1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Unnatural links dan penalty menurut Quality Guidlines Gugel :D

Discussion in 'SEO' started by dadada, Apr 8, 2014.

  1. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Mohon permisi bagi para mastah, mimin, momod, serta warga ads-id semuanya, mohon sekiranya sudi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman masing-masing sehubungan dengan tema dari trit ini. Jika ada kata atau kalimat yang tidak bisa diterima, mohon untuk diluruskan agar bisa memberikan manfaat yang terbaik.

    Sebelumnya ane beritahukan jika artikel ini translate dari : ___http://moz.com/ugc/what-is-an-unnatural-link-an-in-depth-look-at-the-google-quality-guidelines . Jadi, mungkin ane tidak bisa menjelaskan semua pertanyaan yang terkait dengan tema dari trit ini. Dengan demikian, Arahan dari trit ini hanya sebagai bahan untuk diskusi yang sehat - yang bertujuan untuk menghasilkan solusi yang bisa meminimalisasi kejadian drop visitor blog milik diantara kita - dengan mencoba untuk mengenali lebih banyak hal yang berhubungan dengan isu webspam dan unnatural links . :D

    ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

    "Setiap link dimaksudkan untuk memanipulasi PageRank atau peringkat situs dalam hasil pencarian Google dapat dianggap sebagai bagian dari skema link, dan pelanggaran Pedoman Webmaster Google."

    Jadi, setiap link yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan peringkat situs pada hasil mesin pencari Google adalah di dianggap tidak wajar. Untuk memahami mengapa hal ini bisa terjadi, mari kita lihat mengapa link yang penting di tempat pertama.

    Pada awal-awal sejarah mesin pencari didominasi oleh Alta Vista, Infoseek, Lycos dan Excite, yang menggunakan metode yang disebut dengan "Information Retrieval". Yaitu algoritma yang dibuat dalam rangka untuk menentukan dan menunjukkan hasil pencarian. Mereka menggunakan metrik, seperti melihat seberapa sering sebuah kata muncul pada halaman, dan adanya meta keyword. Namun algoritma awal mesin pencari ini seringkali memberikan hasil pencarian yang sangat tidak akurat.

    Singkat cerita, mucul-lah seorang mahasiswa ilmu komputer muda yang bernama Larry Page, dengan temuannya yang brilian untuk memperbaiki akurasi ini dengan menggunakan metode hyperlink. Situs-situs web awal terdiri dari sejumlah besar makalah akademik, dan seringkali mengutip artikel lainnya dalam bentuk hyperlink. Larry menyadari bahwa halaman yang dikutip lebih sering, dan kemungkinan besar halaman yang paling penting dari sebuah web. Dan kemudian ia mengembangkan sebuah sistem, di mana "seberapa pentingnya" sebuah halaman akan ditentukan oleh berapa banyak halaman berkualitas tinggi yang menautkan itu. Masing-masing dari link ini berfungsi sebagai semacam "suara" untuk sebuah situs. Sebuah situs dengan banyak kunjungan, terutama jika datang dari halaman yang terpercaya, maka peringkatnya akan semakin baik dalam hasil pencarian. Sistem ini kemudian yang kita kenal dengan PageRank.

    Namun algoritma Google saat ini jauh lebih rumit daripada sejarah awalnya, dimana link dulu "link" masih merupakan komponen penting dari algoritma. Tapi, apakah Anda menyadari, bahwa link sudah tidak bekerja sebagaimana dulu untuk digunakan meningkatkan peringkat situs Anda?. Tampaknya Google kini semakin baik dalam menentukan, apakah sebuah link adalah "editorial suara" yang benar untuk sebuah situs, atau itu hanyalah sebuah link buatan sendiri. Ini adalah keyakinan pribadi penulis, adalah bahwa banyak link buatan sendiri(unnatural link) yang dulu digunakan untuk membantu meningkatkan peringkat, sekarang ini sudah diabaikan oleh algoritma.

