1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Hidup dengan $10k +/- perbulan ala DotA Player hampir tanpa 90% SEO.

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by artasena, May 30, 2015.

  1. artasena

    artasena Ads.id Starter

    Joined:
    Jun 16, 2013
    Messages:
    77
    Likes Received:
    113
    Location:
    Jakarta, Netherland, France, Lombok
    My poet : I hate Screen Shoot, Why So Serious Son!

    Disini ane mau berbagi pengalaman ane jadi Adsenser sejak tahun 2005 hingga sekarang dengan UV 8000k/hari dari 400 blog aktif, ane berasal dari Indonesia Timur, tepatnya di NTB (Lombok), kini bolak-balik Eropa-Jakarta-Lombo, dan ane sedihnya ane cuman tamatan SMA, udah gitu jurusan IPS pula hehehe...

    Ane kenal komputer dari sejak kelas 3 SD, tinggal dilingkungan keluarga arsitek, membuat ane menjadi disiplin dalam hal karya cipta, soalnya bokap ane selalu pesan, "Semua orang pada awalnya itu replikator, jika Tuhan berkehendak dia dapat berubah menjadi creator (pencipta), karena itu hargailah karya cipta orang lain". Nah singkat cerita, berawal dari situlah gan, sisi psikologis ane terpatri ampe sekarang, jadi kalau mau buat sesuatu, ane berusaha agar menjadi creator pada akhirnya.

    Nah hubungannya dengan penghasilan dari dunia online apa ? Nah disinilah sisi bodohnya gan, ane ngeblog sejak tahun 2003, semua hal ane tulis, dari puisi, tutorial, cerita pendek, berita dll, dan itu semua ane buat tanpa memperdulikan aspek SEO, walhasil dari ngeblog sejak tahun 2003 total blog yang ane buat di blogspot sudah mencapai 800 lebih.

    Strike to the point,mungkin ini adalah cara bagaimana ane alhamdulillah bisa dapat $10k +/- perbulan sambil tidur.


    1. Less Promo, dari dulu ane gak pernah promosiin blog blog yang ane buat (tahun 2003 hingga sekarang), soalnya ane percaya pada kata-kata bokap ane, dia pernah bilang begini (waktu itu ane masih umur 14 tahun), katanya : "Orang hanya akan mencari apa yang diperlukan, dan dia akan berusaha sampai dia mendapatkannya", buat anak seperti ane , kata-kata itu terdengar sangat logis buat ane, misal : anak-anak seumuran ane waktu itu lagi pada demennya lagu-lagu cinta (lagu galau dls), mereka bakal nyari apapun pada hal apapun buat ngedapetin yang mereka inginkan.

      Oleh karena itu ane jadi blogger yang passive promosi, karena ane percaya, kalau kontent yang ane buat bakal dicari oleh mereka diluar sana. (Sounds creepy isn't it). :)

      Dan mindset inilah yang hingga sekarang mengantarkan ane bisa seperti sekarang ini, soalnya ane selalu yakin setiap hari Search Engine selalu cerdas dalam memilih konten yang asli untuk ditampilkan.
    2. Focus Keyword, nah focus keyword yang ane maksud disini lebih kepada menulis kontent yang sedang trend, ane selalu fokus buat artikel hingga 100 artikel pada issue-issue yang lagi trend dan berkembang. Ane tau cara ini terbilang capek, apalagi dengan content yang dibuat semua total serba manual. Misal dulu lagi ngetrend-ngetrendnya "Nokia 3100", nah ane buat dah artikel berbeda tentang Nokia 3100.

      Nah soal yang satu ini ane menerapkan disiplin waktu seperti ini :
      Senin ---> Buat 100 artikel tentang konten yang diincar, jumlah 30 kata per artikel. (Hanya teks).
      Selasa s.d Jum'at ---> Isi image per artikel, semua imagenya sama, namun beda nama imagenya (soalnya ane percaya dengan teknik ini GoogleBot), akan melihat revisi artikel kita sebagai konten yang unik.

      Sabtu s.d Minggu ---> Ane perbaiki struktur penulisan, mulai dari huruf besar kecil, titik dan koma (dan lagi-lagi inceran ane adalah Google Bot Crawl).

