Iklan SAM adsterra
  1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Featured Jared Hobbs: Sains, Bangunan Situs, dan Domain Lama

Discussion in 'SEO Articles' started by ODYS, Jan 15, 2022.

  1. ODYS

    ODYS Ads.id Starter

    Joined:
    Nov 17, 2020
    Messages:
    84
    Likes Received:
    31
    Location:
    Jakarta
    Jared Hobbs: Sains, Bangunan Situs, dan Domain Lama

    Jared Hobbs merupakan seorang ahli pencipta situs web dengan latar belakang yang cukup mengesankan, termasuk pekerjaannya di industri energi nuklir dan psikologi. Seperti yang mungkin sudah kau duga, dia akhirnya pindah membangun situs dan salah satu rahasianya yaitu mengerjakan melalui domain yang sudah lama– khususnya domain Odys.

    Kami telah melakukan wawancara yang sedikit komprehensif dengan Jared, di mana dia membahas semua hal tentang SEO, pembuatan situs, dan domain lama. Apa harapan Jared? Apakah dia menabung dengan menggunakan domain yang sudah lama dan jika dia menabung, berapa jumlahnya? Apa yang harus kau pertimbangkan saat memilih domain lama? Dia menjawab semua ini dan pertanyaan lainnya juga. Mari kita simak jawabannya berikut ini.

    Bagaimana kau menggambarkan dirimu dan latar belakangmu?

    Aku sudah menghabiskan waktuku di beberapa jalur karir yang berbeda, yang pertama adalah di bidang energi nuklir lalu bidang psikologi. Aku merasa bersyukur karena keduanya membuatku merasa senang memahami matematika dan pikiran manusia. Aku condong pada pengalaman masa laluku ini setiap hari di bidang SEO dan pemasaran.

    Aku membangun situs web pertamaku ketika berusia sekitar 15 tahun atau 16 tahun, dan akhirnya "teralihkan" dengan kuliah. Itulah pengalamanku, dengan pikiran seperti "Di mana aku sekarang jika aku bisa menghabiskan bertahun - tahun mengejar jalur webmaster?" Tapi sekarang aku sadar sedang dalam pelatihan. Semuanya kembali demi kebaikan.

    Bagaimana kau pertama kali mendengar tentang Odys Global? 

    Seiring berjalannya jaman, aku mendekati waktu untuk melikuidasi situs yang sangat lama dan matang yang kurasa sudah "berakhir" dan siap untuk diganti. Sebelum aku mengantinya, aku membuat pengganti lanjutan dan memastikan itu masih aktif. Aku ingin memulai dengan domain lama dan autoritatif lagi, jadi aku mulai mengetuk jaringanku sendiri untuk melihat apa yang bisa kutemukan.

    Aku memberi tahu mereka gambaran umumnya, vertikal luas yang ingin kumasuki dan seorang temanku, Colby, memperkenalkanku dengan Alex (ketenaran Odys).

    Alex memilih beberapa domain yang akan menarik minatku, domain kuseleksi dengan pilihan terbaik. Lalu aku membandingkannya dengan beberapa opsi lain yang kumiliki dari orang lain di jaringanku, dan akhirnya domain Odys menang.

    Sejak saat itu, beberapa tahun yang lalu, aku telah mengerjakan banyak bisnis dengan Odys dan itu merupakan kenikmatan tertinggi. Alex adalah orang yang ramah dan profesional seperti halnya banyak anggota tim Odys lainnya yang senang berinteraksi denganku.

    Apakah kau memiliki pengalaman dengan domain lama atau membangun situs web niche sebelumnya?

    Ya. Aku sering membeli domain lama dan otoritatif dari ratusan orang di masa lalu, mengikis drop list, mengumpulkan metrik, dan memfilternya. Ini untuk PBN, kusarankan untuk tidak masuk ke dalamnya. Kau akan menyia-nyiakan tahun karirmu demi mencoba mendapatkan ROI dari kekacauan itu.

    Tidak termasuk situs-situs diatas, mungkin aku sudah hampir membuat 100 situs web lengkap untuk diriku dan untuk klienku dulu. Setelah aku memahami cara kerja domain seperti ini, sebagian besar situs terbaru dibangun di atas domain lama, dengan domain yang paling disukai saat ini disediakan oleh Odys.

