1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

"Kawan Jua Penjahatnya" Sebuah Evaluasi Diri Saya Pribadi

Discussion in 'Chit Chat' started by arief16, Dec 5, 2015.

  1. arief16

    arief16 Berjuang Di Dalam Keheningan

    Joined:
    Aug 12, 2010
    Messages:
    969
    Likes Received:
    103
    Location:
    Kalimantan Selatan
    Sebelumnya saya meminta maaf jika tulisan ini dapat menyinggung bapak/ibu/saudara. Tulisan ini tidak bermaksud untuk menyinggung siapapun atau untuk mencari musuh. Tulisan ini hanya sekedar bentuk dari pendapat saya pribadi yang mungkin saja berlawanan dengan pendapat pembaca sekalian. Silahkan untuk pro maupun kontra dan silahkan meninggalkan tulisan ini karena tulisan ini mengandung racun.

    Di suku saya (Banjar, red) mengenal suatu pepatah yang sebenarnya luar biasa, “Kawan Jua Penjahatnya” yang kuang lebih artinya, “Nggak perlu dicari jauh-jauh, ternyata teman sendiri yang menjadi penjahatnya”. Tren pemakaian pepatah ini biasanya dilakukan oleh orang yang sedang pedekate ataupun berpacaran dengan pujaannya, namun di tikung oleh kawan baiknya sendiri *nyesek

    Namun demikian, pepatah tersebut pas untuk berbagai bidang, bukan hanya dalam kasus segi tiga. Diantaranya adalah contoh pengalaman saya pribadi yang akan saya bahas berikut ini.

    Kehidupan Bermahasiswa
    Suatu ketika saya pernah bertemu dengan seorang aktifis mahasiswa yang sering sekali menjadi kordinator lapangan (korlap) aksi/demo. Suatu ketika dalam kegiatan organisasinya, beliau mendapat tugas sebagai orang yang memesan konsumsi untuk peserta acara. Nasi yang dipesan ada 100 buah. Singkat cerita aktifis tersebut pergi ke sebuah warung nasi. Seperti diperintahkan, dia memesan nasi dengan harga 7rb rupiah per bungkus. Pas lapor sama ketua pelaksana, doi malah ngakunya harga nasi tersebut 10rb per bks. 300 rb tuh masuk kantong, lumaian buat kost satu bulan.

    Biasanya mahasiswa paling getol menyuarakan ketidakadilan, “Hukum tumpul ke atas, tajam kebawah”. Tapi sayangnya banyak yang teriak-teriak tersebut malah sering nggak taat aturan. Ngebut lah, nggak pake helm lah, melanggar rambu lalin lah, nerobos lampu merah, dsb. Kalo ada tugas juga bisanya copy paste. Kalo ujian, browsing. Pas ngurusin seminar 100 orang aja kacau balau, belum lagi harus ngurusin negara.

    Sarjana
    Seseorang bisa dikatakan sarjana ketika mampu lulus ujian skripsi yang didalamnya tentu mensyaratkan sifat-sifat ilmiah. Tapi sayangnya banyak sarjana yang setelah lulus kehilangan keilmiahan tersebut. Mereka jadi sangat mudah terprovokasi. Jika mendapat suatu isu tidak jelas, langsung menyebarkan tanpa pikir panjang. Lalu ikut dalam kegaduhan. Kalau kabarnya menggembirakan langsung sepakat, kalau kabarnya menyesakkan, langsung mencaci maki. Nggak pernah mencek dan ricek informasi yang didapatkan apakah hoax atau tidak.

    Guru
    Saya adalah seorang Mahasiswa Fakultas Keguruan di Universitas Negeri di Kalimantan. Suatu ketika pas saya sedang magang disebuah SMP, saya menemukan kasus aneh di sekolah tersebut. Jadwal masuk kelas adalah jam 9.45, tapi guru-gurunya masih asyik ngerujak sambil ngerumpi hingga jam 10.00. Wah korupsi 15 menit nih dewan guru, rata-rata sudah PNS lagi. Parahnya hal tersebut terjadi hampir setiap hari.

    Pas udah ada UJIAN KOMPETENSI GURU, tidak sedikit guru-guru yang nyontek. Sukanya ngeluh sama pemerintah. Ya walau harus diakui pemerintah juga nggak bener-bener amat juga sih ngurusin guru.

