1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

(ASK FOR SUGGESTION) Mengenai Hosting & Domain Registrant untuk Wordpress

Discussion in 'Hosting & Domain' started by lefty_calf88, Nov 15, 2014.

  1. lefty_calf88

    lefty_calf88 Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 21, 2011
    Messages:
    109
    Likes Received:
    5
    Permisi rekan-rekan ads id sekalian yang saya hormati..

    Saya mau minta saran soal website berbasis Wordpress yang segera saya bangun dalam waktu dekat. Website tersebut rencana akan saya isikan dengan artikel full 100% berbahasa Inggris dan untuk frekuensi update artikelnya mungkin sekitar 2-3 kali dalam seminggu (dalam beberapa bulan pertama) dan mungkin kemudian akan saya update maksimal 1-2 artikel dalam seminggu (pada beberapa bulan selanjutnya).

    Nah yang ingin saya tanyakan, berhubung saya belum pernah menggunakan hosting sebelumnya (karena pakai blogspot, jadi tinggal redirect ke TLD).

    Mohon saran/ rekomendasinya dari rekan-rekan sekalian, kira-kira apakah saya lebih baik menggunakan hosting dan beli domain di penyedia layanan hosting lokal, seperti idwebh*st atau rumahw*b.. atau lebih baik beli hosting di hostgat*r dan domain di namech*ap?

    FYI, saya baru pernah memakai jasa penyedia domain lokal saja.

    Nah, jika memang rekan-rekan menyarankan untuk menggunakan provider hosting dan domain luar, mohon bantuan rekomendasi providernya (misalnya nameche*p atau godad*y, dll). Dan untuk kapasitas hostingnha kira2 apakah saya butuh beli yg VPS (jika dilihat dari planning website yang akan saya build)?

    Terima kasih banyak sebelumnya dan mohon maaf sebesar besarnya jika pertanyaannya terlalu merepotkan.

    Saya tunggu partisipasi rekomendasi dari rekan rekan ads id..

    Salam :)
     
  2. biza_aza

    biza_aza Super Hero

    Joined:
    Jan 1, 2008
    Messages:
    1,736
    Likes Received:
    126
    Location:
    Bantul - Jogja
    Beli domain di namecheap boleh gan soalnya gratis privacy protect, klo mau murah bisa digodaddy yang biasanya harga 2-5 dolar.

    Hosting bisa di hostgator, stablehost ato hawkhost. Klo trafiknya kenceng ya nanti bisa upgrade ke vps
     
  3. iidbae

    iidbae Super Hero

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    2,314
    Likes Received:
    168
    Location:
    Pusdai-Bandung
    Sebuah kesimpulan sederhana tapi kadang agak sulit juga mempercayainya.

    Hosting lokal = Kalau pilihan kita tepat kita akan beruntung dan sedikit ada rasa kenyamanan. Kalau apes, bakalan gonta-ganti, hati gak tenang.
    Hosting interlokal = Banyak mastah-mastah di sini yang telah mempercayakan web mereka ke hosting lokal, lalu tidak sedikit yang kecewa lalu mempercayakan web mereka ke hosting interlokal.

    Domain= kalau memang sudah nyaman di lokal, gak ada salahnya tetap pakai di sana.

    Sedikit curhat saya soal hosting, karena hasusnya hampir sama, saya migrasi dari blogspot ke Wordpress self host.
    Saat ini saya berusaha mempercayakan web/blog saya ke hosting lokal. Tapi entah kenapa rasa kenyamanan hati saya tidak 100%, paling 75%-85%. Alasannya?
    Walaupun jarang, tapi entah kenapa ada saja kasus bermasalah di web/blog saya. Keliatannya sepele tapi hal-hal sepele itu yang membuat hati kita gak nyaman. Apalagi kalau sudah ngebahas soal serp atau seo.
    Jujur saja, ada keinginan kecil saya untuk balik ke blogspot, biarin saja pakai custom domain yang penting hostingnya gratis/tangguh.
    Mau pakai hosting interlokal harganya 11-12 sama harga premium hosting lokal.