    Sejak saat itu aku menyarankan ratusan pemasar internet ke Odys. Ada permintaan besar untuk domain lama yang bukan untuk pertaruhan dan tidak ada yang memasoknya seperti yang dilakukan Odys. Odys merupakan bisnis yang nyata, tepercaya, dan berpengalaman daripada beberapa forum acak dan tidak jelas lainnya, maksudnya kita harus hadapi masa lalu jika kita tidak ingin melakukan semua pekerjaan sendiri.

    Apa sebenarnya yang membuatmu memilih domain lama daripada domain baru untuk membangun situs web untuk bisnismu?

    Waktu adalah faktor terbesar dalam algoritma Google. Ini adalah cara termudah untuk memblokir dan mencegah spammer. Dan salah satu aset paling berharga yang dapat kau miliki dalam SEO adalah tautan otoritatif dari situs besar yang perlu diperoleh secara alami. Dan jika kau bisa menyingkat waktu dan biaya pemasaran dengan domain yang tepat, mengapa tidak?

    Inilah yang diberikan oleh domain otoritatif yang sudah lama dan tidak mudah jatuh. Dan itu mendeskripsikan domainku sekarang dari Odys. Itu masih dalam indeks. Itu masih menerima lalu lintas rujukan dari situs terbesar di internet. Yang harus kulakukan adalah menyiapkan 301 pengalihan yang sederhana, menginstal salah satu tema yang kubuat sendiri, dan mulai mengutak - atik konten. Sungguh melegakan.

    [​IMG]

    Mulai dari nol, tidak masuk akal jika kau seorang SEO berpengalaman atau baru, titik. Dan menemukan domain lama yang bisa kau percaya bukanlah racun dan tidak memiliki riwayat penyelubung yang buruk, dll... itu adalah penghemat waktu dan uang yang sangat besar. Kau bisa memukul tanah berjalan. Aku percaya Odys memasok hal tersebut dan itulah yang kupunya.

    Ekspektasi apa yang kau punya sebelum membeli domain dari Odys?

    Sejujurnya, aku tidak berharap pada Odys saat itu. Aku belum pernah mendengar tentang kalinan saat itu (selamat atas kesuksesan besarmu), tetapi bekerja dengan Alex itu sangat fantastis, dan karena "jujur kenal jujur" itu konyol tapi nyata, aku tahu aku tidak akan menerima kejutan konyol. Alex membuat kesan pertama yang luar biasa lalu ia melepaskanku dengan anggota tim lainnya, yang sama - sama paham dan profesional untuk bekerja sama.

    Bagian terbaiknya adalah aku bisa melihat nama domain yang kita putuskan terbaik untukku. Yang memungkinkanku untuk pergi keluar dan menjalankan semua cek yang kusebutkan sebelumnya. Aku harus memeriksa status indeksasi, Wayback Machine, tidak hanya metrik tetapi juga mereferensikan domain dan backlink, dan seterusnya. Sekarang aku tersadar bahwa aku tidak perlu melakukan semua pekerjaan ini, karena Odys benar - benar melakukan semua uji tuntas itu terlebih dahulu.

    Pengalaman ini telah membentuk ekspektasiku terhadap Odys. Mereka sangat tinggi tetapi itu karena Odys sendiri yang mengatur bar tinggi dan memenuhi harapan mereka dengan warna terbang.

    Persepsiku selain dari pemikiranku beralih dari "Memulai dengan domain lama adalah hal yang mudah tetapi bukan suatu keharusan" menjadi "Mengapa di dunia ini aku pernah memulai proyek SEO dengan domain yang baru didaftarkan kalau domain lama dan gagah ini sudah ada?

    Sudahkah kau melihat opsi lain di pasar? Jika iya, apa saja?

    Aku sudah membeli domain dari vendor di forum SEO (apakah aku akan ditipu?), dari lelang GoDaddy (apakah aku melakukannya dengan benar?), hingga pembelian langsung di AIM dan Skype (apakah mereka membakar domain ini?).

    Aku mencantumkan beberapa hal negatif dan kekhawatiran dalam kalimat sebelumnya. Waktuku lebih berharga untukku daripada apa pun sekarang dan masuk ke gulma dengan opsi pembelian domain lainnya adalah larangan. Odys menghindari semua itu dengan melakukan legwork untukku.

