1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Semoga ada yang membantu...

Discussion in 'Chit Chat' started by rama13, Dec 5, 2016.

Tags:
  1. KangJajang

    KangJajang Ads.id Starter

    Joined:
    Feb 18, 2015
    Messages:
    83
    Likes Received:
    52
    serius ini gan dulunya seorang guru? kok janggal ya bisa lakuin hal nekat seperti itu..hmm
    sepengetahuan ane, biasanya seorang guru, punya dedikasi dan prinsip...tapi kok.. ahh sudah lah.. maaf ya gan bukan apa2 tapi heran aja di ane

    pendapat realita ane:
    susah kalau hanya starting awal buat nyari duit di online - > bikin konten trus publish diblogger saja gan tuk ngeboost pendapatan pertama di online..its does but not worth it gan, too much effort.. dengan bikin 2 atau 5 sekaligus blog lalu tiap hari minimal 2 content publish lalu menjaga sharing content ke sosmed atau site bookmarked beuh kayaknya sangat berat sekali (ini realitanya), dari sini aja waktu yang dikeluarkan sangat banyak, begadang tiap hari, browsing kesana kesini kadang dapat ide kadang enggak dan hasilnya masih belum tentu terbilang ada (dengan rata2 org awam yang terjun di IM, baru bisa menghasilkan stidaknya 2 tahun atau bahkan lebih dari 6 thn atau gagal berusaha,pindah haluan).. belum lagi ganas nya om gugel mengenai blog dan aturannya (adsense issue).
    apa agan terkena dampak ikutan 'hype' dunia IM ngeliat income yang gede2 di forum2 marketing online kayaknya ya? ..ah mudah2an sih enggak.

    tapi semangat agan ane akuin jempol dah bisa berani seperti itu..

    ane disni bukan bikin down agan, tapi ini pendapat ane benar2 nanti agan alami atau sekarang lagi dialami.. persetan dengan koment negative orang ke kita.
    kalau soal motivasi mungkin udah ada posting2an diatas.

    saran ane:
    setidaknya di dunia IM, agan belajar juga programming. pelajari salah satu bahasa program. bukan hanya HTML javascript css saja, tapi coba juga JAVA(bs terjun ke android) atau python atau C# atau perl atau ruby atau golang atau nodejs(lawannya php). kenapa ane saran gitu?
    gini gan its simple gan, kerjaan yang berulang setiap hari itu nanti agan bisa pangkas lewat program agan yang nanti agan buat. jadi agan ga bakal namanya sakit pinggang lagi, badan remuk begadang tiap hari..
    dan logic standar programming itu sama semua hanya beda di syntac saja, setelah satu bahasa dikuasai bahasa lain bisa mudah dipelajari bahkan cepat.
    biasanya IMers modern dia bisa minimal satu: python atau C# karena dua bahasa ini terbilang mudah dipelajari.
    bagi yang punya duit, IMers ini bisa beli software nya (ya itukan modal lagi).
    dengan program agan yang nanti agan bisa buat untuk auto marketing buat blog agan hingga tak terhingga backlinknya, atau mencari konten agan, atau bikin buat mining data buat blog agan dengan memfilter yang tidak diperlukan di program yang nanti agan buat. jadi setelah itu agan bisa memperluas lagi pendapatan agan selain ngeblog. mungkin jadi jasa di fiverr, atau bikin themewebsite, atau join affiliate dll.
    singkatnya begini:
    bagi yang punya modal, IMers with tools (pendapatan mantap tapi kadang susah untuk scale up karena tergantung sama toolnya yg dipake)
    bagi yang punya basic programming + paham mengenai dunia IMers (its awesome!!! ini pengasilan passive, bisa scale up kemana2. cuma kadang ide nya saja mesti dicari lagi)
    bagi yang baru start, ga punya basic programing dan tools, IMers itu... (berpenghasilan juga tapi too much effort, kebykan gagal dijalan, badan banyak penyakit begadang merokok, stress, yang ada hanya motivasi lebih dll)
    karena IM itu kerjaan yang paling utama yakni "bagaimana marketingnya", walaupun theme blog nya jelek dan content acak kadul bisa nongkrong di page 1 google itu karena marketingnya. ini bisa dilakuin dengan kita memprogramnya bagaimana program itu nanti mencari orang yang tepat lalu mengiringnya ke ke web kita, jadi banyak nilai plus nya bagi IMers bisa minimal satu bahasa program seperti yang ane sebutin diatas, tapi yang ane saranin C# atau pyhton. tapi bagi pemula python saja sudah cukup.

