1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[SHARE] Cara mengatur keuangan buat bisnis modal kecil

Discussion in 'Bisnis Umum' started by SillyGodDisco, Jun 11, 2019.

  1. SillyGodDisco

    SillyGodDisco AdSense Fan

    Joined:
    Dec 12, 2013
    Messages:
    177
    Likes Received:
    8
    Location:
    Jakarta
    Halo para mastah!

    Tentunya, punya bisnis merupakan mimpi semua orang. Mau kecil, gede, yang penting bisa menghasilkan uang sendiri tanpa perlu kerja untuk orang lain :cerutu:

    Dalam menjalankan bisnis, ada berbagai macam tantangan yang dihadapi seperti, mengatur keuangan. Bisa dibilang, keuangan menjadi faktor penting yang menentukan keberlangsungan bisnis seseorang.

    Jika keuangannya baik maka,bisnis berjalan lancar dan bisa berkembang. Jika berjalan buruk maka, bisnisnya tersendat dan terancam bangkrut. Karena itu, kita harus tahu cara-cara yang tepat untuk mengatur keuangan terutama bagi para pebisnis yang baru saja memulai bisnis mereka dengan membuat bisnis modal kecil, berikut cara-caranya.

    Pisahkan uang untuk pribadi dan bisnis

    Perlu diketahui, para pebisnis perlu membedakan uang untuk pribadi dan bisnis. Hal ini perlu dilakukan agar mereka bisa mengecek keuangan mereka dan juga membedakan masalah hutang yang ada di bisnis atau pribadi mereka.

    Untuk hal ini, kalian bisa membuat rekening baik untuk pribadi atau bisnis. Bukan itu saja, buatlah kartu kredit terpisah antara bisnis dan pribadi agar tidak terperangkap utang.

    Buat perencanaan keuangan

    Seorang pebisnis yang baik punya perencanaan keuangan yang baik pula. Karena itu, buatlah perencanaan keuangan yang terdiri dari berbagai macam hal yang ingin dilakukan. Mulai dari membeli barang-barang yang diperlukan untuk keperluan bisnis, setelah itu mulailah menghitung laba dan rugi agar kalian bisa melihat hal-hal yang perlu dihindari untuk menghindari kerugian.

    Simpan uang untuk mengembangkan bisnis dan dana darurat

    Sisihkan uang untuk keperluan pengembangan bisnis dan dana darurat agar bisnis kamu maju dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Pantau terus arus keuangan

    Dengan memantau terus keuangan bisnis kamu, kamu bisa melihat akan masalah-masalah yang terjadi dan perlu segera dibereskan. Masalah ini memang sangat penting karena perlu segera dibenahi agar tidak merembet dan memberikan efek kepada banyak hal di bisnis.

    Gunakan aplikasi untuk mengatur keuangan

    Kemajuan zaman mendorong munculnya berbagai macam aplikasi keuangan sehingga, kalian bisa memilih aplikasi terbaik yang benar-benar pas bagi kalian.

    Sumber: https://www.paper.id/blog/tips-dan-nasihat-umkm/mengatur-keuangan-bisnis-modal-kecil/
     
    crazy likes this.

Share This Page