1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Jangan Takut Buat Artikel BAHASA INGGRIS!!!

Discussion in 'Chit Chat' started by gustu290990, Sep 21, 2014.

  1. gustu290990

    gustu290990 Hero

    Joined:
    Nov 28, 2010
    Messages:
    685
    Likes Received:
    31
    Location:
    isla de paradise
    Ane udah join di forum ini dari 2010 tapi belom pernah share tips n trik buat kawan2… :komunis: Baiklah, kali ini ane mw coba share trik buat belajar bikin artikel bahasa inggris. Tidak ada maksud menggurui, cuman ingin berbagi apa yang ane tahu. Kurang lebihnya, mohon dimaafkan. :malaikat:

    Oke, kita mulai saja. Ngomong-ngomong soal artikel bahasa, ane yakin banyak blogger yang enggan bikin blog bule karena terkendala bahasa. Mungkin merasa kurang jago di grammar atau semacamnya. Yang ane tangkep artikel di blog-blog bule g semuanya perfect lho secara grammar. Bahkan banyak ane lihat artikel hasil spin2an yang ga readable sama sekali tapi di atas bawah ada iklan PPCnya. Klo kenyataannya gitu, berarti mereka yang ga jago bahasa inggris ada niat buat jajal peruntungan dengan blog English. Ane yakin banyak dari agan yang udah punya basic bahasa inggris, tinggal serius mengasah aja.

    Berikut ini adalah beberapa masalah yang sering kita temui saat pengen belajar buat artikel bahasa inggris:


    1. Grammar: coba lihat di Yahoo answer, ketik keyword “poor grammar”, bakalan keluar pertanyaan yang intinya berisi keluhan mengapa banyak native speaker yang pake grammar semau_gue. Nah, ada sisi positif yang bisa kita petik dari sini. Kalau native aja ga terlalu ribet soal grammar dan g takut bikin kesalahan, kenapa kita harus takut salah? Solusinya jangan takut menulis artikel hanya karena takut grammar salah. Pelajari basic2nya saja dulu. Artikel yang dipublish di blog2 bahasa inggris biasanya pakai 3 grammar dasar, yaitu simple past (Verb 2), simple present ( V1 + s/es), dan simple future (will / shall / is are going to + V1). Variasi grammar lain2nya dipake juga tapi jarang. Tipsnya, pahami grammar2 dasar ini, terus latihan dengan membaca artikel2 bahasa inggris.
    2. Kosakata: ini juga yang mungkin jadi kendala buat non native. Bahasa inggris punya banyak kosakata. Bagi yang baru-baru menekuni bahasa inggris, saat baca artikel luar, pasti banyak ketemu kosakata baru. Saking banyaknya, mengartikan kalimat per kalimat bisa memakan waktu lama. Ini salah satu yang bikin kita malas melanjutkan belajar bahasa inggris. Belum lagi kosakata baru yang dihafalkan gampang lupa kalo ga sering dipergunakan. Tipsnya, jangan menyerah, kosakata baru akan selalu muncul!! Solusi untuk mengingatnya adalah membuat catatan pribadi, bisa wordpress, excel, dll. Jadi saat baca artikel inggris, catet kosakata mana yang ga paham artinya dan kopas di dokumen. Jangan lupa catat juga tanggalnya, misalnya tanggal 1 dapet 10 kosakata baru, tanggal 2 15 kosakata baru, dsb. Sebaiknya jangan lebih dari 20 kosakata baru perhari. Kenapa? Biar ga gampang lupa. Contohnya sbb:
    20 september

    1. sends jitters : membuat gelisah
    2. on behalf of :atas nama
    3. hurdles : kesulitan
    4. antecedents : benda atau orang dulu
    21 september

    1. recast : merombak
    2. eschewing : menghindari
    3. lengthy hours : berlama-lama
    4. permutations : perubahan urutan
    5. sparingly : dengan hemat
    6. a luring place : tempat yang memikat
    7. breezeway : selasar, bangunan di rumah
    8. in a nutshell : in a few words / dalam beberapa kata saja
    9. indomitable : gigih

    dan seterusnya.....

    Hafal kosakata baru itu tiap hari sambil berimajinasi. Misal kita dapet kosakata baru itu dari artikel bertema home, jadi coba sambungkan kosakata baru itu sama artikel yang dibaca tadi. Cara ini bisa bikin kita ingat kosakata baru tersebut lebih kuat. Coba aja!!