    Jadi mari kita kembali melihat kepada baris pertama dari skema link (link schemes) pada bagian Quality Guidlines. Kita sekarang bisa melihat, mengapa setiap link yang dibuat dengan tujuan untuk memanipulasi peringkat sebuah situs akan dianggap sebagai tidak wajar(unnatural). Hal ini karena link buatan sendiri bukanlah "suara" yang benar untuk situs Anda, sehingga tidak bisa diperhitungkan sebagai PageRank bagi situs Anda.

    Quality Guidelines yang memberikan contoh lebih spesifik tentang link yang dapat dianggap tidak wajar (Unnatural Links):


    Bertukar Link atau Tulisan yang Mengandung Links


    Sebagian besar dari link ini adalah contoh yang jelas dari unnatural link. Jika Saya menghubungi webmaster(pengelola sebuah situs), dan menawarkan uang agar bisa menaruh link di situsnya. Namun bagaimana cara mengetahui bahwa sebuah link berbayar adalah unnatural?. Mendapatkan link karena menyumbang sebuah organisasi, atau mendapatkan link di sebelah kanan halaman ber-PR tinggi dengan membayar $ 5 sebagai donasi untuk pengembang perangkat lunak - hal ini sangat jelas sebagai link berbayar dan tidak natural. Tapi bagaimana jika Anda hanya menyumbang sebuah tim liga kecil lokal, dan mereka berterima kasih dengan menautkan link kesitus perusahaan Anda?.. Maka yang ini adalah menyangkut soal motif dan skala. Jika Anda memiliki beberapa link yang seperti ini, mungkin akan baik-baik saja. Tapi, jika Anda mulai menggunakannya sebagai strategi, dengan cara menyumbang ke banyak tempat untuk sebuah link ke sponsor, maka Anda akan mendapatkan masalah. Pada saat ini, algoritma Penguin ini tidak akan mengenali atau mempengaruhi link seperti ini. Akan tetapi jika Anda pernah mendapatkan review manual dari anggota tim webspam, sejumlah besar link buatan sendiri seperti ini bisa menyumbang terhadap penalty dari segi "unnatural links".


    Bertukar Barang atau Jasa untuk Link Atau Mengirimi Seseorang dengan produk "Gratis", agar ia membuat tulisan tentang itu termasuk sebuah Link

    Mengirim sebuah produk gratis untuk blogger, dan meminta reviewnya adalah teknik yang telah banyak digunakan di masa lalu untuk mendapatkan sebuah link. Menurut Google, itu bukanlah link alami, karena termasuk yang diperoleh dengan menawarkan insentif. Penulis telah mengetahui beberapa contoh dari jenis skema tautan ini, yang mengarah ke penalty unnatural links. Kenapa?, karena kebanyakan blogger akan mengucapkan rasa terimakasih dengan menyertakan link yang lulus pagerank (dofollow).

    Jadi jika Anda mengikuti aturan dari buku google, maka jenis link seperti itu perlu nofollowed sehingga tidak lulus PageRank. Dan, seperti yang sudah disebutkan di awal artikel ini, link yang dibuat sendiri dengan tujuan meningkatkan PageRank sebuah situs adalah unnatural di mata Google.

    Pertukaran link yang berlebihan, atau halaman mitra eksklusif demi cross-linking.

    Kata-kata tentang halaman partner adalah sesuatu yang muncul dalam Quality Guidlines pada bulan Oktober 2012. Tak perlu ditulis lagi tentang apa itu pertukaran link :D

    Penulis menyatakan masih ok dengan memiliki beberapa link timbal balik, asalkan relevan atau nofollowed jika diinginkan.