    penghasilan passive online ane, ane hanya punya 8 website-blog (adsense + affiliate) dan 2 website dropshiper(affiliate) yang dipegang sama adik ane yang cewek.
    tuk website-blog adsense rata2 satu webnya max min $600-400 perbln ( ane batasin seperti itu pendapatannya karena yang lalu2 dari pengalaman.. jika saja naik saja incomenya sampai $800, google adsense team udah meluncur ke email nanyain2 terus masalah traffic akibatnya lama gajian, kalau affiate lebih kurang $300 )

    dan ke-8 website-blog ane ini full autopilot mulai dari starting content, publish, marketing hingga sampai pengecekan earning di adsense hingga ke akun bank ane.
    kalau web dropshipper ane beda karena butuh human touch nya (ane bayar jasa VA).

    kalau di banned adsense ane, ga masalah program ane bikin lagi web-blognya sendiri dari awal, lagian masih ada selain adsense (jadi programm ane hanya dan selalu menjaga kestabilan 8 website blog ane, ane pakai 2 rasberry yang hidup 24/7.. 8 blog website ane udah jalan mendekati ke tahun ke-3 kalau habis 2016 ini).

    ane hanya ngecek statistik dan pendapatan saja di lokal komputer ane, ga peduli mau turun atau gimana pendapatan ane perblog..lah programmnya udah ane diatur seperti itu. habis itu ane bisa lakuin hal2 lain, olahraga + traveling sama bini+ ketemu temen + main sama anak ane yang baru lahir dsb. + selebihnya kerja remote sama team ane.

    ane sndiri bukan IMers sejati karena fokus ane bukan kesitu tujuan utamanya, ane fokus fullstack developer dibidang digital bersama team ane, tapi ini setidaknya gambaran buat agan jika punya basic programming..agan BISA melakuin hal kayak gini !! trust me bro its works!!
     
    Iwaseto likes this.
  2. Anca.ur

    Anca.ur Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 18, 2016
    Messages:
    454
    Likes Received:
    28
    Location:
    Bandung
    Luar biasa mastah....numpang nimbrung agan TS, banyak ilmu yang keluar..
     
  3. anangwahyudi

    anangwahyudi Hero

    Joined:
    Jan 11, 2013
    Messages:
    551
    Likes Received:
    53
    Location:
    Di Hati Kamu Yang Tak Pernah Mencintaiku
    mantap mantap semua motivasi dan sharingnya :malaikat:
     
  4. aka_omerta

    aka_omerta Hero

    Joined:
    Feb 4, 2012
    Messages:
    722
    Likes Received:
    61
    Location:
    Bekasi - Subang - Yogya
    Keren si akang...
    kalau boleh tau basic ilmunya apa kang
    otodidak apa keilmuan?
    menurut ane programing itu berhubungan dengan pasion
    kalau udah suka pasti seneng mempelajarinya
    cz ane lulusan sistem informasi gak suka sama coding
     
  5. galuh33

    galuh33 bismillah

    Joined:
    Mar 4, 2015
    Messages:
    669
    Likes Received:
    28
    Location:
    yogyakarta
  6. Al theradz

    Al theradz Hero

    Joined:
    Oct 25, 2013
    Messages:
    710
    Likes Received:
    20
    Location:
    Wonosobo - Yogyakarta
    Mantap nih sharingnya para mastah, semoga bisa memotivasi si ts dan termasuk ane
     
  7. rama13

    rama13 Newbie

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    28
    Likes Received:
    5
    Location:
    Kampung Baru RT.03/06, Desa Lamajang
    bener gan serius, FYI ane seorang guru TK dan Bimbel Bahasa Inggris SD SMP.. ane keluar karena ada masalah beda prinsip sama pengelola lembaganya.. sekarang ane lagi carikerja sampingan disamping blogger gan... memang kayaknya ane terbilang konyol. Tapi ane coba gan, ane mau belajar
    Terimakasih gan atas sharingnya.. sangat memotivasi sekali..
    dari sekian saran yang saya dapatkan rata rata menyarankan untuk.. kerja Offline + online.. terimakasih gan.. sekarang kerja Offline yang kesampaian paling jadi CW gan..
     