    1. Kalimat yang ga nyambung: ini menurut ane juga salah satu masalah yang sangat umum dan bikin frustasi orang yang baru belajar bahasa inggris. Misal kita ketemu kalimat gini: “….. will take the world by storm….” Atau “throw caution to the wind” atau “early bird catches the worm” atau “what goes around, comes back around”. Kalimat pertama apakah artinya: akan mengambil bumi dengan petir? Terus kalimat berikutnya, melemparkan perhatian ke udara? Burung pertama menangkap cacing? Apa yang pergi berkeliling, datang berkeliling? Buukaaaaaaaan…. Semua kalimat di atas adalah idiom dan ini sangat sering muncul di artikel luar. Di blog berita atau blog pribadi berbahasa inggris, frase-frase ini sering muncul. Berikut adalah arti dari idiom2 yang disebut diatas:


    • take the world by storm: menciptakan kehebohan di seluruh dunia / dimana-mana
    • throw caution to the wind: mengambil resiko
    • early bird catches the worm: sukses datang pada mereka yang bertindak cepat
    • what goes around, comes back around: apa yang ditanam, itu yang dituai

    Maknanya agak beda kan? Memang sperti itu cara kerja idiom. Mereka tidak bisa diartikan kata per kata. Harus digabungkan semua baru membentuk sebuah makna. Nah tipsnya, kalo kita ketemu deretan kalimat yang artinya aneh dan ga nyambung sama artikel, ada kemungkinan itu idiom. Cari artinya di google terus simpen di daftar kosakata baru seperti pada tips sebelumnya.

    Nah,,, smoga tips2 diatas bisa sedikit banyak membantu kalian yang ingin belajar buat artikel berbahasa inggris…. Intinya: JANGAN TAKUT BUAT ARTIKEL BAHASA INGGRIS… Yang posting artikel spin2an aja berani!???…… :D

    Pokoknya semangat dan jangan takut salah. :semangat!:
     
  2. dheen

    dheen I'm a Trendsetter

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    1,843
    Likes Received:
    248
    Location:
    ePenulis.Com
    Dilanjutkan terus mas.. Sharing nya.. Biar nggak jadi Twenty Nine is My age :p
     
  3. aminelhan

    aminelhan DigitalOcean Fan

    Joined:
    Mar 16, 2011
    Messages:
    1,588
    Likes Received:
    49
    Location:
    DKI Jakarta
    Lebih baik salah mengambil keputusan daripada salah tidak mengambil keputusan :D

    Cocok nih threadnya, Thanks gaan
     
  4. 4roka

    4roka Super Hero

    Joined:
    Mar 9, 2012
    Messages:
    1,110
    Likes Received:
    49
    Location:
    demak
    klo nginget bahasa inggris itu harus frasenya ya.?
    semangat wat belajar lagi
     
  5. theadam31

    theadam31 Ads.id Starter

    Joined:
    Aug 4, 2014
    Messages:
    55
    Likes Received:
    1
    Location:
    Batang
    Wah makasih nih ilmunya
    Dtunggu share ilmu yg bermanfaat lainnys
     
  6. Deny_Ir

    Deny_Ir Super Hero

    Joined:
    Jul 16, 2013
    Messages:
    1,082
    Likes Received:
    60
    Location:
    denyirwanto.COM
    sip2, ditunggu bimbingan bhs inggrinsy gan. share ilmmu2nya.. :)
     
  7. gustu290990

    gustu290990 Hero

    Joined:
    Nov 28, 2010
    Messages:
    685
    Likes Received:
    31
    Location:
    isla de paradise
    twenty nine is my age... twenty one inch is my TV... :)) ok mastah....

    setuju gan... gpp salah di awal, yang penting benar di akhir, daripada takut salah akhirnya g pernah tahu yang benar.....

    iya gan... karena ada banyak ungkapan yang ditulis dalam kelompok kata, misalnya "you need to put some thought into". Itu artinya memikirkan... kalo diartikan perkata justru ambigu. Masa meletakkan beberapa pikiran?

    contoh lainnya.... "...tried to knock him off" yang artinya membunuh atau menjatuhkan... beda lagi dengan kalimat "it is a knockoff" yang artinya tiruan. Contoh lain "She already has that under her belt".. belt disini maksudnya bukan sabuk... kalo diartikan perkata memang sabuk, tapi frase ini dipakai untuk menunjukkan sesuatu yang dimiliki oleh seseorang.

    berikutnya "it can't come in contact with" artinya bersentuhan... keempat kata ini memiliki makna utuh setelah digabung walaupun setiap kata punya makna tersendiri...

    Contoh lainnya "It has luxury written all over it"... Frase ini ga ada hubungan sama sekali sama tulis-menulis, tapi dy kiasan.... written all over it itu biasanya dipakai untuk mempertegas kata sifat didepannya... misalnya "it has disaster written all over it", "this product has safety written all over it", "the idea has controversy written all over it"...

    Kyk gtu lho gan... Masih banyak kata atau frase yang maknanya ambigu, makanya lebih baik mencari dulu arti frase2 penting dari suatu kalimat, baru dicari arti secara keseluruhan, biar kita benar mengintepretasikan makna yang ingin disampaikan.

    siap gan....

    siap gan.. :D
     
  8. dheen

    dheen I'm a Trendsetter

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    1,843
    Likes Received:
    248
    Location:
    ePenulis.Com
    Dimana aku bisa dapatkan listnya mas ? Ada rekomendasi mungkin ? Aku pikir kalau dijadikan ebook. Banyak yang butuh. Bukan mau ngajakin bisnis. Tapi untuk mempersingkat waktu, saya pikir worthed banget.
     
