit udh panas bgt stelah itu langsung padam padahal kipasnya jalan mbuat ane jd bingung, menurut ane bawa ke tempat servis aja gan.
    Dulu ane bawa ke tempat servis, tkg servisnya nunjukin ada semacam cip utk pendingin laptop ane udh rusak dan itu dicabut dia lalu diganti baru, maaf gan ane kurang paham ngejelasinnya tp intinya ada yg dicopot dr dalam laptop ane trus diganti yg baru. biayanya skitar 100 ribuan kok gan.
    Dan setelah itu laptop ane udah dingin2 aja ampe sekarang, hehehe..
     
    Last edited: Jun 17, 2016
    wong sakti likes this.
  15. cardik

    cardik AdSense Pro

    Joined:
    Jun 18, 2016
    Messages:
    317
    Likes Received:
    12
    Location:
    lawang
    kalo ane cukup pasang kipas laptop aja gan, sama jangan buka banyak2 program
     
  16. berbagikasih

    berbagikasih Banned

    Joined:
    Jun 18, 2016
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    betu banget kasih kipas


    dan usahakan di port usb tidak banyak yang tertancapkan
     
  17. Habib maulana

    Habib maulana AdSense Pro

    Joined:
    Jul 28, 2014
    Messages:
    391
    Likes Received:
    14
    Location:
    Sulawesi Selatan, Makassar
    wkwkw demam tuh laptopnya gan, perlu di bawa ke rumah sakit (teknisi komputer) :D.
     
  18. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    844
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan
    Bisa ane pastikan apa penyebab laptop agan berdua panas:

    1. Pasta prosesornya udah kering. Prosesor dan kipas itu dihubungkan sama yang namanya heatsink warna kuning. Antara prosesor dan heatsink ditempelkan dengan menggunakan pasta biar panasnya berkurang, dan ngalir ke kipas. Pasta ini bentuknya kayak salep atau balsem. Pasta gak akan pernah mengeras, tapi bisa menguap sampe kering. Kalo laptop udah tua dan gak pernah di bongkar, bisa dipastikan pastanya udah gak bersisa..

    2. Kipas.Penyebabnya bermacam-macam. Bisa karena terlalu banyak debunya, bisa karena kabel kipasnya gak terhubung atau udah rusak/putus, dll yang membuat kipas tidak bersirkulasi atau bahkan tidak mutar sama sekali.

    Perbaikan? Cuma butuh modal gak lebih dari Rp 25 ribu buat beli pasta, bahkan Rp 0 kalo masalah cuma ada di kipasnya. Kalo pasta kering, ya kasih pasta yang baru. Kalo kipas banyak debunya, ya bersihkan. Kalo kipas gak muter, ada kabel yang putus. (kipas laptop hampir tidak mungkin mati kalau benar-benar dirawat dan dibersihkan secara rutin misalnya tiap 1 tahun sekali). Kalo kipas udah sampe rusak, berarti perawatannya yang kurang.

    Laptop ane selalu ane rawat dalemannya, kalo udah mulaii gampang panas, selalu ane cek tuh pasta sama kipas. Dapet skill dari mana bisa bongkar dan perbaikan laptop? Modal nekat bro. Kipas laptop ane pernah berisik kayak suara pabrik, ane nekat bongkar dan kasih minyak makan kumparannya buat pelumas. ehh,,, ternyata bisa.

    Dari modal nekat itu sekarang apa-apa kalo ada masalah di laptop ane perbaikin sendiri. Pengalaman ane udah banyak juga, upgrada memori RAM, upgrade prosesor laptop (dari Intel Pentium ke Core i5), ganti DVD-RW, perbaikan kipas, lepas pasang HDD, ganti port USB yang udah gak konek (USB not recognized).

    Kenapa ane berani nekat?

    Bagusin laptop mahal kena (misalnya) Rp 200 ribu. Udah mahal, yang kita dapet cuma "laptop bagus kembali". Kenapa gak coba dibagusin sendiri aja? Kalo sukses kita bisa hemat duitnya, udah gitu kita dapet ilmunya. Toh, kalo gagal juga biaya perbaikannya sama aja (Rp 200 ribu). Bedanya, karena udah kita bongkar sendiri, kita jadi dapet ilmu dan pengalamannya.

    Ane pernah HDD rusak kena charge Rp 850 ribu buat ganti HDD 320GB + biaya masang. Pas ane lihat di tokopedia duit Rp 850 ribu ternyata udah bisa dapet HDD 1TB, plus ada kembaliannya Rp 100 ribu.
     
    tetranova and newbiepermanen like this.
  19. artikelhandal

    artikelhandal AdSense Starter

    Joined:
    Jun 3, 2016
    Messages:
    50
    Likes Received:
    0
    jangan maksa laptopnya kerja keras. ane pernah punya laptop jadul toshiba. dipake kerja keras akhirnya mati.
    ketahanan lepi tergantung kualitas dan speknya
     
  20. andiklive

    andiklive Super Hero

    Joined:
    Feb 4, 2012
    Messages:
    1,268
    Likes Received:
    76
    Location:
    Cloud
    laptop ane hampir 1-2 tahun hidup terus mas,
    palingan kalau dibawa keluar beberapa jam atau di restart doang biasa wendows kan sedikit rewel daripada linux. :komunis:

    1. pake coolpad mas, paling gak kasih ruang di bawah laptop agar panas bisa keluar.
    2. beli pasta processor yang bagus, bongkar laptop ganti pasti dan bersihkan habuk (debu) pada board dan cooling nya.

    btw ane jarang pake buat games, palingan cuma PES 2016 seminggu cuma 3-5 jam kalau weekend. :lol:
    semoga bisa jadi reference :senyum:
     

Share This Page