    Artikel marketing skala besar atau postingan iklan/sponsor dengan anchor text yang kaya kata kunci

    Link scheme ini adalah baris yang baru saja ditambahkan pada bagian dalam Quallity Guidlines. Versi sebelumnya mengandung kata-kata berikut:

    "Link yang dimasukkan ke dalam artikel dengan sedikit koherensi, misalnya:

    Kebanyakan orang tidur di malam hari, dan Anda bisa membeli selimut murah di toko. Selimut membuat Anda hangat di malam hari. Anda juga dapat membeli pemanas ruangan digrosir. Ini akan menghasilkan kehangatan yang lebih baik, dan Anda bisa mematikannya di musim panas ketika Anda akan berlibur ke Perancis . "

    Sebagian besar dari kita mungkin akan setuju bahwa link seperti dalam contoh di atas adalah unnatural. Namun jumlah situs yang penulis kerjakan untuk membebaskannydari penalty memiliki banyak link yang berasal dari artikel yang tidak cukup sebagai jelas spam. Jika sebelumnya Anda telah menggunakan lebih banyak artikel marketing sebagai sumber link di masa lalu, Anda mungkin akan berada dalam kesulitan dengan algoritma Penguin dan mendapat penalty setelah mendapatkan review manual. Tapi, apakah Anda melihat bahwa guidlines bahkan tidak mengatakan artikel kualitas rendah? Mereka bahkan menyatakan "Guest Post" . Apakah ini berarti bahwa semua guest post bertentangan dengan quality guidlines? Menurut Matt Cutts, beberapa model guest post is ok:

    "Tulisan seperti itu bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan sebuah nama, untuk membangun reputasi, untuk membuat diri Anda lebih terkenal, berpotensi membangun link, atau lalu lintas atau membantu SEO Anda."

    Masalahnya adalah jika jumlah keseluruhan artikel yang disebarkan sebagai guset posting sebagian besar sama, disebarkan juga copynya melalui situs direktori artikel.

    Apakah ini berarti, bahwa guest post berkualitas tinggi is ok?. Quality Guidlines tidak membuat perbedaan antara tinggi atau rendah kualitas guest posting. Disana Hanya dikatakan bahwa link yang dibuat dengan jalan "guset Post" dalam skala besar dengan kata kunci yang banyak anchor teks bisa dianggap sebagai unnatural.

    Taktik membangun link sekala besar mungkin masih bisa bekerja baik, sampai situs menerima review manual yang disertai dengan penalti. Jika Anda hanya sesekali membuat artikel dipublikasikan di situs orang lain yang informatif dan bermanfaat bagi pembaca, maka Anda mungkin tidak akan memperoleh akibat dari kemarahan tim webspam. Pertanyaan yang jelas adalah "Berapa banyak yang dikatakan terlalu banyak?" Kapan Google mempertimbangkan taktik linkbuilding skala besar?. Penulis tidak tahu, atau siapa pun di luar Google tak akan tahu jawaban dari pertanyaan itu.


    ===>>
     
    Last edited: Apr 8, 2014
    aqassmu, mikailearn, be4rt and 3 others like this.
  2. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999

    Menggunakan program atau layanan otomatis untuk membuat link ke situs Anda

    Membayar untuk membangun ratusan link yang mengandung kata kunci utama sebagai anchor teks. Sebagian besar orang akan menggunakan software otomatis untuk membuat link, bisa dengan mengirimkan komentar spam atau menciptakan profil forum palsu.

    Siapapun mungkin sudah paham, bahwa mengirim ratusan KW dg anchor text keratusan direktori dalam sekejab adalah SPAM atau bisa dibilang unnatural links.

    Text Iklan yang lulus PageRank(Dofollow)


    Ini sangat mirip dengan link berbayar. Jika Anda memasang sebuah iklan untuk web Anda, maka pasangkan tag nofollow jika mengikuti quality guidlines.

    Menurut dictionary[dot]com advertorial adalah "sebuah surat kabr atau iklan teks yang mempromosikan produk pengiklan atau jasa atau titik khusus pandang, tapi menyerupai editorial dalam gaya dan tata letak." Link Advertorial digunakan untuk untuk membantu meningkatkan peringkat situs . Seringkali link advertorial ditempatkan pada situs-situs berita yang PR tinggi dengan pertukaran atau membayar. Jika Anda punya link seperti ini, maka harus nofollowed atau dihapus, jika Anda ingin berada dalam jalur buku panduan webmaster Google.

