1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Mindset] Mengapa memilih Google Adsense

Discussion in 'Adsense Basics' started by roeltw, Aug 16, 2010.

  1. roeltw

    roeltw Super Hero

    Joined:
    May 7, 2009
    Messages:
    1,657
    Likes Received:
    733
    Location:
    wow-o.com
    Cuman pengin ngeluarin unek2 di kepala aja sebelum tidur… (moga gk ikutan enek ya sob, hehe.. :D)

    Ada banyak orang bertanya, kenapa sih memilih google adsense sebagai salah satu sumber pendapatan, bahkan jadi yang utama? Kan gak gampang? So why..? kata om thukul :D

    Menurut ane sih, ini tergantung MINDSET setiap orang. Beda kepala, kadang beda MINDSET, katanya. Tapi MINDSET bisa ditularkan kok…. Itu semacam sugesti, kata para ahli dan motivator.

    Btw, MINDSET itu apaan sih? Ya itu, MINDSET = Pola Pikir. Pola pikir yang ane maksud disini adalah pola pikir tentang cara bagaimana kita mendapatkan penghasilan. Artinya, cara kita mencari sumber mata pencarian untuk menghasilkan uang.

    Sebagai referensinya, ane ambil potongan cerita di buku The Cashflow Quadrant, yang barusan ane baca ulang lagi. Berikut kisahnya dengan sedikit dramatisasi (hehe :D):

    Kisah Pipo, si manusia pipa.

    Saat itu tahun 1801. Pada sebuah lembah di Italia. Pada zaman dahulu kala, begitu kisah ini dimulai, ada dua orang saudara sepupu yg tinggal di tempat itu. Keduanya dikenal punya semangat dan ambisi yg kuat untuk menggapai kemajuan. Yang pertama bernama Pipo, yang kedua bernama Embro. Keduanya tinggal dalam rumah yg berdampingan di desa kecil dalam lembah itu.

    Keduanya sering berkhayal, suatu saat nanti mereka akan menjadi orang yang paling kaya di desa itu. Mereka berdua sama-sama cemerlang dan sangat tekun dalam bekerja. Yang mereka perlukan hanyalah kesempatan utk mewujudkan impian itu.

    Pada suatu hari, kesempatan itu muncul secara tiba-tiba. Kepala desa disitu memutuskan mempekerjakan mereka utk membawa air dari sungai yg terletak di pinggir desa, ke tempat penampungan air yg terletak di tengah desa tsb. Intinya, pekerjaan itu dipercayakan kepada Pipo dan Embro.

    Singkat cerita, keduanya langsung membawa dua buah ember dan segera menuju ke sungai. Sepanjang siang keduanya mengangkut air dengan ember. Menjelang sore, tempat penampungan air sudah penuh sampai ke permukaan. Kepala desa menggaji keduanya berdasar jumlah ember air yg masing-masing mereka bawa. Begitu pekerjaan itu di lakukan setiap hari selama beberapa waktu.

    “Wow, apa yg kita cita-citakan selama ini akan terkabul!” teriak Embro gembira. “Rasanya sulit dipercaya, kita mendapatkan penghasilan sebanyak ini”.

    Namun, Pipo tidak berhenti sampai disitu saja. Dia tidak yakin begitu saja. Setiap pulang ke rumah, Pipo merasakan punggungnya nyeri semua. Kedua telapak tangannya juga lecet-lecet. Begitu pagi tiba, perasaannya jadi kecut karena harus pergi bekerja. Tidak ingin punggung dan tangannya bermasalah lagi, Pipo justru berpikir keras mencari akal bagaimana caranya mengangkut air dari sungai ke desa tanpa harus terluka. Tanpa harus menanggung rasa nyeri di punggung. Tanpa melakukan hal itu semur hidupnya!

    “Embro, aku punya rencana,” kata Pablo keesokan harinya. “Daripada kita mondar-mandir setiap hari membawa ember ke sungai dan hanya mendapatkan beberapa sen per hari, mengapa tidak sekalian saja kita membangun pipa saluran air dari sungai ke desa kita.”