    Apa yang paling kau suka dari Odys?

    Aku tidak percaya aku memiliki pengalaman khusus yang akan dialami pelanggan Odys sekarang, karena aku meluncur ke sana lewat jaringanku. Tetapi jika aku melihatnya dengan mata baru, situs web ini akan spektakuler. Mampu masuk ke bidang pemasaran, menyaring berdasarkan ceruk dan metrik lainnya, dan melihat persis apa yang ingin kulihat dan tidak ada yang fantastis.

    [​IMG]

    Aku bisa mengawasi inventaris dalam hitungan, sungguh, 30 detik atau kurang setiap hari. Itu adalah perbedaan besar dari apa yang kusebutkan sebelumnya dengan menggores, memfilter, menjalankan api untuk metrik, dan sebagainya.

    Inventarisasi itu sendiri menarik juga karena Odys hanya mengambil domain yang bagus. Kita hanya melihat merek yang otoritatif dan tidak ada yang lain. Tidak ada namanya membuang - buang waktu, yang kutekankan lagi adalah seperti kesepakatan besar bagiku hari ini.

    Bagaimana pengalamanmu dalam memilih dan membeli domain?

    Sekali lagi, aku tidak melalui rute ini. Aku mengerjakan seluruh perjanjian melalui Skype dengan Alex. Yang ingin kutegaskan adalah bahwa melalui saluran itu, aku merasa sangat nyaman dan percaya diri dengan transaksi berkat Alex, bahkan lebih dari itu karena aku percaya ia dan Colby memberikan cap persetujuannya.

    Setelah kami menyelesaikan transaksi secara pribadi, aku terhubung dengan anggota lain dari tim Odys yang tetap berhubungan saat kami melakukan upaya transfer domain. Perwakilan Odys bersedia untuk setiap pertanyaan yang mungkin kupunya atau menawarkan panduan kepada pendatang baru untuk memastikan mereka mendapatkan hasil maksimal dari domain baru mereka. Kau tidak bisa mengalahkan tingkat layanan pelanggan ini.
     
  2. ODYS

    ODYS Ads.id Starter

    Joined:
    Nov 17, 2020
    Messages:
    84
    Likes Received:
    31
    Location:
    Jakarta
    Apa sebenarnya yang telah kau lakukan setelah membeli domain?

    Hal pertama yang harus dilakukan siapa pun yaitu dengan segera mendaftarkan semua profil media sosial untuk mencetak nama merek yang kau inginkan, karena ahli botani mengamati daftar pendaftaran dan mau mencoba mendaftarkannya melalui dirimu lalu menjualnya kembali kepadamu. Jadi lakukan itu dulu.

    Sekarang menurut pendapatku, kau harus sudah memiliki situs yang sudah dibuat konten di dalamnya. Kau sudah tahu bahwa kau ingin membeli domain dan domain tersebut harus diarahkan ke situs langsung dengan cepat. Jadi langkah selanjutnya adalah mengarahkan nama server ke lokasi yang tepat dan merangkak ke Google.

    Langkah selanjutnya yang paling penting adalah mengidentifikasi laman apa pun di situs lama yang memiliki tautan balik selain berkau. Ini dapat dibuat ulang atau mirip dengan konten lain yang harus kau tujukan kepada mereka atau kau bisa membuat konten serupa. Lalu kau perlu mengalihkan seluruh 301 sub - halaman ini ke lokasi baru sehingga kau bisa mempertahankan semua jus peringkat halaman yang kau bayar. Jika tidak, kau menghabiskan uangmu dengan sia-sia. Ini adalah langkah penting yang tidak bisa kau lewati.

    Bagaimana perkembangan situs web dari jaman ke jaman dalam hal lalu lintas?

    Sejauh ini aku sudah menarik lebih dari 3 juta tampilan laman saat berada di jaringan iklan premium, mengambil RPM rata - rata lebih dari $ 50. Aku sangat senang dengan pertumbuhan ini ditambah dengan monetisasi.

    [​IMG]

    Kau tidak akan pernah melihat jenis pertumbuhan yang akan kubagikan kepadamu di domain baru, memakai metode SEO saja. Tidak ada sandbox di sini. Di akhir bulan pertama, aku sudah mencetak hampir 2.000 tampilan halaman, secara organik, dari 20 atau lebih pos yang telah kubuat sebelum membeli domain.

