1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

4 Cara untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan di Media Sosial Anda

Discussion in 'Diskusi Umum Internet Marketing' started by nadia_subiz, Mar 29, 2016.

  1. nadia_subiz

    nadia_subiz Newbie

    Joined:
    Nov 20, 2015
    Messages:
    35
    Likes Received:
    6
    Para pelanggan menggunakan saluran publik yang praktis seperti Facebook dan Twitter untuk memberikan umpan balik, didengarkan oleh perusahaan, dan menyampaikan keluhan mereka mengenai suatu produk. Seiring perilaku konsumen berkembang dengan adanya teknologi baru, bisnis-bisnis juga harus berkembang. Setiap departemen layanan pelanggan harus menyesuaikan diri dan tidak hanya hadir di media sosial tetapi juga tetap aktif dan memainkan peran penting di platform sosial.


    Latar belakang mengenai layanan pelanggan di media sosial


    Sebelum kita membahas tentang strategi untuk meningkatkan pelayanan pelanggan sosial Anda, marilah kita melihat bagaimana pelanggan menilai media sosial saat ini. Zendesk telah menemukan bahwa pelanggan tidak hanya menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan suatu produk atau perusahaan, tetapi mereka juga mengharapkan hasil atau tanggapan yang lebih cepat dari perusahaan-perusahaan itu.




    • 20% dari konsumen menggunakan media sosial setidaknya sekali untuk layanan pelanggan
    • 83% dari konsumen itu mengharapkan tanggapan di Twitter pada hari yang sama
    • 51% dari konsumen itu mengharapkan tanggapan di Facebook pada hari yang sama

    Sayangnya, berdasarkan Sprout Social Index, perusahaan gagal mengikuti semua perkembangan interaksi inbound ini.



    • Perusahaan telah melihat peningkatan pesan inbound sebesar 32%.
    • 8 dari 9 pesan yang membutuhkan jawaban dan dikirimkan ke halaman sosial perusahaan tidak terjawab.

    Kita melihat bahwa mayoritas dari pertanyaan dan keluhan pelanggan di media sosial tidak terjawab. Bahkan, pesan-pesan yang dikirimkan pun ditanggapi dalam waktu yang cukup lama.


    4 cara untuk meningkatkan layanan pelanggan sosial Anda


    Jika banyak perusahaan gagal memberikan layanan pelanggan sosial yang bagus, Anda mempunyai peluang nyata untuk memanfaatkannya dan membangun loyalitas pelanggan dengan meningkatkan pelayanan. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan layanan pelanggan sosial Anda.


    1. Tanggapilah pesan inbound


    Hal terpenting yang bisa Anda lakukan adalah menanggapi pelanggan yang secara aktif mencoba mencari tahu tentang produk atau layanan Anda. Pesan yang “terabaikan” di halaman sosial Anda tidak hanya membuat pelanggan merasa tidak didengarkan, tetapi itu juga menunjukkan bahwa Anda tidak peduli dengan layanan pelanggan.


    [​IMG]


    Contoh:


    Saat seseorang mempunyai pengalaman yang buruk dengan perusahaan sandwich, tim media sosial Jimmy John dengan cepat menanggapinya dan mengubah pengalaman yang buruk menjadi interaksi yang positif. Pelanggan itu bahkan menandai tanggapan perusahaan itu sebagai “Favorit”.


    2. Carilah mention tentang merek yang tidak menge-tag halaman Anda


    Tidak semua orang yang menyebutkan perusahaan Anda di media sosial akan menge-tag Anda dalam tulisan mereka. Malahan, kebanyakan orang tidak akan menge-tag halaman Anda dan mengasumsikan bahwa Anda tidak akan melihat komentar mereka. Itulah alasan Anda harus memantau setiap jaringan untuk menemukan peluang itu dan mencari percakapan yang bisa Anda tanggapi.