    Embro langsung menghentikan langkahnya dengan tiba-tiba. “Saluran pipa air! Ide dari mana itu!” kata Bruno tegas. “Kita kan sudah mempunyai pekerjaan yg sangat bagus dan menghasilkan uang dengan mudah, Pipo. Aku bisa membawa seratus ember sehari. Dengan upah satu sen per ember, berarti penghasilan kita bisa satu dolar per hari! Aku akan menjadi orang kaya. Dan ini berarti pada setiap akhir minggu aku bisa membeli sepasang sepatu baru. Pada setiap akhir bulan, aku bisa membeli seekor sapi. Setelah enam bulan kemudian, aku bisa membangun sebuah rumah kecil. Kau melihat, tidak ada pekerjaan semenguntungkan mengangkut air di desa ini. Lagipula, pada setiap akhir minggu kita mendapat libur. Setiap akhir tahun kita juga mendapat cuti dua minggu dengan gaji penuh. Kita akan hidup dengan sangat layak, dilihat dari sudut manapun. Jadi, buang jauh-jauh idemu utk membangun saluran pipa airmu itu.”

    Tapi Pipo tidak putus asa. Dia tetap bersikukuh pada idenya itu. Dengan sabar dia menerangkan bagaimana proses membangun pipa salurannya itu kepada sahabatnya. Embro tak beranjak sedikitpun dengan tawaran Pipo.

    Akhirnya, Pipo memutuskan utk bekerja paruh waktu saja. Dia tetap bekerja mengangkuti ember-ember itu. Sementara sisa waktunya, ditambah libur akhir minggunya, dia pakai utk membangun saluran pipanya itu.

    ----

    Sejak awal melakukan pekerjaannya ini, Pipo telah menyadari akan sangat sulit membangun saluran pipa itu dari sungai ke desanya. Menggali di tanah keras yg mengandung banyak batu jelas tak kalah menyakitkannya dengan luka lecet dan punggung nyeri karena mengangkut air.

    Pipo juga menyadari, karena upah yang dia terima sekarang berdasarkan jumlah ember yang diangkutnya, maka penghasilannyapun secara otomatis menurun. Dia juga sudah sangat paham bahwa dibutuhkan waktu satu atau dua tahun sebelum saluran pipanya itu bisa berfungsi seperti yg dia harapkan.

    Namun, Pipo tak pernah kendur dengan keyakinannya. Dia tahu persis akan impian dan cita-citanya. Sebab itu dia terus bekerja tanpa kenal lelah.

    Kini, pemandangan kontras mulai tampak diantara kedua sahabat itu. Sementara Embro asyik berbaring santai di hammock (tempat tidur gantung berupa jaring) pada sore hari, pada akhir minggu, Pipo tampak terus berlelehan keringat menggali saluran pipanya. Pada bulan-bulan awal, Pipo memang tak menunjukkan hasil apapun dari usahanya. Tampak betul bahwa pekerjaannya sangat berat. Bahkan jauh lebih berat dari pekerjaan yg dilakukan Embro. Selain harus tetap bekerja pada akhir minggu, Pipo juga bekerja di malam hari.

    Tapi Pipo selalu mengingatkan pada diri sendiri bahwa cita-cita masa depan itu sesungguhnya dibangun berdasarkan pada perjuangan yg dilakukan hari ini. Dari hari ke hari dia terus menggali. Mili demi mili, senti demi senti!

    Pepatah yg selalu diingat Pipo adalah, sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Dia selalu bersenandung setiap mengayunkan cangkulnya ke tanah yg mengandung batu karang. Dari satu centimeter, menjadi dua centi meter, sepuluh centi meter, satu meter, duapuluh meter, seratus meter, dan seterusnya….

    Dan, Pipo mulai melihat hasil kerja kerasnya… meski belum maksimal…

    “Fokuslah pada imbalan yg akan kau peroleh dari pekerjaanmu”. Kata-kata itu terus diingat Pipo, dan dia ulang-ulang setiap akan pergi tidur. Fokus, fokus,fokus…. Imbalannya pasti jauh lebih besar….