    Mendapatkan pemaparan awal semacam ini menyebabkan tautan lebih alami dengan cepat dan saya bahkan menjadi viral di Facebook selama lebih dari 150.000 tampilan halaman dalam satu bulan, semuanya sebelum tahun pertama berakhir. Di akhir tahun pertama, aku mendapatkan lebih dari 30.000 tayangan laman per bulan dari Google.

    Melaju cepat ke hari ini, hanya sekitar 3 tahun kemudian, aku mengambil lebih dari 250.000 tampilan halaman sebulan dari SERP saja, dan lintasannya masih naik, naik, dan naik, karena aku belum berhenti menerbitkan.

    Berapa banyak uang yang telah kau hasilkan dengan situs web ini?

    Di akhir tahun pertama aku memecahkan angka $ 1.000 per bulan. Di akhir tahun ke -2 situs ini memecahkan tonggak $ 6.000 per bulan. Dan sekarang di akhir tahun ke -3 lebih dari $ 12.000 per bulan.

    [​IMG]

    Pengeluaranku juga tidak liar, karena aku condong ke profil backlink yang tersedia. Jadi pada dasarnya aku hanya membayar sedikit untuk hosting dan sebagian besar untuk konten. Situs ini memiliki lebih dari 350 pos yang ditayangkan sekarang, dengan mungkin 200 di antaranya telah matang menjadi SERP. Akan ada pertumbuhan lalu lintas yang besar lagi segera setelah aku benar - benar meningkatkan produksi kontenku dan mendorong 150 pos terakhir keluar saat ini, jadi tanyakan lagi tahun depan bagaimana perkembangannya dan kita bisa memperbarui angka - angka dalam paragraf di atas. 

    Berapa banyak yang kau hemat dengan memiliki domain lama dibandingkan dengan domain baru?

    Aku tidak memakai logo yang disediakan Odys tetapi menghargai bahwa logo itu ada dan tersedia. Penghematan besar ada pada backlink. Tapi itu adalah pernyataan yang meremehkan. Banyak dari domain pengarah ini berada di luar jangkauan. Aku tidak akan menautkannya ke situs ini jika bukan karena domain ini sudah memilikinya.

    Kau tidak bisa benar-benar memberi harga untuk itu dan bagaimana hal itu mengalir ke semua hal lain yang kau alami. Kurva pertumbuhan lalu lintasmu akan eksponensial jika mempublikasikan seperti orang gila. Dan kau dapat melakukannya dengan percaya diri mengetahui bahwa kau didukung oleh profil backlink yang luar biasa.

    Ini benar-benar uang receh pada dolar. Itulah nilai yang kau dapatkan. Kau membayar "sen" untuk tautan yang bisa kau coba bayar $10 ribu dan tetap tidak akan diberi tahu. Maksudku per tautan pada beberapa ini. Kau benar - benar tidak bisa menempatkan harga disini, karena jawabannya adalah tidak. Kau tidak bisa memilikinya tanpa memperolehnya melalui domain otoritatif yang telah berumur, bermerek, dan berwibawa.

    Apa rencana masa depanmu dengan domain dan bisnis ini secara umum?

    Domain ini telah diubah menjadi situs otoritas dalam bentuk vertikal yang sangat besar. Itu bisa mencapai 10.000 artikel dan banyak kelipatan dari itu jika aku tetap mengerjakannya. Peluang kata kunci tidak ada habisnya. Jadi tujuanku adalah untuk terus menekan publikasikan dan tidak pernah melihat ke belakang...

    Begitulah, sampai harga valuasinya jadi terlalu enak. Setiap orang memiliki "nomor" dan aku memiliki nomorku untuk situs web ini. Ketika itu terjadi, aku akan pergi ke matahari terbenam, dan pada malam yang dingin dan tenang kau masih akan mendengar suaraku pada bisikan angin, hanya hampir tidak terdengar, mengatakan "Terima kasih, Odyssss..."

    Saat memilih domain, apa yang akan kau sarankan untuk dipertimbangkan pengusaha pemula?

