1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[WTA]Mau tanya Seputar VPS di Ramnode

Discussion in 'Hosting & Domain' started by Phonecompi, Aug 16, 2015.

Tags:
  1. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    856
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan
    Malem agan2. Mau Tanya soal VPS di RamNode. Ane mau host 7 blog. 1 blog trafik 2k, 1 blog trafik 1k, 1blog trafik 500uv, lainnya masih minim visitor. Seluruhnya blog Indonesia.

    Trus ane mau buat juga 1 lagi blog Inggris, niche Home Design. Kalo Home Design tau sendiri kan, butuh memori lebih buat gambarnya. Soalnya 1 posting gambarnya bisa 12-20 biji, dan resolusinya tinggi semua, ukuran gambarnya tentu juga gak kecil. Pertanyaan ane:


    1. Bagusan mana ya Ramnode sama Digital Ocean sesuai kebutuhan blog ane diatas?
    2. Terus ane kurang ngerti soal beberapa spesifikasi paket di Ramnode. Apa beda paket yang ane tandain merah ya? Harga sama, tapi kenapa paket “OpenVZ SSD-Cached” memori alias storage lebih besar dari “OpenVZ SSD” ya? Bagus mana “OpenVZ SSD-Cached” sama “OpenVZ SSD”?
    3. “Vswap” itu artinya apa ya? Buat apa?
    4. Rencana ane mo ambil server Singapore. Karena blog ane Indonesia, tapi ada rencana bikin blog Inggris, makannya ane ambil server Singapura biar cepat diakses di Amerika sama Indonesia. Pertanyaanya, server Singapura kode yang mana? ATL atau SEA?
    5. Kalo pake VPS unmanaged, kalo cuma dipake buat ngeblog (posting aja) apakah mungkin bisa bikin error VPS-nya (misalnya, sewaktu-waktu kejadian)? Soalnya ane awam banget. Kalo tiba2 error (missal: blog gak bisa di akses), mbenerinnya harus make jasa di ads.id. Ini bisa lama prosesnya (nunggu sellernya online).

    Ane pengennya beli managed VPS di knownhost, karena masih awam sama per-VPS-an. Tapi karena lumayan mahal sampe Rp 4 jutaan, ane belum sanggup dananya. Sementara ini ane mo pake jasa managed VPS member Ads.id dulu.

    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 16, 2015
  2. hardinalz

    hardinalz Super Hero

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    2,395
    Likes Received:
    1,420
    Location:
    /var/www/html
    Agustusan nih, ane mau coba bantu, udah lama ga sharing.

    Malem agan2. Mau Tanya soal VPS di RamNode. Ane mau host 7 blog. 1 blog trafik 2k, 1 blog trafik 1k, 1blog trafik 500uv, lainnya masih minim visitor. Seluruhnya blog Indonesia.

    VPS dengan RAM 1GB sudah sangat cukup untuk nampung kriteria web di atas.

    Trus ane mau buat juga 1 lagi blog Inggris, niche Home Design. Kalo Home Design tau sendiri kan, butuh memori lebih buat gambarnya. Soalnya 1 posting gambarnya bisa 12-20 biji, dan resolusinya tinggi semua, ukuran gambarnya tentu juga gak kecil.

    Tidak ngaruh mas, gambar tidak ada hub dengan memori RAM. Memori akan habis jika visitor banyak sehingga server banyak ngeladeni request query ke MySQL + PHP. Untuk lebih meringankan pake Nginx.

    Pertanyaan ane:

    Bagusan mana ya Ramnode sama Digital Ocean sesuai kebutuhan blog ane diatas?


    Tergantung Budget, kalo agan bisa ngeluarin budget min $10 per month, saya pilih Ramnode, meskipun lokasi server tidak ada pilihan Singapura, ngga apa-apa. Karena memori lebih besar, SSD lebih besar, tentu performa jadi lebih bagus. Coba cek blog Mba Indri yang ini _http://juragancipir.com/ server beliau di US, pengunjung sudah pasti rame (lihat Alexa rank), mostly come from Indonesia.