    Link dengan anchor text yang dioptimalkan dalam sebuah artikel atau press release yang didistribusikan di situs lain.


    Berikut ini adalah contoh jenis unnatural links yang diberikan Google :

    "Ada banyak cincin kawin di pasar. Jika Anda ingin memiliki pernikahan, Anda akan harus memilih cincin terbaik. Anda juga akan perlu membeli bunga dan gaun pengantin."

    Baru-baru ini Google telah menyatakan bahwa link dalam press release bisa melawan Quality Guidlines.


    Link dari Direktori situs atau situs bookmark berkualitas rendah

    Link jenis ini sangat jelas berkualitas rendah. Penulis telah bekerja dengan situs yang memiliki ribuan link direktori dan link bookmark kulitas rendah. Hubungan ini jelas hanya dibuat untuk mendapatkan sebuah link.

    Tapi kadang-kadang sulit untuk mengatakan di mana Google menarik garis antara link kualitas rendah dan link kualitas tinggi. Kebanyakan orang yang melakukan audit link setuju, bahwa link dalam dmoz.org merupakan link berkualitas karena Dmoz dikenal sebagai direktori dengan standar editorial yang tinggi. Sebuah link direktori Yellow Pages atau link Better Business Bureau mungkin baik-baik saja juga. Bagaimana jika ada direktori yang terkait erat dengan niche saya? Penulis telah mengetahui dan menyarankan bahwa daftar direktori akan diterima oleh Google asalkan sebuah site direktori memiliki proses editorial (yaitu pengiriman harus melalui proses review, dan direktori memiliki info kontak penuh yang dipublikasikan disitus). Namun Google tidak memberitahu kita, apa yang membuat sebuah direktori dikatakan rendah atau berkualitas tinggi.

    Jika Anda bisa jujur ​​dan mengatakan bahwa ini adalah link yang tidak dibuat dengan tujuan meningkatkan PR, maka itu mungkin link yang ok. Namun penulis menemukan bahwa sangat sulit untuk sebagian besar webmaster bisa bersikap objektif dengan keputusan ini. Sebagian besar membuat rasionalisasi terhadap unnatural link dengan mengatakan bahwa, web direktori yang ber-PR tinggi atau yang belum deindex adalah yang berkualitas tinggi.

    Link yang ditanam dalam sebuah widget yang didistribusikan di banyak situs

    Reka contoh:

    Widget ini dibuat oleh Raja SEO

    Katanya sih masih dalam perdebatan. Penulis hanya menyarankan hati-hati jika menggunakan KW dengan anchor tex.


    Link footer dari berbagai situs

    Biasanya link footer dilakukan oleh pengembang situs, atau template situs. Tapi jika link seperti ini dibuat sendiri, maka hal ini tidak benar-benar menjadi sebuah "suara" bagi situs Anda, karena itu dianggap sebagai iklan - Google mengatakan bahwa link jenis ini harus nofollowed. Google tidak menjelaskan apakah meletakkan sebuah link URL di footer web Anda bisa diterima, Misalnya seperti "Web desain oleh www[dot]examplewebdesign[dot]com", atau apakah mereka hanya peduli dengan link yang mengandung anchor text. Namun, John Mueller mengatakan pada videonya :

    Jadi jika Anda mengatakan " situs ini dirancang oleh www marketsharewebdesign com ", atau sesuatu seperti itu, maka itu adalah sesuatu yang umumnya bisa dikatakan ok. Dan dia juga mengatakan bahwa jika Anda tidak ingin melanggar Quality Guidlines, maka Anda bisa menggunakan tag nofollow.

    Forum komentar dengan link, posting atau signature

    Link seperti ini biasanya adalah contoh unnatural link yang jelas. Sekarang, jika Anda kebetulan telah menggunakan kata kunci sebagai link anchor text disignature forum sebelumnya, Anda tidak mungkin akan didatangi oleh polisi gugel. Tapi jika ini adalah metode yang Anda gunakan dalam skala luas, maka ini bisa berakibat memprihatinkan.