  9. gustu290990

    gustu290990 Hero

    Joined:
    Nov 28, 2010
    Messages:
    685
    Likes Received:
    31
    Location:
    isla de paradise
    list idiom gan?

    ini website yang paling lengkap setahu ane:

    hxxp://idioms.thefreedictionary.com
    hxxp://www.urbandictionary.com

    cari aja disana,,, idiom apa aja pasti ketemu... :D

    rekomendasi lainnya

    hxxp://www.idiomsite.com
    hxxp://www.talkenglish.com/Speaking/listIdioms.aspx
    hxxp://www.awesome-idioms.com
    hxxp://www.idiomconnection.com/mostfrequent.html

    banyak thu disana gan idiom umum yang sering dipakai di artikel... untuk frase2 di luar idiom kyk "put some effort into", "take into consideration", "put you at risk", "put you in jeopardy", "do wonders", "do a good favor", dll itu bisa dilatih dengan banyak baca artikel gan... lama2 pasti ingat terus...
     
    Last edited: Sep 22, 2014
  10. Agus Pian

    Agus Pian Blogger Super Ngeraos

    Joined:
    Apr 19, 2013
    Messages:
    3,355
    Likes Received:
    130
    Location:
    NTB
    Manteb,,, Langsung ke TKP
     
  11. gustu290990

    gustu290990 Hero

    Joined:
    Nov 28, 2010
    Messages:
    685
    Likes Received:
    31
    Location:
    isla de paradise
    monggo gan.... :D

    yang penting baca terus, frase2 spesial dan idiom sering muncul di artikel2... klo itu paham, konten artikel pasti bisa dipahami seutuhnya tanpa ada salah persepsi.....

    di bawah ini ane ambil screenshot salah satu artikel inggris dari authority site.... bisa dilihat klo pemakaian frase dan idiom cukup banyak...

    sumber artikel: hxxp://www.dailydot.com/technology/nostalgia-sony-walkman

    [​IMG]
     
    Last edited: Sep 22, 2014
  12. slasherz

    slasherz Newbie

    Joined:
    Jul 7, 2014
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Kalo kite ngandelin gugeltrenslet pasti bulenya ketawaketiwi ya gan
     
  13. ryadhiprasetya

    ryadhiprasetya Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 20, 2014
    Messages:
    285
    Likes Received:
    11
    Location:
    Namex
    puyeng ane bacanya mas, haha
    mungkin lebih pas klo kursus beberapa bulan biar bener dulu basiknya
     
  14. bya_kuya

    bya_kuya Ads.id Starter

    Joined:
    May 1, 2013
    Messages:
    65
    Likes Received:
    3
    Location:
    Jakarta
    wah tq gan sharenya, segera meluncur ke tkp..
     
  15. suksesbersama

    suksesbersama Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    803
    Likes Received:
    31
    ane tiap hari dicaci maki komentator youtube dichannel ane,karena grammar yg berantakan :D...tapi yg komentar tetap ratusan dan alhamdulillah tetap jadi duit :D,karena video blogger masih bisa dimengerti dan diambil pointnya,klo artikel mesti jelas dan rapi
    dan ya ane sedang memperbaiki gramar ane yg acak-acakan,terimakasih gan atas tipsnya yg sangat bermanfaat...
     
  16. devprolabs

    devprolabs Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 2, 2014
    Messages:
    480
    Likes Received:
    14
    Location:
    Jakarta
    Oh gitu.. pantess aja ya. ane sering bingung..

    kadang ada jg yg suka nulis : rather, somewhat.. kinda. dan ternyata memiliki arti yg sama " AGAK "
     
  17. Otongdotcom

    Otongdotcom Social Media Optimization

    Joined:
    Oct 5, 2013
    Messages:
    1,938
    Likes Received:
    205
    Location:
    Kabupaten Cirebon Sebelah Rumahnya Mang Jabrud
    keren gn infonya thanks banget.
     
  18. sumerta

    sumerta Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 28, 2012
    Messages:
    362
    Likes Received:
    7
    Location:
    Nusa Dua
    ijin bookmark gan
     
  19. GoodFather

    GoodFather Newbie

    Joined:
    Jun 21, 2015
    Messages:
    21
    Likes Received:
    1
    Yeah, someone just unlocked the door....Love it....Nice share brada...keep sharing and you know you'll get much more...thanks and good luck....
     
  20. sathreea

    sathreea Super Hero

    Joined:
    Jun 13, 2011
    Messages:
    7,719
    Likes Received:
    1,001
    Location:
    Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
    wah belajar bahasa inggris ane disini ^_^
     

Share This Page