    Guru kencing berdiri, maka murid kencing berlari
    Guru nyontek, maka murid . . . ?
    Guru korupsi, maka murid . . . ?
    Guru sukanya ngeluh, maka murid . . . ?

     
  2. arief16

    arief16 Berjuang Di Dalam Keheningan

    Joined:
    Aug 12, 2010
    Messages:
    969
    Likes Received:
    103
    Location:
    Kalimantan Selatan
    Rakyat dan Wakilnya
    Pas pemilu kemarin, saya mendapati ada calon yang bagi-bagi duit pas kampanye. Sesuai insting saya, saya tegurlah salah satu orang yang menerima duit tersebut, “Mbak, jangan diterima uang begituan. Haram loh, itu melanggar hukum juga. Lagian nggak takut apa kalo misalnya dia kepilih nanti malah fokus ngembaliin modal, bukan fokus membangun masyarakat lagi”. Ibu itu menjawab, “Mumpung ada yang beri, saya ambil saja. Setidaknya sekarang dia udah beri saya duit walau nanti pas udah jadi nggak nengok kami lagi. Saya males milih yang nggak beri apa-apa. Iya kalo dia udah terpilih nanti masih ingat, kalo sudah terpilih nanti nggak bagus juga, kan rugi kalau dia nggak bagi duit sekarang”

    Lalu lah sekarang ketika DPR nyeleneh, rakyat juga yang koar-koar bahwa DPR tidak mewakili rakyat. Emang siapa yang milih mereka tong? DPR itu cerminan rakyat Indonesia, kalo DPR nya nyeleneh, berarti sebagian besar rakyat Indonesia masih nyeleneh.

    Berdakwah Kedalam Kebaikan
    (maaf saya bicara agama disini) Saya sendiri juga seorang mahasiswa dari Fakultas Dakwah Institut Agama Islam, dan rambu utama dalam berdakwah adalah Al Quran Surah An Nahl ayat 125 yang artinya:

    Saya bukan pendakwah sih sebenarnya, tetapi terkadang kita sebagai pendakwah malah melupakan esensi dakwah itu sendiri, yakni menyeru manusia kepada kebaikan, dengan cara yang baik pula. Bukan malah “Merendahkan” bahkan dengan cara yang melampaui batas

    Blogger dan Penggiat Online
    Sebagai seorang publisher, kita tentu tahu bagaimana sulitnya mengais receh di online ini. Kalaupun sudah ada sumber yang mulai terbuka, eh ternyata ada-ada saja yang kembali menyumbatnya. Dan yang menyumbat itu sendiri, ya kawan-kawan seperjuangan sebangsa setanah air juga. Mau jualan sofware, malah ada teman yg ngebajak. Jualan ilmu, teman-teman juga yang ngodong-odong. Mau bikin script dan theme, teman juga yang nyomot. Bikin artikel berkualitas, temen sendiri juga yang ngopas.

    Sialnya lagi, publisher indonesia mulai bikin ulah yang aneh-aneh. Mendaftar Adsense berulang-ulang. Nyepam banklink sebisanya. Bikin web aneh sebanyak-banyaknya. Masang adsense di artikel kopas. Dll. Demen banget sih kita bermain di zona hitam dan melanggar peraturan. Pas badai dindex atau badai banned adsense, kita cuman bisa mewek. Dan bagi pemain putih seperti saya ini, deindex dan banned itu bener-bener nyesek.

    Akhir kata, saya memohon maaf sebesar-besarnya. Saya hanya anak manja yang tidak tahu apa-apa. Tolong jangan bully saya.

     
  3. mbalelo

    mbalelo Hero

    Joined:
    Apr 16, 2014
    Messages:
    606
    Likes Received:
    71
    Location:
    Udara Segar..
    Setuju. banyak masih yang seperti itu
     
  4. megazord

    megazord Hero

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    563
    Likes Received:
    12
    Location:
    depan laptop
    Satu lagi gan Kawan Jua Yang Menolong :ting:. Selalu ada hitam dan putih. Makanya ane milih milih temen hehehehe :entahlah:
     
  5. hanif48

    hanif48 Hero

    Joined:
    Jan 30, 2015
    Messages:
    546
    Likes Received:
    23
    Location:
    Cikarang, Bekasi
    bener bener bener bener bener bener buaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaanget.....
    yah begitulah kenyataan di negeri ini gan. jarang-jarang nih ada yang bahas ginian di ads.id.

