1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[ASK] Iklan Tidak Muncul/Tayang

Discussion in 'Youtube Adsense' started by Rizki Wahid, Dec 19, 2016.

  1. Rizki Wahid

    Rizki Wahid Newbie

    Joined:
    Oct 27, 2016
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Permisi.. Semuanya ane mau tanya..
    belakangan page view ane sempet meningkat tiap harinya.. jika dilihat di statistik GA
    Nahh.. tau2 belakangan, langsung turun drastis, yg perharinya biasa 20k skrg cuma 3k, ane telusur di realtime alaytic YT berbeda dengan yg statistik di GA
    Data di realtime menunjukan views msh normal, walau turun hanya beberapa ribu lah, ndak sampe puluhan ribu.. tapi koq di GA sikit kali bahh

    Apa ini efek yg katanya Google sdg gencar upgrade alogaritma, dll.. jadi data ndak singkron??
    Ada yg ngalamin hal serupa?? Atau cuma ane saja ya??
    [​IMG] [​IMG]
    Dan setelah ane xcek lagi, atas saran dari teman yg kebetulan mengalami kasus yg sama..
    Ane cek semua video, koq iklannya ndak muncul, pantes saja earning turun drastis

    Padahal status akun YT & GA normal2 saja, ndak ada masalah apa2, banned atau suspend pun tidak
    Tolong mungkin yg sudah pernah mengalami hal serupa dishare dong pengalaman & ilmunya..
    Asli ane bingung koq bisa seperti ini

    Note : Status akun GA/YT dibuat 23 November 2016, belum vertifikasi PIN

    Ane sempat terpikir beberapa solusi
    1. unmonitize video, lalu monitize kembali [GAGAL]
    2. disable monitize akun YT [belum dicoba]
    3. pindah akun GA, apakah bisa yaa?? memindahkan akun YT ke GA lain, misal.. GA create tahun jadul, yg katanya lebih AMAN

    Cuma untuk solusi yg ke 3 ane ndak punya akun lg, karena akun GA andalan thn 2011 sudah dibanned permanen. Paling ujung2nya beli jika memang sangat terpaksa..
     
  2. mastoto

    mastoto Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 2, 2007
    Messages:
    131
    Likes Received:
    53
    untuk bisa analisa lebih lanjut, butuh data2 tambahan seperti berapa video yg sudah diupload, kemudian berapa frekuensi upload videonya (misal 2x seminggu), dan yg paling penting ini video reup atau ori.

    kebetulan channel saya tidak mengalami hal ini dan justru di quarter 4 (Oktober-Desember) ini adalah masa2 panen Youtubers karena perusahaan pengiklan lebih gencar beriklan untuk menghabiskan budget tahunan, efeknya CPM bisa naik 2x lipat atau lebih dari biasanya. Kalau dilihat dari RPM nya, target penonton utamanya sepertinya bukan dari US dan sekitarnya.
    mengenai perubahan algoritma, sepertinya tidak; karena kalau iya, seharusnya ini terjadi juga di channel saya, tapi saya tidak mengalaminya; dari turunnya jumlah viewer yang cukup drastis, analisa saya sih ini terjadi karena ada "perubahan pola" penonton yg bisa terjadi akibat banyak hal, tapi saya akan coba bahas beberapa yg paling sering terjadi :

    1. video yang baru kita upload pasti akan dipromote oleh Youtube dengan tambahan tag NEW dan akan lebih sering dimunculkan di suggestion video section (sebelah kanan atau kalau di hp ada di bawah) tentunya yg tag, niche atau judulnya berkaitan dgn video yg sedang ditonton. nah, biasanya tag NEW ini gak lama2, paling cuma beberapa hari dan setelah itu kelar. biasanya naik drastisnya penonton diakibatkan oleh ini dan drop penonton juga karena Youtube sudah tidak lagi promote video kita. Terkecuali untuk video2 yang dalam masa tersebut mendapatkan respon (watchtime) yg tinggi, setelah tag NEW tersebut hilang, dia tetap nangkring di kolom Suggested Video. CMIIW
    2. check di Analytics bagian Traffic Sources, lihat dari mana penonton kita berasal. Kalau basis subscriber kita tidak banyak, saya yakin penonton video kita berasal dari Suggested Video, lihat lagi dari situ video2 apa yang "mengangkat" video2 kita. Nah dari sini kelihatan kunci dari tingginya penonton di video kita. Hal yang sering terjadi adalah : video kita tinggi karena di suggest oleh video lain yang juga tinggi penontonnya; nah ketika video yg mensuggest kita ini ngedrop (entah dihapus, di banned) maka efeknya berimbas ke video kita. ini yang cukup sering terjadi.

    saran saya, gunakan dulu Analytics untuk menganalisa masalah ini, saya tidak menyarankan salah satu dari 3 alternatif solusi tsb, karena sepengetahuan saya itu tidak berkorelasi dengan jumlah penonton yg masuk.
    (saya pernah mengalami hal ini dan sempat berpikir sama bahwa ini ada perubahan algoritma, tapi setelah saya bongkar2 lagi analytic ternyata problemnya ada di nomor 2)

    btw, kalau ada data tambahan spt yg saya maksud di atas mungkin lebih asik lagi buat dianalisa.

    =toto=
     
    dahana likes this.
  3. Diozgembel

    Diozgembel Newbie

    Joined:
    Dec 13, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Ijin nyimak jawaban, karena saya mengalami hal yang sama.
     

Share This Page