    Kesimpulan :

    Biasanya ketika kita membaca Quality Guidlines, pertanyaan yang banyak ditanyakan adalah , " Jika semua link ini dikatakan unnatural , maka apa jenis link yang bisa saya buat ? " Jika Anda ingin tetap sepenuhnya berada dalam buku pedoman Google, maka untuk menjawab pertanyaan ini adalah : fokus untuk membangun web yang bermanfaat, sehingga link masuk(inbound link) akan terbangun dengan sendirinya .

    Namun ini mungkin bukanlah sebuah tugas yang mudah . Saat ini penulis yakin bahwa hampir tidak mungkin untuk bisa bersaing tanpa harus melakukan beberapa bentuk unnatural links. Situs yang berada peringkat atas KW kompetitif seringkali adalah web yang melanggar quality guidlines, namun yang dilakukan dengan cara-cara yang pada saat ini tidak bisa dideteksi oleh google. Google baru saja meluncurkan update yang khusus dirancang untuk mengurangi efektivitas unnatural links, dan secara terus-menerus meningkatkan algoritma - khususnya algoritma Penguin yang bertujuan untuk mengurangi efektivitas self-made link. Lewatlah sudah hari-hari yang indah dulu, di mana ketika kita bisa dengan mudah memperoleh peringkat situs web terbaik dengan menciptakan sejumlah besar self made links.

    Penulis percaya bahwa kita akan melihat perubahan dramatis dalam industri ini untuk beberapa tahun ke depan. Sepertinya Google akan lebih baik lagi untuk menegakkan pedoman kualitas. SEO yang memiliki kecerdasan, dan berpikir kreatif untuk bisa menemukan cara untuk mempromosikan situs web secara alami akan menjadi permintaan yang sangat tinggi. Jika Anda memiliki keterampilan ini, pasti ada uang berlimpah yang akan bisa didapat.

    Translate dan rewrite dari sumber : __________http://moz.com/ugc/what-is-an-unnatural-link-an-in-depth-look-at-the-google-quality-guidelines

    Apa yang Anda pikirkan ?

    F.A.Q

    A: Ahhh, itu kan menurut quality guidlines Google, faktanya selama ini ane aman-aman saja membuat link sesuka ane, bahkan dapat peringkat baik,,

    Q : Alhamdullilah, semoga langgeng selamanya. Mungkin juga teknik membangun skema link Anda sangat baik, sehingga hewan piaraan goole tidak bisa mendeteksinya. Tapi ingat, jika benar-benar mendapat penurunan visitor mendadak, jangan mengeluh dimana-mana... :D :lol:

    Disclaimer:

    Beberapa kosakata bhs linggisnya ada yang tidak bisa saya translate dengan baik, sehingga saya harus menggantinya dengan kosakata bahasa indonesia yang mungkin masih terkait.

    Akhir kata, semoga tidak mumet membaca artikel yang panjaaaaang ini,,, :lol:
     
    Last edited: Apr 8, 2014
    aqassmu likes this.
  3. amild

    amild Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 29, 2012
    Messages:
    347
    Likes Received:
    71
    Location:
    Makassar
    Wah mantap translatenya berow... Sy suka dan mudah untuk dimengerti
     
  4. rawapesona

    rawapesona 10000USD/Month

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    4,863
    Likes Received:
    374
    Location:
    https://proreview.host
    kepanjangan om, bacanya pusing...
    coba di kasih rangkuman 'inti' aja dehh
     
  5. p3tir

    p3tir Super Hero

    Joined:
    Jan 3, 2013
    Messages:
    1,119
    Likes Received:
    84
    intinya nggak usah build backlink,
    kalo mau pejwan pasang iklan di Google :lol:
     
  6. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Buat baca-baca saja, daripada nganggur :D

    Ya, begitulah............. Tapi ane bikin artikel kan nggak hanya buat satu orang atau sekelompok orang saja, kan?...