    (reserved:komen ini akan di edit:masih sibuk soalnya)
     
  6. puttter

    puttter Super Hero

    Joined:
    Sep 18, 2011
    Messages:
    1,509
    Likes Received:
    282
    Location:
    Di Hatimu :)
    yup bgnilah negeri ini.
    Kita yang tau cobalah menghndarinya.bukan meramaikannya.dalam hal-hal negatifnya.

    Sent from SAMSUNG
     
  7. alfi212

    alfi212 Hero

    Joined:
    Nov 15, 2010
    Messages:
    640
    Likes Received:
    89
    Iya nih. Neg banget liat web agc yg d pasang adsense di google
     
  8. thekingofstress

    thekingofstress AdSense Fan

    Joined:
    Jun 11, 2011
    Messages:
    166
    Likes Received:
    7
    Location:
    Makassar, Indonesia
    setuju banget sma agan ini :D
     
  9. Aprilia88

    Aprilia88 Super Hero

    Joined:
    Dec 26, 2013
    Messages:
    2,114
    Likes Received:
    86
    Ya ga dimana2 emang orang terdekat yang lebih....(silakan isi sendiri)
     
  10. servvo

    servvo Forum reader

    Joined:
    Oct 10, 2010
    Messages:
    7,233
    Likes Received:
    1,031
    Location:
    Barat Bantul City
    guru kencing berdiri, dua tiga pulau terlampaui :D
     
  11. pandorabox

    pandorabox AdSense Pro

    Joined:
    Nov 18, 2015
    Messages:
    409
    Likes Received:
    142
    Location:
    127.0.0.1
    Yag penting sudah di antisipasi, plan b-z
     
  12. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,538
    Likes Received:
    1,005
    Sikap-sikap seperti ini sudah mendarah daging dari atas kebawah. Jadi jgn heran kalau "penjahatnya adalah kawan sendiri"

    Mulai dari diri sendiri dah,,, :D
     
  13. arief16

    arief16 Berjuang Di Dalam Keheningan

    Joined:
    Aug 12, 2010
    Messages:
    969
    Likes Received:
    103
    Location:
    Kalimantan Selatan
    Semoga kita tidak termasuk :D
    Yup ane sangat sepakat sama agan yang ini :D
    Nothing can be with alone

    Siipp, ane tunggu editannya :D

    Yup, semoga kita tidak termasuk menjadi penjahatnya :D

    Kalo ane kok malah deg-deg ser ya :D

    Semoga kita nggak jadi penjahatnya :D

    Yang lebih ganteng

    Pulau apaan?

    Semoga plan nya work ya mas gan :D

    Yup, selalu mencoba membiasakan dari diri sendiri dulu deh. Semoga nggak menjadi penjahatnya :D
     
  14. Elang24

    Elang24 Hero

    Joined:
    Jan 23, 2014
    Messages:
    583
    Likes Received:
    32
    Alhamdulillah.. akhirnya ada juga thread yang ngasih pencerahan seperti ini selain masalah blogging. Lanjut, gan..
     
  15. lananik

    lananik AdSense Fan

    Joined:
    May 6, 2012
    Messages:
    175
    Likes Received:
    5
    Tsnya mahasiswa IAIN yak?
     
  16. newbie to master

    newbie to master Super Hero

    Joined:
    Feb 7, 2014
    Messages:
    1,088
    Likes Received:
    65
    Location:
    Yogyakarta
    emmm...ya ya...
    ada positif ada negatif, ... semoga selalu positif
     
  17. arief16

    arief16 Berjuang Di Dalam Keheningan

    Joined:
    Aug 12, 2010
    Messages:
    969
    Likes Received:
    103
    Location:
    Kalimantan Selatan
    Semoga kita bukan yg menjadi penjahatnya :D

    Iya :D

    Amiin. Semoga bukan kita penjahatnya
     
  18. aisyab

    aisyab New Comer

    Joined:
    Nov 22, 2015
    Messages:
    27
    Likes Received:
    1
    kita harus hati juga. kadang karena emosi sesaat, bisa aja lho ikut2an share sesuatu yg belum tentu bener/ga bermanfaat.
     

Share This Page