      Total waktu setiap jadwal adalah 9 jam per jadwal, diluar itu ane fokus makan, ibadah, travelling, dan DotA.
    3. Blogspot & Live Journal Platform (Not Private Domain), dari dulu ane gak pernah ngeluarin duit gan, selain buat internetan doang, maklum ane juga seorang gamer yang lebih ngutamakan ongkos ngegame ketimbang blogging. Ane gak pernah peduli apa kata temen-temen yang sealiran sama ane soal ini, yach walaupun pada akhirnya yang nyumpahin ane gk bakal maju, jadi gak luntang-lantung gitu gan hidupnya.
    4. Anti Copy Paste, dalam setiap konten yang ane buat, ane selalu memberikan copyright dari mana source sumber berasal gan, terutama image, bahkan hingga ane hari ini ane selalu berkirim ticket support tentang hal ini ke Google, (sempet ditawarin kerja di Google), karena concernnya ane soal copyright. Jadi walaupun konten yang ane buat ada material dari web orang lain, ane selalu kasih penjelasan ke google, via support system mereka, soal hal ini, dan alhamdulillah, bisa menjadi white publisher di Double Click.
    5. Fokus Usaha, dari sejak SMP ane suka banget dunia security, writing, dan SEO, namun khusus untuk SEO ane sama sekali gak nerapin aspek SEO dalam setiap blog-blog penghasil dollar yang ane punya, sekali lagi, ini ada hubungannya dengan alasan dari point ke "1". Dimana ane akan mati-matian meraih target dalam setiap pekerjaan.
    6. Tidak Serakah, platform online income ane cuman 2 gan, yaitu Adsense dan DoubleClick, ane tidak pernah begitu tertarik sama materi, selain bersenang-senang di dunia DotA (gak pernah pro), sebagian penghasilan ane investasikan kedalam Logam Mulia gan (emas), jadi kelak anak cucu ane bisa memanfaatkannya untuk masa depan.
    7. Non Asia Geo Targeting, sejak dari dulu konten yang ane buat, ane arahkan bukan buat indonesia (asia), karena ane paham tingkat kemajemukan media online di indonesia selalu sama saja (sami mawon kiri kanan), karena hal inilah ane bisa survive dengan blog-blog ane sampai sekarang, dengan sedikitnya kompetitor. Sedikit bonus buat agan-agan Ads.id , geo targeting ane adalah Jerman.
    8. Professional, saat ini profesi ane adalah Freelance SEO Auditor dan Google Data Seeker, kerjaan ane adalah mengaudit web client dari sisi SEO pihak ke-3 yaitu ane sendiri, dimana pengerjaan SEO dilakukan oleh pihak ke-2, sedangkan untuk Google Data Seeker, ane menjadi freelance dari agent-agent SEO di Eropa yang memerlukan keahlian ane dalam mencari data-data tertentu (leaks report, skandal, arsip rahasia dll), salah satu agent yang pernah memakai Jasa ane adalah BuzzSumo[dot]com startup thread spread social content yang memberikan data analisa penyebaran suatu konten.

      Bicara soal professional walau hidup ane sebagai anak DotA (ane bangga jadi DotA Player), ane selalu professional dalam menangani setiap artikel yang ane buat, fokus utamanya bukan soal kerapian konten, tapi bagaimana caranya walau artikel konten acak adut, tapi terlihat SEO dimata Search Engine. Karena ane sadar, yang ane hadapi lebih utama ke mesin (search engine), bukan manusia.

      Mungkin beberapa adsenser disini dapat melihat tentang kemampuan ane dalam melihat issue global yang ane angkat dari kubur bahkan tanpa orang lain sendiri sadar (baca : OctoPay Paypal).
    9. Stay White Hat Inside, Grey Hat Inside Outside,. ane akui kalau ane psycho, tapi ane masih ingat Tuhan. Bingung kan ? ane selalu berusaha gan diluar sana berkumpul di jaringan TOR dengan banyak orang, berusaha agar setiap bisnis online disetiap bangsa dan bendera yang mereka emban, agar tidak didepak dari Search Engine. Susah buat ane ngejelasinnya. intinya mohon dipahami sendiri.
    10. Jujur, ane selalu percaya setiap konten yang dengan jujur murni dibuat oleh diri sendiri, akan berdo'a untuk kita gan, soalnya ane selalu ingat sama pesan Mama ane gan, "Kalau rumah selalu dibersihkan, maka Rumah itu akan berdo'a buat kita".
    11. Sedekah, ane tau ane masih belum putih, karena itu ane berharap setiap do'a keselamatan dari setiap sedekah yang ane dapet dari earning yang ane miliki.