    Pemula harus mulai dengan domain lama. Semua orang harus memakai itu. Tapi kau tidak bisa melakukannya karena kau malas dan mencari jalan pintas, karena jika kau memperlakukannya seperti itu kau akan mengacaukannya. Pelajari tentang pengalihan 301, konten apa yang harus kau buat ulang atau simpan, dan cara mempertahankan jus peringkat halamanmu. Aku sudah melihat sebagian orang mengacaukan ini berkali - kali karena mereka berada dalam mode "jalan pintas" daripada memperlakukan ini seperti bisnis.

    Kejatuhan lain dari pemula adalah mereka menginginkan kekuatan domain lama tanpa membayarnya. Jadi mereka pergi ke beberapa vendor biasa atau mengambil domain kedaluwarsa, lalu mereka mendapatkan hasil nol dan membuang - buang waktu mereka. Aku sangat menekankan kalau kau tidak menginginkan domain kedaluwarsa, artinya domain tersebut benar-benar hilang dan tersedia untuk didaftarkan lagi. Kau menginginkan domain yang tidak dijatuhkan, artinya domain tersebut memang kedaluwarsa tetapi tertangkap sebelum domain tersebut kedaluwarsa secara teknis.

    Bahasanya pun membingungkan. Serahkan pada para profesional untuk sekarang. Kau tidak bisa memiliki semua manfaat dari domain seperti ini dengan harga $ 10 atau $ 100. Dan setiap upaya untuk melakukannya akan berakhir dengan malapetaka. Luruskan pikiranmu dan miliki ekspektasi yang realistis. Jika kau ingin melakukan ini, lakukan dengan benar. Karena kau tidak akan menyadari itu tidak berhasil, bahkan mungkin menyakitimu, setidaknya selama setahun (satu tahun layak bekerja jika kau menganggapnya serius). Jangan kompromi diri sendiri. Kau tak punya banyak waktu untuk kalah tapi aku melihat orang - orang melakukannya berulang kali. Percayakan tim seperti Odys untuk membantumu. Tidak harus Odys, tapi kau tidak akan percaya dirimu sendiri. Kau belum cukup paham, kau pemula murah.

    Siapa saja yang akan kau rekomendasikan untuk menggunakan Odys sebagai sumber untuk domain lama premium?  

    Daripada mengulangi apa yang kusuka, biar kuberitahu pembaca bahwa aku sudah menyarankan lebih dari 350 orang untuk ke Odys dan menghasilkan cukup banyak penjualan sebagai afiliasi. Aku tidak akan memberitahu jumlahnya, intinya aku cukup percaya pada Odys untuk mempertaruhkan reputasiku dengan hampir semua orang yang kukenal di industri ini.

    Jika Odys mengacaukan salah satu dari orang tersebut, kesalahan itu kembali padaku. Dan itu belum terjadi dan tidak akan terjadi. Apa yang terjadi adalah kita semua terus bekerja keras bersama, membangun hubungan yang tepercaya, dan membangun kekayaan, semuanya atas dasar domain Odys.

    Aku tidak hanya mereferensikan jaringanku dan menggantungkan sebagian dari reputasiku di Odys tetapi juga membangun situs web sendiri dari domain mereka. Aku tidak hiperbola atau apa pun. Tapi benar adanya. Kau menemukan vendor yang bisa kau percaya dan tumbuh bersama mereka. Odys merupakan vendor tersebut ketika muncul hal yang berhubungan dengan domain.

    Layanan atau fitur tambahan apa lagi yang ingin kau lihat di Odys Marketplace?

    Satu langkah ke arah yang lebih kusarankan adalah opsi Pre - Order kalian diluncurkan. Memiliki dibs pertama sebelum domain mencapai pasar publik sangat bagus ketika kau sudah tahu niche apa yang ingin kau kerjakan dan menunggu pada pilihan yang tepat.

    Untuk mengambil langkah selanjutnya, akan manis jika dapat komisi Odys untuk keluar dan mencari domain untukmu dalam anggaran yang dialokasikan. Aku memahami kesulitan memenuhi harapan yang lebih abstrak dan sulit dikomunikasikan berdasarkan selera (seperti nama merek). Tetapi dengan kontak konstan yang cukup dan persetujuan cepat oleh pembeli, ini mungkin bisa berhasil. Ini hanya sebuah ide, tapi Odys menyimpan cukup persediaan segar pada rotasi bahwa tidak sulit untuk menemukan sesuatu cukup cepat.
     