    Terus ane kurang ngerti soal beberapa spesifikasi paket di Ramnode. Apa beda paket yang ane tandain merah ya? Harga sama, tapi kenapa paket “OpenVZ SSD-Cached” memori alias storage lebih besar dari “OpenVZ SSD” ya? Bagus mana “OpenVZ SSD-Cached” sama “OpenVZ SSD”?

    Bagus yang SSD. SSD itu Hardisk nya ibarat FlashDisk, jadi perangkatnya bener2 murni tanpe motor penggerak. Kalo SSD Cached ngga begitu tau, karena saya ngga mau cari tahu, toh saya lebih prefer pure SSD. Ada harga ada rupa, meskpun harga sama, SSD ukurannya lebih kecil karena kalau ukurannya disamain dengan SSD Cached harga yang murni SSD pasti akan naik.

    “Vswap” itu artinya apa ya? Buat apa?

    Memori itu semacam meja komputer agan, ada laptop ada ada gelas buat minum, ada HP, casan, asbak, dll. Lalu tmn agan ngasih agan hadiah printer, printer itu agan simpen di meja tadi, alhasil, meja tambah sumpek. Karena agan tidak memperkirakan akan dikasih hadiah printer, agan pun tidak menyiapkan meja khusu printer. Sebagai menja darurat yang bersifat temporer, agan ambil kursi dari ruang makan, dan si printer disimpen di situ. Nah kursi sementara itulah dinamkan Vswap. Itu semacam memori virtual untuk mengurangi beban server, aplikasi yang kekurangan memori akan dilayani dari VSwap.

    Rencana ane mo ambil server Singapore. Karena blog ane Indonesia, tapi ada rencana bikin blog Inggris, makannya ane ambil server Singapura biar cepat diakses di Amerika sama Indonesia. Pertanyaanya, server Singapura kode yang mana? ATL atau SEA?

    Seperti penjelasan di atas, Ramnode tidak memiliki server di Singapura (CMIIW). ATL = ATLANTA, SEA = SEATLE

    Kalo pake VPS unmanaged, kalo cuma dipake buat ngeblog (posting aja) apakah mungkin bisa bikin error VPS-nya (misalnya, sewaktu-waktu kejadian)? Soalnya ane awam banget. Kalo tiba2 error (missal: blog gak bisa di akses), mbenerinnya harus make jasa di ads.id. Ini bisa lama prosesnya (nunggu sellernya online). Ane pengennya beli managed VPS di knownhost, karena masih awam sama per-VPS-an. Tapi karena lumayan mahal sampe Rp 4 jutaan, ane belum sanggup dananya. Sementara ini ane mo pake jasa managed VPS member Ads.id dulu.

    Error bisa saja terjadi. Hire orang, Ide bagus. Banyak seller di sini yg kompeten. Kalau mau saya bantuin, silahkan kirim PM nanti saya setupin, sekalian saya bantuin pindah, GRATIS, mungpung Agustusan. Kalau mau belajar bisa baca panduan saya di sini: _https://www.hardinal.com/blog/kupas-tuntas-cara-hosting-situs-di-unmanaged-vps/
     
    Last edited: Aug 17, 2015
    marlif, tokotua, rbdhewa and 2 others like this.
  3. benpinter

    benpinter Super Hero

    Joined:
    Dec 28, 2009
    Messages:
    817
    Likes Received:
    78
    Location:
    dihatimu :p
    ane bantu jawab2 gan


    1. Bagusan mana ya Ramnode sama Digital Ocean sesuai kebutuhan blog ane diatas? saya pribadi memakai keduanya, untuk blog produktif lebih suka DigitalOcean.
    2. Terus ane kurang ngerti soal beberapa spesifikasi paket di Ramnode. Apa beda paket yang ane tandain merah ya? Harga sama, tapi kenapa paket “OpenVZ SSD-Cached” memori alias storage lebih besar dari “OpenVZ SSD” ya? Bagus mana “OpenVZ SSD-Cached” sama “OpenVZ SSD”? baca disini _https://clientarea.ramnode.com/knowledgebase.php?action=displayarticle&id=39
    3. “Vswap” itu artinya apa ya? Buat apa? _wiki.openvz.org/VSwap
    4. Rencana ane mo ambil server Singapore. Karena blog ane Indonesia, tapi ada rencana bikin blog Inggris, makannya ane ambil server Singapura biar cepat diakses di Amerika sama Indonesia. Pertanyaanya, server Singapura kode yang mana? ATL atau SEA? ATL=atlanta, SEA=seatle. keduanya USA. ramnode gk ada dc singapore
    5. Kalo pake VPS unmanaged, kalo cuma dipake buat ngeblog (posting aja) apakah mungkin bisa bikin error VPS-nya (misalnya, sewaktu-waktu kejadian)? Soalnya ane awam banget. Kalo tiba2 error (missal: blog gak bisa di akses), mbenerinnya harus make jasa di ads.id. Ini bisa lama prosesnya (nunggu sellernya online). bisa banget. unmanaged tidak disarankan untuk pemula apalagi buat blog yang produktif. belajar dulu sampe sekira paham