  8. Aldi Dwi Ferdian

    Aldi Dwi Ferdian Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 20, 2016
    Messages:
    103
    Likes Received:
    7
    Location:
    Tangerang Selatan
    Coba gan maen blog freeware atau tipa trik pc gtu yang biasanya banyak di cari , kalau saran dari saya sih mending pakek blog zombie dlu gan pakek blogspot nah nanti kalau trafik udah 1-2k /day bsa ente jadiin TLD , oh iya buat mencing pengunjung suka sama blog kita saran saya jngn di pasang ads dlu sebelum trafik stabil, jngn di kash short link atau sejenisnya dlu, kalau bsa ksh direct link , pokoknya buat pengunjung nyaman dlu , nanti kalau udh dapet trafik kesanya insyaAllah bisa kok gan

    Sent from my ASUS_Z00AD using Tapatalk
     
  9. Raden Wijaya

    Raden Wijaya Hero

    Joined:
    Mar 24, 2016
    Messages:
    620
    Likes Received:
    69
    Saran ane kalo mau langsung dapet duit...

    Jadilah penulis konten dulu :D
     
  10. jagoan999

    jagoan999 Ads.id Pro

    Joined:
    Jan 16, 2012
    Messages:
    463
    Likes Received:
    42
    Location:
    City of Angles
    tetap semangat mas, sy sdh menginjak tahun ke-5 penghasilan dr internet jg masih angin2an. tp emang msih tekndala offline sih.

    Sent from my ASUS_T00F using Tapatalk
     
  11. rama13

    rama13 Newbie

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    28
    Likes Received:
    5
    Location:
    Kampung Baru RT.03/06, Desa Lamajang
    kalau freeware gitu ga melanggar TOS adsense gan? ane sih belum belajar tentang cara lain baru Adsense aja.. tapi boleh lah gan jadi referensi nih, makasih gan ilmunya bermanfaat sekali nih.. mau coba buat.. berarti ga pasang Adsense ya?
     
  12. rama13

    rama13 Newbie

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    28
    Likes Received:
    5
    Location:
    Kampung Baru RT.03/06, Desa Lamajang
    wah ini yang saya tunggu gan.. saya pengen, tapi :( takut ga ada yang percaya. Saya butuh orang yanh review.. dan sebentar lagi insyaallah buka gan.. mohon bantuannya mastah
     
  13. rama13

    rama13 Newbie

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    28
    Likes Received:
    5
    Location:
    Kampung Baru RT.03/06, Desa Lamajang
    semangat juga mas gan :) wah saya haarus diselingin kerjaan Offline juga nih kayaknya.. biar ga terlalu ngapngapan hehehe.. makasih sudah sharing mas
     
  14. speedot

    speedot Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 4, 2013
    Messages:
    359
    Likes Received:
    20
    Location:
    @home
    Mending cari kerja offline dulu aja gan! SEO emang lambat, kl mau cepet ya dagang, atau jualan dropship.
     
  15. Raden Wijaya

    Raden Wijaya Hero

    Joined:
    Mar 24, 2016
    Messages:
    620
    Likes Received:
    69
    Boleh dilihat tulisannya...? PM in ya

    oh iya... sekalian verifikasi identitas aja di forum, ntar dapet lencana terverifikasi, ini akan menambah nilai trust untuk agan
     
  16. biosanjaya

    biosanjaya Super Hero

    Joined:
    Sep 26, 2012
    Messages:
    1,335
    Likes Received:
    93
    Location:
    Palembang
    Ga harus pake hosting, pake custom domain aja bisa ati nggak pakai blogpsot yg gratisan sudah bisa.

    Pengalaman ane dulu tinggal di desa yang notabene pada nggak ngerti soal internet bahkan hingga kini mereka (orang-orang di desa ane) masih juga ga paham dapet duit dari mana, lah wong kerjanya cuma di depan laptop.

    Pahitnya, nyinyirnya orang desa lebih rinci daripada yang di kota, coz apa yg dilakukan setiap hari pasti diketahui semua orang, mayoritas orangnya suka ngobrol, bahkan melebihi waktu kerja mereka. tiap ngobrol selalu jadi topik pembicaraan, enak kalo bicara yang bagus tapi ini yg jelek. dan parahnya ortu sampe ikut2an terpengaruh dan mojokin ane. Bahkan sempat ane mau diperiksakan ke rumah sakit jiwa karena dianggap berbeda dengan anak lain padahal status saat itu baru lulus jadi sarjana.