    Hosting = ada harga ada rupa

    Overall, yakinkan dulu kalau sudah siap ke WP self host.
    Selamat berburu hosting.
    Gak ada salahnya mendengar sedikit masukan dari mastah-mastah yang ada di bawah saya. :D

    PS: Pertanyaan ini setiap bulan selalu muncul loh. :)
    Met malem. :D
     
  4. lefty_calf88

    lefty_calf88 Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 21, 2011
    Messages:
    109
    Likes Received:
    5
    Oke gan, dicopy..

    Many thanks ya buat bantuan jawaban dan rekomendasinya..

    Berarti saya mesti siap2 verifikasi paypal dulu nih supaya bisa transaksi beli hosting & domain di provider bule.. hehe

    Sukses selalu ya gan untuk usaha IM nya :)
     
  5. lefty_calf88

    lefty_calf88 Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 21, 2011
    Messages:
    109
    Likes Received:
    5
    Halo gan iidbae.. :)

    Makasih ya gan udah bantu sharing pengalamannya soal hosting dan domain..

    Nah klo mengenai masalah migrasi dari blogspot ke WP Self Host, saya rasa sih sudah sepatutnya dilakukan demi menuju orientasi bisnis IM yg lebih baik, terlepas dari jenis bisnis apakah yang kita jalankan. Karena hal itu sedikit banyak akan membutuhkan penyesuaian, baik itu besar maupun kecil.

    Jadi intinya, klo menurut saya, dengan keputusan untuk memakai WP Self Host maka kita sebagai webmaster tentu akan memiliki keleluasaan yg lebih banyak dibandingkan dengan jika kita memakai blogger yang notabene hostingnya dikelola sepenuhnya oleh g**gle. Secara logika, tentu kita sebagai webmaster tahu dan paham bahwa kita sebenarnya tidak memiliki kuasa penuh pada website yang kita bangun (jika menggunakan blogspot) karena jika ditemukan pelanggaran, maka si mbah tentu akan mengawasi kita dan selalu ada kemungkinan web/ blog kita akan dikenakan sanksi..

    Lain halnya klo kita pakai self host, meskipun tetap saja bergantung pada provider hosting, tapi setidaknya kita selangkah lebih maju dari segi penguasaan/ kepemilikan website (karena hosting kita yang atur) dan tentu akan terkesan lebih profesional dibandingkan "numpang" di hostnya si mbah :D

    Btw, sekali lagi saya sampaikan hatur nuwun ya gan iidbae buat wejangan dan partisipasinya dalam merespon pertanyaan saya..

    Saya selalu dukung dan doakan supaya agan lebih sukses lagi di dunia IM :)
     
    iidbae likes this.
  6. funkyasa

    funkyasa ★★★ Web Hosting Provider ★★★

    Joined:
    Aug 21, 2010
    Messages:
    1,295
    Likes Received:
    49
    Location:
    http://www.gigmanity.com
    Kalau domain rata-rata provider lokal menggunakan domain panel yang seragam, dan sudah include dengan privacy protect dll, sementara host luar memiliki panel sendiri-sendiri (contoh 1and1, godaddy, hostgator) masing masing punya panel sendiri dan berbeda-beda dan kadang untuk privacy protect dll harus bayar lagi per tahun. Cara membuat private nameserver antara ketiga host luar tersebut tidaklah sama, karena panelnya saya rasa mereka bikin sendiri. Untuk domain masih recommended dengan host lokal yang rata-rata pakai domain panel sama, atau setidaknya mirip antara satu dengan yang lain, jadi penggunaan lebih familiar dan mudah. Tapi pastikan juga domainnya full control baik mau host luar dan lokal.

    Kemudian untuk hosting itu tergantung pengalaman sendiri-sendiri. Saya pernah di hostgator dan tidak ada keluhan sih (kalaupun ada masalah dalam server, hosting, atau script requirements, tinggal submit ticket aja langsung dibalas panjang lebar hingga selesai). Selain itu pernah juga di Vebnest dan onlydomains.