    Kalau dibaca oleh mastah seperti agan, ya memang terkesan besar tapi tak berisi, atauhanya pepesan kosong :p . Sementara bagi newbi kayak ane atau yg lain, sudut pandangnya mungkin beda => biasanya pengen jelas-sejelas-jelasnya.

    Benar sekali : Unnatural links => link yang sengaja dibuat untuk memanipulasi rank => apapun bentuknya => dikatakan melanggar => sanksi => waiting list => fakta kah???? :lol:

    Mungkin intinya hanya itu saja sebenarnya,,, bisnis mau diapa-apain juga hasilnya sama saja, tetep saja ujung-ujungnya duit,,, :D ,,,
     
    maintangankiri likes this.
  7. bangcool

    bangcool Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 3, 2010
    Messages:
    440
    Likes Received:
    19
    Location:
    Ibkita.com
    Ada duit dibalik rules :D
    hayo2 pada pasang iklannya simbah biar aman sentausa web nya :p
     
  8. kevintaw

    kevintaw SEO Enthusiast

    Joined:
    Nov 19, 2011
    Messages:
    2,529
    Likes Received:
    1,695
    Complete banget gan :silau:
    Iya..sebagai tambahan, pasang blogroll dan blog comment di ratusan situs berkualitas rendah dengan minim konten juga termasuk backlink berkualitas rendah.
    Kalau untuk tukar link, mmg sudah lama mudah di deteksi footprintnya oleh google.
    Sekarang ane hanya boleh bulid backlinks dari situs authority aja, ga usah banyak yang penting berkualitas dan aman untuk long term
     
  9. maintangankiri

    maintangankiri Hero

    Joined:
    Aug 2, 2011
    Messages:
    564
    Likes Received:
    18
    NAH... kebukti nih kalo backlink dari social bookmark ga ada bagus2nya, malah dinilai negatif. Apalagi yg namanya sosbok link keluarnya pasti bejibun. Hayooo lhooo yg sering maen sosbok

    Dan kayaknya maen backlink skrg lebih aman kalo pake pbn kali ya. Biar pbn ga banyak2 krn mahal tapi kalo ditambah social signal yg gencar boleh jg tuh
     
  10. dudev

    dudev Super Hero

    Joined:
    Feb 13, 2013
    Messages:
    750
    Likes Received:
    20
    lumayan pegel juga bacanya :), btw nice info gan...
     
  11. SangAgkuh

    SangAgkuh Banned

    Joined:
    Aug 16, 2012
    Messages:
    679
    Likes Received:
    129
    Location:
    Babatan, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
    sama aja gan, pasang iklan di google juga unnatural link, soalnya kan bayar buat dapet.in peringkat yang bagus :lol:
     
  12. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Hayo, setuju sekali! , biar pendapatan pemain adsense kayak ane semakin meningkat :D

    Sementara ini, blogpost, PBN, dummy, mungkin yang paling ampuh untuk mengelabuhi robot gedhek simbah...Tergantung juga dg bagaimana tekniknya

    Penulis mengatakan, dia masih bingung menilai. Dan simbah sendiri masih kurang terperinci... Katanya juga "masih dengan catatan" . Namun Pada intinya, apapun yang dibuat sendiri adalah tidak natural,,,,, . Jadi tekniknya adalah, buat bagaimana caranya itu agar terlihat natural :entahlah:


    Nulis dan proses translatenya juga lumayan bikin pegel :lol:
     
  13. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Lakukan saja apapun caranya, toh pasti masih ada celah. Nggak ada buatan manusia yang sempurna, termasuk algoritma itu sendiri,,,

    Memang Dari dulu sih kalau SEO optimasi BL itu bertujuan untuk mengelabuhi Algoritma. Jadi Pada intinya, buat backlink sedemikian caranya, sehingga tidak bisa terdeteksi oleh si penguin. Itu saja! [​IMG] CMIIW