    Lulusan sarjana bukannya mencari kerja malah males2an depan laptop, tapi semua itu ane jadikan kekuatan untuk berhasil, pengen bungkam mulut2 pedas yang suka bicara sesukanya dengan bukti sukses yang masih dalam mimpi.

    Alhamdulillah sekarang cerita jelek itu sudah menjadi cerita baik karena berhasil membuatkan rumah ortu yang gak kalah besar dengan rumah2 tentangga sebelah, kemudian menikah dengan modal sendiri serta punya penghasilan tetap dan belajar bisnis kecil-kecilan. Semua orang yang paling semangat mencibir itu menjadi orang yang paling semangat membatu kalau diperlukan.

    Intinya tetap konsisten gan, kerja mimpi meski dianggap gila bagi orang sekitar.

    Sedikit tambahan, memiliki penghasilan dari blog itu sederhana koq,

    traffic = earning
    banyak artikel = banyak traffic

    so banyakin artikel tulisan sendiri aja di blog, saran ane sih pilih topik sesuai dengan hobi kita, itu mencegah kita sampai di titik jenuh. good luck
     
  17. rama13

    rama13 Newbie

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    28
    Likes Received:
    5
    Location:
    Kampung Baru RT.03/06, Desa Lamajang
    Subhanallah gan, kisah yang sangat menyentuh dan memotivasi sekali :) akan jadikan pelajaran dari kisah ente gan :) terimakasih sudah mau sharing, BTW berapa lama gan untuk sampai bisa membangun rumah kayak gitu?
     
  18. rama13

    rama13 Newbie

    Joined:
    Oct 16, 2016
    Messages:
    28
    Likes Received:
    5
    Location:
    Kampung Baru RT.03/06, Desa Lamajang
    ditunggu gan besok :) ane sedang menyortir yang bagusnya.. terimakasih gan sudah ada niat untuk melihat tulisan saya :)
     
  19. KangJajang

    KangJajang Ads.id Starter

    Joined:
    Feb 18, 2015
    Messages:
    83
    Likes Received:
    52
    ane bukan mastah gan, ane sama kyk yg lain masih murid.. :ciao: nhunn

    ane kbykan otodidak gan, basic pendidikan ane ga ada sangkut pautnya soal hal ini.
    ga suka koding? sama gan.. tapi mau gimana lagi. B-)
    ini contoh bedanya mindset ane sama agan,
    bagaimana tools atau setidaknya paham bahasa programming selain standart web (html, css, javscript)
    cek aja google disni
    https://www.google.com/search?q=do+i+need+learn+programming+for+internet+marketing
    coba saja disni, apa kata mereka
    https://www.quora.com/What-programming-languages-should-SEOs-learn

    coment dalam spoiler lebih panjang, sempat ane bikin pas lagi nunggu delay td sore di bandara.
    ane baru nyampe rumah.

    oke2 begini saja, kita khususkan saja, kita kerucutkan masalahnya..
    apa yang jadi masalah,kenapa pendapatan masih segitu2 saja, masalah agan tulis dinotepad lalu coba jawab sndiri:

    ..banyak listnya terserah, jika bisa menjawab semua dengan solusi lebih banyak dari pada kendala yang dihadapi maka GA USAH LANJUTIN baca postingan ane ke bawah.. berarti pendapatan agan di dunia online sudah cukup mapan, selamatt... terlebih lagi agan sudah paham programming atau punya SEO toolsnya (ya lagi lagi ini modal)

    ..tapi JIKA masalahnya yang dihadapi itu LEBIH BUAANYAK dari pada solusinya atau pingin dikembangin lagi pendapatanya (discale up), ga punya modal, komputer lemot, internet ndut2an, banyak utang, apalagi udah jomblo ngenes, muka ancur berjerawat, trus ngimpiin $1000 dollar di akun paypal tiap malam, pengen ngebahagian ortu dll.
    maka saatnya programming turun tangan, kita pangkas waktu pekerjaan sederhana yang sering dilakukan sehari2 lewat program. yuk belajar

    Digital era:
    oke yang jadi pertanyaannya, bahasa program apa yang tepat bagi IMers? bisa cek digoogle tinggal pilih, ane ga menghruskan ke spesifik bahasa program apa.
    fokus dulu tulisan ini > ga perlu sampai jago2 amat, ga perlu bikin program ribet2 amat, ga perlu harus tau filosofi programmingnya, atau terminology programming, ga perlu harus design yang bagus amat dan ga perlu harus tau semua bahasa programming, sederhana saja tapi deadly!! ga perlu baca buku setebal 300 jilid buang itu buku kalo di ane.. kita pengen belajar cepat!!