  3. notinnocent

    notinnocent Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 11, 2017
    Messages:
    324
    Likes Received:
    68
    Dari kisahnya memang keren dengan visitor bule 2.000 UV bisa menghasilkan $2.789 dari Ezoic, dan domain tersebut dibeli dari Odys berstatus aged domain.
    Saya hanya butuh akun IG / FB Yusuke Kohara untuk tanya-tanya.
     
    Bianity, riaz and PermataMutiara like this.
  4. radex78

    radex78 Hero

    Joined:
    Jun 21, 2013
    Messages:
    689
    Likes Received:
    77
    Pekerjaan boleh sama, tempat kerja boleh sama
    hasilnya bisa beda, atau hasil sama tapi pengeluaran bisa beda, rejeki memang unik.
     
  5. zettax

    zettax Super Hero

    Joined:
    Oct 7, 2010
    Messages:
    1,635
    Likes Received:
    130
    Location:
    Zettax
    nice info bang ody
     
  6. Arya Gunawan

    Arya Gunawan Ads.id Starter

    Joined:
    Apr 30, 2017
    Messages:
    57
    Likes Received:
    16
    Location:
    Pemalang
    daftar ezoic syaratnya apa ya? Apa untuk blog indo bisa daftar ezoic?
     
    ulviasriainun and Irwanku like this.
  7. ODYS

    ODYS Ads.id Starter

    Joined:
    Nov 17, 2020
    Messages:
    84
    Likes Received:
    31
    Location:
    Jakarta
    Itulah dunia internet marketing, kita bisa dapatkan penghasilan dari website mana aja dengan hanya membawa traffic.

    Agan kalau ada pertanyaan apapun mengenai domain age dan yang berhubungan dengan SEO, silahkan bertanya kesini aja. Kami dengan senang hati akan menjawab dan membatu sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman yang kita miliki.
     
    Bianity likes this.
  8. ODYS

    ODYS Ads.id Starter

    Joined:
    Nov 17, 2020
    Messages:
    84
    Likes Received:
    31
    Location:
    Jakarta
    Tapi semua itu tetap butuh namanya pengetahuan dan keberanian untuk menjalankan usaha seperti yang Yusuke lakukan. Semua orang bisa menjakankan dan mendapatkan rejeki seperti itu asalkan memang punya tekat yang kuat untuk maju.
     
  9. ODYS

    ODYS Ads.id Starter

    Joined:
    Nov 17, 2020
    Messages:
    84
    Likes Received:
    31
    Location:
    Jakarta

    Odys selain menjalankan usaha dengan menjual domain, kita juga akan membagikan kisah-kisah sukses dari para custumer kita yang menggunakan aged domain dari ODYS. Jadi sering-sering aja check up datean terbaru dari kita.

    Kalau Agan membutuhkan bantuan untuk mencapai target Agan dalam bidang internet marketing terutama SEO. Bisa langsung PM saja. Nanti kami bantu mencarikan solusi buat Agan
     
  10. ODYS

    ODYS Ads.id Starter

    Joined:
    Nov 17, 2020
    Messages:
    84
    Likes Received:
    31
    Location:
    Jakarta
    Tidak ada syarat khusus Gan. Bisa saja, tapi lebih disarankan untuk web yang pakai Bahasa English agar pendapatnya lebih bagus.
    [
     
  11. syahruldoank

    syahruldoank Hero

    Joined:
    Jul 17, 2011
    Messages:
    505
    Likes Received:
    48
    Ezoic itu apa? Cara dapat duit dari Ezoic seperti apa?
     
  12. noahpeter

    noahpeter Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    240
    Likes Received:
    92
    Tsugoii Ne Yasuke San.
    Ima kara, anata no yarikata ga yaritai desu.
     
  13. Toro25

    Toro25 Newbie

    Joined:
    Sep 15, 2019
    Messages:
    9
    Likes Received:
    6
    misi mau tanya .
    apakah ada batasanya jumlah domain untuk di gunakan redirect 301 ke web utama?
    misal 20 domain redirect 301 ke 1 domain utama

    terima kasih
     
  14. Langnusa

    Langnusa Super Hero

    Joined:
    Jun 12, 2016
    Messages:
    768
    Likes Received:
    184
    Ini age domain luar semua ya atau ada yg indo?
     

Share This Page

adsterra