    ----

    Hari berganti minggu, minggu berganti bulan. Dan pada suatu hari, Pipo menyadari saluran pipanya sudah tampak setengah jadi.

    Setiap saat beristirahat, Pipo menyaksikan sahabatnya Embro yg terus saja mengangkat ember-ember. Bahu Embro juga tampak semakin lama semakin membungkuk. Dia tampak menyeringai kesakitan, meski sering berusaha dia sembunyikan. Langkahnya juga semakin lamban, akibat kerja keras setiap hari.

    Akhirnya, terjadi juga kegemparan di desa itu. Saat bahagia Pipo pun tiba. Saluran yg dia bangun sudah selesai. Hampir semua orang desa berkumpul saat air mulai mengalir dari saluran pipanya menuju ke penampungan air di desa. Sekarang, desa itu sudah bisa mendapat pasokan air bersih secara tetap. Bahkan penduduk desa yg sebelumnya tinggal agak jauh dari tempat itu kemudian pindah mencari tempat yg lebih dekat dengan sumber air itu.

    Setelah saluran pipa itu selesai, Pipo tidak perlu lagi membawa-bawa ember. Airnya akan terus mengalir, baik dia sedang bekerja maupun tidak. Air itu terus mengalir, baik dia sedang bekerja maupun tidak. Air itu terus mengalir, baik saat dia makan, tidur ataupun bermain-main. Air itu tetap mengalir di akhir minggu ketika dia menikmati banyak permainan. Semakin banyak air yg mengalir ke desa, semakin banyak pula uang yg mengalir ke kantung Pipo.

    Pipo yg tadinya terkenal dengan julukan Pipo si Manusia Pipa, kini menjadi lebih terkenal dengan sebutan Pipo si Manusia Ajaib. Tetapi, Pipo paham sekali apa yg sesungguhnya dia capai bukanlah sebuah keajaiban. Ini semua sebenarnya barulah langkah awal dari suatu pencapaian cita-cita yg besar. Memang benar, nyatanya Pipo mempunyai rencana yg jauh lebih besar daripada apa yg sudah dihasilkan di desanya.

    ----

    Tahun demi tahun pun berlalu. Pipo sudah lama pensiun. Usaha saluran pipa-nya yg mendunia terus-menerus mengalirkan ratusan juta dollar per tahun ke rekening-rekening bank dia. Ketika ia jalan-jalan di desa, kadang-kadang ia melihat beberapa orang pemuda. Mereka tampak sibuk mengangkuti air dengan ember, dan hal itu mengingatkannya pada masa dimana ia pernah juga menjadi pengangkut ember yang sama seperti mereka….

    END

    Jadi, siapakah diri kita? Seorang pembawa ember? Ataukah seorang pembangun saluran pipa?

    Apakah kita hanya mendapat uang, upah, gaji, atau apapun namanya, hanya jika kita datang ke tempat kerja, dan bekerja? Seperti yang dilakukan Embro, si pengangkut ember?

    Ataukah kita adalah seorang yg hanya beberapa kali saja melakukan sesuatu untuk beberapa waktu, dan kemudian mendapatkan penghasilan yang akan mengalir secara terus-menerus, seperti yang diperoleh Pipo, si pembangun saluran pipa?

    Ibarat saluran pipa, blog and sites are the pipes, jaringan blog/sites anda adalah saluran pipa yang sedang anda bangun...

    That’s it brader, unek2 tengah malam di malam ramadhan… Semoga menjadi penyemangat buat para pembangun saluran pipa! :semangat!:
     
  2. nizma

    nizma Super Hero

    Joined:
    Mar 9, 2009
    Messages:
    4,097
    Likes Received:
    334
    mantabs om ceritana, jadi keinget sesuatu :)
     
  3. virtarich

    virtarich Super Hero

    Joined:
    Feb 17, 2010
    Messages:
    1,572
    Likes Received:
    2,324
    Location:
    theme-id.com
    wah ane setuju Bro , Robert TK salah satu literatur buku yang saya Gemari , selain TDW , Mario Teguh , Antoni Robin
    Ajarin Ane Ya Sob