    INGET HAL INI programming itu flexibel bisa dibuat apa aja sesuai menurut kemampuan dan tujuan programmingnya, hal2 seperti ntah itu jago program ribet dll itu nanti bakal berjalan dengan waktunya nanti agan sudah biasa bahkan bisa bikin program lebih canggih dari ane skrg..
    Yang ane pointkan disini, programming itu sperti gitar..jika sering dimainkan minimal 3 jam perhari..makin jago main gitarnya, begtu juga sama dengan belajar programming. kalau dibantai selama sebulan? udah lumayan mahir itu.. tinggal diarahkan kemana fokusnya..
    karena ini bahasannya IM, jadi fokus ke IM saja.

    Python dan IM:
    terserah bahasa pake apa.. karena komen ane sebelumnya nyebutin python jadi tak fokusin python saja.

    Kenapa python? karena ini seperti nulis syntacnya seperti kalimat saja gan, ga perlu install kalo di laptop linux, ga perlu install di server linux, kalo OS window mesti diinstall..
    syntax nya mudah, programmnya selesai bisa langsung jalan bisa diatur lama nya berapa tahan program itu jalan. mau bikin hacking,bot,data analysis, monitor, research, trading dll itu bisa juga di python.
    itu tuh yang namanya captha breaker bisa juga lewat python.
    kalau mau pindah bahasa, dengan mudah saja dipelajari karena sudah punya basic programming lain, setidaknya fundamentalnya sudah ada, apalagi ke kyk full OOP kyk java.

    oke mau liat actionnya?
    oke kita cek di youtube saja:
    dibawah ini salah satu contoh bagaimana python itu dibikin dan juga bisa jadi bahan tools utk seo dan manajemen kontent, agan bisa mengira-irakan bagaimana hal ini bisa diimplementasikan ke tujuan kita yakni sebagai IMers, jika agan paham pythonnya dan paham marketing seo tinggal dikembangin (use your brain). agan bisa cari hal2 seperti ini di google engine, dan youtube dll..terserah.

    ini autoblog, mirip sama kaya ane skrg tapi ane sudah buuaanyak perbaharuan sana sini.


    sudah terbuka MINDSETnya? belum? klo belum lanjut lagi ke bawah..

    ini bu ryan mithcel ini dia salah python enthusiast, yang dilakukan hal ini wajar saja mau dibilang bot itu terserah, dia juga punya 2 ebook yang best seller (bisa dicari digoogle) . ini mirip kebanyakan kalo tools yang dijual lumayan mahal2, dengan ini agan bisa bikin lewat python.


    ini salah satu contoh basic seo tools, jika dikembangin dengan implementasi seo modern sekarang maka lebih bagus. dengan ini kita bisa menebak statitik SEO ON page kita, cek konten per keyword di content, berapa jumlah h1 dsb..menurut buku besar seo on page., atau bisa menggunakan layanan API gratis seperti API moz


    soal spinner butuh brain sdkit, bisa dicari lagi info lebih di google
    berangkat dari informasi ini:
    di news di situs besar pun sudah pakai AI dan sdikit human involved
    seperti kata mbak ini di
    dan seperti info ini juga.

    tuk spinner kalo python, contohnya di https://github.com/niteoweb/thebestspinner tinggal di ubah sedikit2 informasi bisa dicari google.. hampir mirip seperti itu,
    lalu jadilah spinner content sendiri yang udah lulus ujian sama kacamata google, dan terhindar dari duplikat content.

    oke bagi yg ga mau fokus ke blog, ke affiliate mungkin? python can do dat for you too bro :D
    scarping sejuta email bisa dilakukan di python, tinggal mau scraping di engin search bing yahoo google dll atau ke sosmed.. logic ide sama kyk diatas.

    atau suka ppd? cpa? ppc? ppa? abcd? efgh? apalah itu? atau youtube adsense? comment forum? mass comment? brainwash? branding? suka bitcoin? etherium? mau pake proxy, sejuta proxy? dll? etc?