      Ok, itu dulu ya gan, pengalaman kecil ane tertulis tanpa konsep dan gk seberapa penting. Semoga bermanfaat buat semuanya.

      Salam Head Shot (Sniper says').
     
    singoedan, molend, xtmxady and 73 others like this.
  2. iidbae

    iidbae Super Hero

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    2,314
    Likes Received:
    168
    Location:
    Pusdai-Bandung
    Mantap.
    Dah itu ajah.
    Pejawan toh
    :lol:
    masih berpikir copy-paste? :D
     
    Last edited: Jun 3, 2015
  3. artasena

    artasena Ads.id Starter

    Joined:
    Jun 16, 2013
    Messages:
    77
    Likes Received:
    113
    Location:
    Jakarta, Netherland, France, Lombok
     
    iidbae likes this.
  4. xdiinside

    xdiinside Ads.id Starter

    Joined:
    Feb 17, 2015
    Messages:
    81
    Likes Received:
    4
    mantap master (y)
    enak banget bahasanya :D
     
  5. suksesbersama

    suksesbersama Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    803
    Likes Received:
    31
    UV 8M/hari...wow :eek: pantesan agan ini bsa bikin 50 artikel perjam
     
  6. bed_boy

    bed_boy Twitter ADDICT

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    2,055
    Likes Received:
    132
    Location:
    Jogjakarta
    salam dari kunkaa om TS. :D hehe, keren kerja kerasnya buat artikel segitu banyak.
     
  7. kowek

    kowek Hero

    Joined:
    Nov 25, 2009
    Messages:
    629
    Likes Received:
    15
    amazing
     
  8. riefqi

    riefqi Love CloudMILD

    Joined:
    Nov 25, 2011
    Messages:
    612
    Likes Received:
    19
    Mantab sharing na gan :)
     
  9. antz matters

    antz matters Ads.id Starter

    Joined:
    Dec 19, 2007
    Messages:
    88
    Likes Received:
    5
    Location:
    jakarta
    Targeting Jerman berarti artikelnya bahasa jerman semua dong? keren...
     
  10. mantanisdead

    mantanisdead Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 3, 2015
    Messages:
    372
    Likes Received:
    14
    Location:
    jakarta
    teknik copas lulus copyscape nya gimana om
     
  11. lawas

    lawas Ads.id Pro

    Joined:
    May 6, 2012
    Messages:
    356
    Likes Received:
    36
    mantapp om.. jd semangat nyari $
     
  12. tokotua

    tokotua Super Hero

    Joined:
    Oct 11, 2012
    Messages:
    2,190
    Likes Received:
    150
    Sadis penghasilan bulanannya suhu :mataduitan:
    semoga bisa menular ke ane deh :D
     
  13. olfix

    olfix Ads.id Fan

    Joined:
    Aug 13, 2006
    Messages:
    203
    Likes Received:
    12
    Last edited: Dec 24, 2016
  14. giiNets

    giiNets Ads.id Starter

    Joined:
    Jan 28, 2012
    Messages:
    99
    Likes Received:
    0
    Location:
    Lombok
    very-very amazing earnings-nya semeton.. :) berarti blognya berbahasa jerman semua ya..?
     
  15. karismma

    karismma Newbie

    Joined:
    Jun 27, 2011
    Messages:
    36
    Likes Received:
    17
    mantap tenan
     
  16. retsu.saiba

    retsu.saiba Banned

    Joined:
    Oct 19, 2013
    Messages:
    442
    Likes Received:
    19
    semoga bisa nyusul earningnya kaya mas artasena, O:-)
     
  17. reedan

    reedan Hero

    Joined:
    Nov 22, 2011
    Messages:
    518
    Likes Received:
    12
    Location:
    Depan komputer,cari makan buat anak istri
    kalo targeting Jerman berarti artikel harus bahasa Jerman ya om??
     
  18. gunawan7

    gunawan7 Ads.id Pro

    Joined:
    Oct 16, 2010
    Messages:
    331
    Likes Received:
    5
    hayoooo yang masih pada kopas
     
  19. pulungagung

    pulungagung Hero

    Joined:
    Nov 17, 2014
    Messages:
    609
    Likes Received:
    130
    Gile bener, yg ane masih bingung artikelnya bikinsendiri ato rewrite?
     
  20. mimron

    mimron Ads.id Fan

    Joined:
    Apr 3, 2013
    Messages:
    159
    Likes Received:
    5
    Keren gan
     

Share This Page