    sekian :komunis:
     
  4. Senin

    Senin Newbie

    Joined:
    Aug 16, 2015
    Messages:
    40
    Likes Received:
    1
    Location:
    Jakarta
    1.Rasanya DigitalOcean bro, Karena Model nya udah "Coud"
    2.https://clientarea.ramnode.com/knowledgebase.php?action=displayarticle&id=39
    3.vSwap ya? Itu Memory Tambahan bro, Jadi kalau Memory Utamanya (Guaranteed) Udah Full Ampe Lampu merah, Maka vSwap itu akan Maju.
    4.Ramnode tidak menyediakan Singapore Bro, Tapi kalau masih mau nyoba USA , Bisa Coba di Seattle. Tapi kalau masih ngengen banget ama SG, Silahkan DigitalOcean :)
    5.Menurut ane, Orang yang ada Niat Belajar, Pasti Bisa. Jangan Semua mengandalakan Provider, Kasian juga providernya :D . Ntar kalau Provider angkat tangan ? sedangkan kita gk mau belajar tentang VPS atau Dunia Hosting? mau apa?
     
  5. Phonecompi

    Phonecompi Super Hero

    Joined:
    Apr 18, 2010
    Messages:
    856
    Likes Received:
    290
    Location:
    Medan
    Thanks sharingnya bro. Jelas dan mendetail. mungkin ada salah paham sama penyebutan "Memori" di pertanyaan ane. Ane maksudnya penyimpanan internal. Kalo di hape misalnya memori penyimpanannya (internal/eksternal). Tapi mas nya mungkin ngeh-nya di RAM. Gak salah juga, soalnya di dunia PC, RAM itu lebih sering disebut dengan memori. sementara di Hape RAM itu ya disebut dengan RAM, "memori itu sebutan untuk penyimpanannya (baik internal maupun eksternal/microSD)


    Thanks jgua bro, walo ane harus pake google translate mbacanya dan rada gak ngerti sama penjelasan mbah Google Translate :D

    Masalahya ane bukan gak mau belajar, tapi blog nya yang mau di urus terlalu banyak jadi ane gak sempet belajar bro. Ini make unmanaged juga buat sementara aja, ane kedepannya mau make managed VPS. Cuma modal gak cukup :D
     
  6. zenkul

    zenkul Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 8, 2011
    Messages:
    113
    Likes Received:
    35
    jangan yg openvz, mending KVM atau Xen
    vultr juga bagus
    saya pribadi lebih suka prometeus xen (dallas) __prometeus.net/site/special-offers.php
    -----
    BTW, manage sendiri mudah kok, belajar sebentar pasti bisa
     
    Last edited: Aug 19, 2015
  7. ansharas

    ansharas Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 19, 2007
    Messages:
    151
    Likes Received:
    3
    Location:
    Makassar
    kl boleh saran mending pake reseller hosting aja dulu mas kl visitor masih dibawah 10 rb an. Hemat biaya n gak pusing urus vps. Ntar kalo visitor sudah banyak baru gunakan vps. Satu vps untuk satu domain.

    Sent from my ASUS_T00N using Tapatalk
     
  8. tokotua

    tokotua Super Hero

    Joined:
    Oct 11, 2012
    Messages:
    2,190
    Likes Received:
    150
    Ikutan belajar ama pm boleh gan :D

    Sent from my SM-T705 using Tapatalk
     

Share This Page