    atau yang lebih spesifik > ada yang pernah cek ShareCash di salah satu trit di forum tercinta ini? salah satu member agan rahmani123 (he is good man) yang berhasil di sharecash, terlepas dia pakai apa dan bagaimana. python is your way bro, tenang:
    tritnya, https://ads.id/forums/index.php?threads/cara-mudah-dapat-8048-month.170225/
    triknya bagaimana? lewat teknik agan rahmani1 bisa dijadikan coding

    atau suka Ogads yang bekerja dengan IG??
    bisa cek disini, salah satu bot python IG https://github.com/LevPasha/instabot.py,
    let bot or program do for you.
    agan bisa bikin program yang mirip seperti ini diatas tinggal di cari di github.com dan tinggal dirubah sdikit programnya dialihkan ke platfrom lain (use your brain).
    kalo tools ada massfollower atau tetekbengek lainnya.. ahh sudahlah ane ga pake itu.. program ane lebih canggih dari itu.. sory no offense bagi yang make nya.

    atau yang suka dropshipper? local maupun internasional seperti di trit ini
    https://ads.id/forums/index.php?thr...ape-bukalapak-upload-produk-sekaligus.254662/
    ada agan fadwalangka dengan berbaik hati menggunakan JAVA dekstop mengimplementasikan hal2 dan tugas2 kecil membantu dropshipper yang membuang waktu yg sia2 menjadi ke coding..this is the real programmer. lewat python juga bisa. di ane, ane pakai headless pakai c# dan python, sdikit diintiger ke hadoop java. ane gabung di amazon/ali. sudah 4 thn berjalan.

    ane point keras disini, lewat program kita bisa apa saja ITU BENAR!!. mau yang ilegal/legal blackhat way or whitehat way program bisa ngelakuin itu. TAPI yang perlu digaris bawahi, tanpa dasar ilmu marketing, program yang dibuat bakal hancur lebur (menguntungkan sih menguntungkan, tapi umurnya ga panjang, ga long term, ga dpt closing atau jualan 'produk' agan GA panen besar karena kadang ga tertarget), makanya butuh 'ide' lain seperti ilmu marketing bagaimana menargetkan target yang dibidik. makanya butuh research secara berkala bagaimana 'memanusiakan' program kita. thats it!

    atau 'ide' lain berkenaan dengan SEO yang teknik ajib diberikan secara percuma bagi warga sini link: https://ads.id/forums/index.php?threads/share-3-steps-on-page-seo-pada-homepage.258902/ oleh bung multadex (hes the great man) walaupun tekniknya sdikit ada dari forum sebelah hahahaha ampun om :)
    dan juga dari berbagai trit bagus dari bung bhwqueen, warga forum sebelah juga (good teacher..) terlepas dari masalah pro kontra sama tritnya, tapi sebagian, ane rasa ada benarnya, ane ngelamin itu. no offense disini.

    dan 'ide2' lain dari para warrior marketing handal di forum ini, yang ga sempat ane sebutkan.

    conclusion:
    dengan programming bisa memangkas waktu yang tak perlu, di marketing dan SEO
    YANG PASTI dan terutama sangat bisa di scale up. dan bisa dijadikan FULLAUTO.

    ane bukan yang ahli didunia IM, pengasilan dari 8 blog (max min $600 - $400) juga masih terbilang kecil dengan para IMers sejati, fullauto 8 blog sudah total bersih di kurang lebih $6xxx perbln, belum lagi ditambah dengan pendapatan lain seperti: ppd ppa affilate dropshipper remote_klien. karena pikir ane, makin banyak mudah enak ngurusnya, mati satu masih ada satu yg ngebackup.

    ya tetap semangat yo gan. kalau udah kepalang nyemplung kelaut tapi ga tau berenang
    coba2 juga gerakkan tangan kaki dan kepala, jangan hanya tangan saja.. lagian agan sudah banyak 'kembung dan tersedak air, awas arus deras gan'. Hati2 tenggalam gan.
    selalu berusaha gan :gembira:
     
  20. bos kecil

    bos kecil Ads.id Starter

    Joined:
    Oct 28, 2008
    Messages:
    91
    Likes Received:
    0
    Semoga berjodoh dengan IM

    Sent from my m2 note using Tapatalk
     

Share This Page