    [​IMG]


    Contoh:


    Jimmy John telah menemukan kesempatan yang sempurna untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membantu mengenalkan produk mereka. Meskipun halaman sosial mereka tidak di-tag secara khusus, mereka menemukan pesan ini dan memberikan tanggapan yang luar biasa.


    Menanggapi pesan pelanggan di sosial menunjukkan bahwa Anda peduli. Jadi, menanggapi pesan dalam beberapa detik dapat menghasilkan pelanggan yang loyal.


    3. Tugaskan tim Anda di media sosial


    Kecuali jika Anda adalah satu-satunya orang yang bekerja di perusahaan Anda, mungkin ada beberapa orang yang bisa membantu Anda mengurangi beban layanan pelanggan di media sosial. Saat Anda memantau media sosial mengenai pertanyaan pelanggan yang membutuhkan jawaban, perhatikan jika departemen yang lain bisa membantu berinteraksi.



    • Bagian SDM dapat menanggapi pencari kerja.
    • Bagian R&D dapat menanggapi saran tentang produk.
    • Bagian penjualan dapat menanggapi pengunjung yang tertarik membeli.

    Pastikan saja Anda sudah menugaskan orang yang tepat untuk menanggapi setiap pesan. Tidak bagus jika ada 2 tanggapan untuk satu pesan, tetapi lebih buruk kalau Anda tidak menanggapi sama sekali. Cobalah menggunakan tool yang memanfaatkan kolaborasi tim.


    4. Gunakan tool yang tepat untuk membantu Anda


    [​IMG]


    Melacak pertanyaan para pelanggan melalui berbagai media sosial, jaringan, dan departemen adalah pekerjaan yang sulit. Jadi, mungkin lebih baik untuk menggunakan beberapa tool untuk membantu Anda mengelola semua komunikasi. Tool manajemen media sosial dapat membantu Anda memaksimalkan interaksi sosial Anda. Perangkat lunak layanan pelanggan juga dapat mengintegrasikan email dan chat.

    Baca artikel lainnya di subiz.com/blog/id ya :)
     
  2. Rappin

    Rappin Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 23, 2016
    Messages:
    194
    Likes Received:
    6
    Location:
    Bandung
    Share yang bermanfaat gan. terima kasih telah berkenan sharing :D
     
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Hero

    Joined:
    Oct 15, 2014
    Messages:
    650
    Likes Received:
    19
    Thanks sharenya gan, sangat bermanfaat
     
  4. Ggihprayogo

    Ggihprayogo Ads.id Fan

    Joined:
    Jan 12, 2016
    Messages:
    122
    Likes Received:
    10
    Location:
    yogyakarta
    wiiihhh makasih pencerahaan nya gan
     
  5. bed_boy

    bed_boy Twitter ADDICT

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    2,055
    Likes Received:
    132
    Location:
    Jogjakarta
    waktu masih di tim perusahaan, sprout social memang membantu sekali. Sangat bahkan. Hanya saja, banyak perusahaan gak ngasih tim sosmed dengan jumlah orang yg cukup, akhirnya keteteran deh nanggepi banyaknya yg komplen.
     
  6. Supplier Pakaian

    Supplier Pakaian Newbie

    Joined:
    Apr 21, 2016
    Messages:
    15
    Likes Received:
    1
    thanks 4 sharing
     
  7. irfanimovick

    irfanimovick Super Hero

    Joined:
    May 10, 2009
    Messages:
    1,193
    Likes Received:
    54
    Location:
    di dieu
    betul terkadang bagi perusahaan kecil terkendala antara SDM dan fast respon
    makanya solusi terbaik adalah freelance atau menghire, tapi ya itu harus dhtung2 mau tidak
    mengeluarkan investasi demi sebuah layanan yg optimla
     
  8. ikki92

    ikki92 Ads.id Starter

    Joined:
    May 6, 2016
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Harus fast respon y Gan??? :hmm:
    Ok deh...Thanks y Gan
    Bemanfaat bgt ilmunya buat Ane
     

Share This Page