    Adsense dalam pemikiran saya di awal adalah bisa menjadi saluran pipa rezeki ane yang akan mengalir walaupun ane tidur

    nah Karena Ane Juga masih baru berangkat , jadi ya ane Membangun jaringan pipa , dan bawa ember juga ( berhubung makan ane gak bisa ditunda Sob :senyum: )
     
  4. uptoyou

    uptoyou Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 22, 2010
    Messages:
    222
    Likes Received:
    0
    Location:
    bdg-suburb
    soalnya wktu pertama kali ngeblog ane tau nya adsense doank,, itu jg dri temen :D
     
  5. jemblunk

    jemblunk Super Hero

    Joined:
    Sep 7, 2007
    Messages:
    4,315
    Likes Received:
    184
    Location:
    my sweet home
    Ane Lupa kapan baca cerita di atas ada kalo nga salah 3 tahun yang lalu dan dari cerita di atas motivasi nya luar biasa buat ane..

    mantab tu TS kalo bisa di share sekalian tu ebook nya kalo bukan barang yang di jual :hmm:

    ane dah ilang dari harddisk ane :senyum:
    bagus buat motivasi cerita nya
     
  6. 2mk

    2mk Super Hero

    Joined:
    May 12, 2007
    Messages:
    1,156
    Likes Received:
    88
    Location:
    Between Sentinel & Scourge
    Cerita bagus, mengingatkan jaman dulu
     
  7. aleydoank

    aleydoank Super Hero

    Joined:
    Jun 6, 2009
    Messages:
    1,897
    Likes Received:
    43
    Location:
    Bandung
    tulisan ini menginspirasi kita untuk menjadi seorang usahawan, tidak hanya ada di bawah orang, tapi harus bangkit dan menjadi pioner seperti google,,
    [eh ada yang udah baca google success story belum?.. ane udah]

    sempet nangis juga,, (wadaw, cengeng,, ) tapi motivasinya bagus bro--

    --
    mereka mampu dengan kemampuan mereka,, begitu juga kita yang yakin akan diri kita, majulah!!
     
  8. yasirli

    yasirli Super Hero

    Joined:
    Aug 11, 2008
    Messages:
    2,622
    Likes Received:
    741
    Location:
    Indonesia
    mantep, klo ane masih bingung and belum sanggup buat berdiri sendiri ...so masih tetap setia jadi kuli :D
     
  9. blogywalker

    blogywalker Super Hero

    Joined:
    May 30, 2010
    Messages:
    1,033
    Likes Received:
    39
    Location:
    disini
    waw dongeng sebelum tidurnya mantafff
    jadi lebih semangat nih :semangat!:
     
  10. joestatic

    joestatic Super Hero

    Joined:
    Nov 2, 2009
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    163
    Location:
    on Monitor Butut
    masa depan itu sesungguhnya dibangun berdasarkan pada perjuangan yg dilakukan hari ini sangat menarik! Rate ***** terjun diadsense, karena apa ya :hmm: Work Suck!, Pergi Pagi Pulang Petang Penghasilan Pas Pas-an (monotonius, kentinyuius, absurdititatius dan us us us), lagi nyoba fokus, mudah2an diberikan kemudahan sama yang punya langit, similar story Who Move my Cheese di youtube ada pidionya, Thanks TS, sudah bikin kita kita semangat :senyum:
     
  11. bjaya

    bjaya Super Hero

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    972
    Likes Received:
    16
    Location:
    Giri Gisik
    menikmati petuah cerita motivasi yg pernah dibaca dulu namun sampe skarang blm kesampaian jadi kenyataan.. huaaah dah ngantuk tidur dolo bentar ntar bangun lagi buat sahur..
     