    Menurut pendapat penulis itu beda - yaitu tentang "lulus pagerank atau dofollow" . Dan link dalam bentuk apapun katanya aman jika dinofollow, karena hanya akan dianggap sebagai iklan dan tidak berpengaruh thd PR. Iklan dimanapun ya sudah jelas tidak natural - dan aman hanya jika dilink nofollow. Masak iya, beriklan di adsense bisa naikin PR atau jaminan pejwan,,,, kalau ini baru tahu ane,,,, :D soalnya blm nyoba

    Yang dianggap masalah adalah ketika link tsb dofollow, karena bisa dituduh unnatural atau hanya untuk memanipulasi PR. CMIIW
     
    Last edited: Apr 9, 2014
  14. nino-id

    nino-id Hero

    Joined:
    Oct 25, 2011
    Messages:
    588
    Likes Received:
    25
    kalo gitu banyakin konten aja. wkwkwk
     
  15. hansip89

    hansip89 Legend

    Joined:
    Sep 10, 2013
    Messages:
    837
    Likes Received:
    60
    Location:
    Saung
    Unnatural link?
    wah kayaknya makna nya banyak bgt nih.
    si Matt pernah bahas di blog pribadinya maslah guest post.
    kalau kita tahu trik nya sebenernya ok ok saja tuh buy link atau guest blog.
     
  16. opurisaju

    opurisaju Newbie

    Joined:
    Feb 11, 2014
    Messages:
    47
    Likes Received:
    0
    Location:
    Makassar Indonesia
    saya make jasa seo 2 kali dalam sebulan , itu natural gak linknya ?
     
  17. AsunaYuki

    AsunaYuki Super Hero

    Joined:
    Nov 29, 2012
    Messages:
    1,210
    Likes Received:
    139
    Location:
    Sumedang
    bingung juga, terutama masalah sosbok, , , , kalo menurut pandangan member2 lain gimana efektifitas sosbok, masih layak kah untuk submit2?
     
  18. Avelin666

    Avelin666 Hero

    Joined:
    Apr 25, 2013
    Messages:
    553
    Likes Received:
    23
    Location:
    127.0.0.1
    coba-coba dulu ah... lumayan buat masukan gan :D
    makasih udah share,

    kalau saya sih, ngga begitu terpaku sama aturan-aturan baru, dan ngga begitu perduli sama algoritma yang baru update.. puyeng soalnya dilarang ini itu, yang endingnya ngga bisa nyoba hal baru :hmm:
     
  19. panda23

    panda23 Ads.id Fan

    Joined:
    Sep 15, 2011
    Messages:
    183
    Likes Received:
    4
    Location:
    joglosemar
    hehehe... mayan pegel bacanya, tapi isinya seru, kalo menurut ane yang penting isi artikelnya original, tanpa backlink bisa akan lebih aman, walau kerasa lama banget buat ada di papan 100 besarnya si mbah :D keep action, thanks sharing nya
     
  20. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Itu juga bagus Gan,,,

    Boleh, tapi dengan catatan kayaknya :D

    Nggak tahu juga ya gan?,, Kalau selama ini baik-baik saja, kenapa tidak?.. :D

    Dirampingin saja resikonya, misalnya hanya pilih sosbok yang punya PR, atau kuantitasnya dibikin wajar.... Kalau ane sendiri, nggak perduli apa kata artikel diatas. Kalau memang harus kena penalty, ya bikin blog baru lagi :D

    Sebaiknya memang dapat pengetahuan dari pengalaman sendiri. Lakukan saja aktifitas seperti biasanya, toh jika ada baik atau buruknya nanti akan tau dg sendirinya. Siapa yang tahu, jika semua yg ane translate itu hanyalah gertakan sambal google belaka :lol:

    Faktanya, tanpa BL memang lama banget bisa dapat visitor. Semakin tinggi resikonya, biasanya semakin tinggi pula incomenya,,,
    Yg penting bagaimana caranya agar BL yg dikasih tidak bisa terdeteksi sebagai unnatural,,,,
     

Share This Page