  12. moffey

    moffey Super Hero

    Joined:
    Mar 28, 2010
    Messages:
    3,207
    Likes Received:
    577
    Location:
    Jakarta
    :lol::lol: Jadi semangat terus nih menjalankan ibadah puasanya ... Cerita TS makin menambah elmu dan inspirasi, mulai bulan besok ane mau jualan ember,pipa dan kreditan panci ah ,Cheers :kiss::kiss:
     
  13. ryan031209

    ryan031209 Newbie

    Joined:
    Aug 11, 2010
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Betul betul betul...:gembira:
     
  14. mooven

    mooven Hero

    Joined:
    Oct 3, 2009
    Messages:
    654
    Likes Received:
    33
    Location:
    Soerabaia - Lamongan
    ane baca sambil update blog, keren ceritana.
    Ane jg kepikiran kek gtuu sbenarnya,bro. kLo ngandelin qta yang update blog tiap ari rasana ngga jauh beda ama kuLinya Google. Pake robot2an tau sndiri resikonya. Dr dulu ane kepikiran mo bikin situs Social Networking cma masih binun mulainya dr mana dan sudah pasti butuh budget yang gede bangetz. Ane tetep bersyukur dengan semua rezeki yang diberikan Tuhan saat ini. Tp buat pencapaian, ane masih belum puas. Minimal harus bisa merangkul Google kalo emang belom sanggup melawannya. hehehe :senyum:
     
  15. ibnu andhika

    ibnu andhika Banned

    Joined:
    May 30, 2008
    Messages:
    7,644
    Likes Received:
    632
    Location:
    Tempat Tenang dan Nyaman
    jujur saja kenapa saya memilih adsense karena merasa tertantang sekali apabila melihat orang lain sukses sehingga dalam hati walaupun bertahun-tahun belajar sampai sekarang juga masih belajar tetapi semua perjuangan itu terbayar dengan kenikmatan yang sudah dihasilkan sekarang , jadi inget masa-masa di bilang aneh sama teman kuliah dulu :lol: curhat deh :nangis: semoga saja nanti banyak ilmu bisnis online lainnya yang bisa di gali terus dan membuat banyak pipa yang mengalirkan sumber rejeki :gembira:
     
  16. si3mon

    si3mon Ads.id Pro

    Joined:
    Jan 16, 2010
    Messages:
    383
    Likes Received:
    8
    wuih.....sangat menginspirasi ceritanya bro, yang susah adalah untuk tetep fokus karena kita gampang sekali untuk kehilangan fokus:senyum:
     
  17. cutlem2009

    cutlem2009 Super Hero

    Joined:
    Nov 30, 2009
    Messages:
    3,578
    Likes Received:
    713
    Sangat inspiratif om .. Terima kasih atas sharingnya :kembang:

    Be Focus Be Your Self

    Saat ini masih fokus PTR .. Newbie belum menjamah Adsense secara serius ..
    Hingga akhir tahun 2010 .. Target $350 / day dari PTR .. semoga tercapai ..
    Newbie mohon doa para master sekalian .. :malaikat:

    Update:
    Ane ingin menjadi si Embro yang bekerja tiap hari mengangkat air .. uang yang dihasilkan dikumpulkan .. hingga sanggup untuk menggaji karyawan untuk melakukan pekerjaan si Pipo membangun pipa air menuju ke desa :)
     
    Last edited: Aug 16, 2010
  18. ahyan80

    ahyan80 Super Hero

    Joined:
    Apr 3, 2010
    Messages:
    1,178
    Likes Received:
    118
    Location:
    Sulawesi Selatan
    Mantap jg inspirasinya bro

    Gua masih belajar, belajar dan terus belajar

    Baru beli pipa 2 batang..heheheheh

    Hidup Pipo...!!
     
  19. newbieinadsense

    newbieinadsense Super Hero

    Joined:
    Sep 30, 2009
    Messages:
    3,296
    Likes Received:
    62
    Location:
    NGALAMRAYA
    just say thanks gan, bisa memotivasi n mikir jangka panjang kedepan,, ane juga baru mulai belajar adsense lagi setelah yg dulu dibanned..

    semoga diberi kemudahan,,
     
  20. bangzenk

    bangzenk Super Hero

    Joined:
    Dec 24, 2007
    Messages:
    4,508
    Likes Received:
    2,579
    Location:
    WebDijual.com
    duh, ane kok ngerasa jadi si Embro.. :nangis2:
     

Share This Page