    Sebelum buka hosting sendiri, saya juga sudah keliling nyobain host lokal seperti pyramidserver, whplus, indonix, masterweb, andalashost, indositehost, ardhost, dan berakhir pada buka hosting sendiri :D :D :D

    Kalau mau hosting luar, coba cari yang punya nama, karena diluar sana juga banyak yang bobrok seperti Vebnest (tiketnya 3 hari baru dibales), onlydomains (sama, tiketnya sekian hari baru dibales, itupun singkat2).

    Untuk spec seperti website agan di atas yang mengupdate artikel tidak begitu banyak per minggu, kemudian juga baru bikin (traffic belum ada), saya bisa banget di shared hosting dan belum membutuhkan sebuah VPS :)
     
  7. aldhy

    aldhy Hosting Group _ ▂ ▃ ▅ ▆ █

    Joined:
    Mar 17, 2013
    Messages:
    1,731
    Likes Received:
    104
    Location:
    Cirebon
    kalau mau cari hosting luar tinggal search aja di wht bejibun di sana :D setiap orang mempunyai penilaian yg berbeda , kalau mau coba bisa perbulan dulu atau paket yang terkecil dulu, nanti bisa diupgrade...

    jika cari host lokal bisa coba cari di sini
    _http://www.diskusiwebhosting.com/direktori
    _http://ads.id/forums/forumdisplay.php/147-Hosting

    jika masih ada pertanyaan jangan sungkan untuk coba kontak Sales provider bersangkutan dan baca TOSnya terlebih dahulu,
     
  8. steven.j

    steven.j Hosting Provider

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    91
    Likes Received:
    1
    update segitu seharusnya ngga masalah di shared hosting, kalau blog yg ajegile itu biasanya bisa update puluhan post perhari
    sebelum order coba minta aja test ip atau test webnya yang berada di server mereka, biar kita bisa tau kecepatan aksesnya. :D
     
  9. pluto01

    pluto01 Super Hero

    Joined:
    Jun 17, 2013
    Messages:
    1,318
    Likes Received:
    72
    Location:
    Pekanbaru - Riau
    1. Untuk domain harusnya ga begitu masalah karena emang jarang masalah :D
    Mungkin untuk domain yg perlu diperhatikan yaitu kita sebagai user dpt akses ke panel domainnya untuk managed domain kita dan untuk mendapatkan epp key dan juga terdaftar atas email kita karena ini sengat penting jika sewaktu2 ada kendala,

    2. Hosting,
    Dari yg sudah agan informasikan di atas untuk sementara dishared hosting masih bisa dan jika pun kedepannya harus membutuhkan resource yg lebih seiring waktunya berjalan maka masih bisa diupgrade paket dan atau pindah ke VPS,
    ---Oleh sebeb itu cari hoster yg fleksibel dan yang mudah berkomunikasi (ga harus yg ol 24 jam yg penting dapat menyelesaikan masalah yg ada dan konfirmasi lancar) serta mau membantu dalam hal migrasi/upgrade,
    ---perihal mau di hoster lokal atau di hoster luar, itu tergantung kenyamanan agan yg mana yg agan merasa nyaman, yg penting backup selalu ada walaupun di sisi hoster ada backup tp backup dari sisi kita sebagai end user jg sangat penting
    ---mungkin akan lebih baik jika ada penggunaan trialnya sehingga agan bisa test apakah sesuai dgn kebutuhan agan atau tdk, namun jika tdk ada trial coba langganan 1 bulan dlu jika aman dan nyaman lanjut jika tdk bisa cabut sehingga ga banyak ruginya dan itung2 pengalaman,
    ---Dan jika bisa mungkin akan lebih baik yg aktif di forum2, sehingga komunikasinya enak, anggap saja teman sehari2, jd lebih santai
    ---Untuk pemilihan lokasi server, bisa disesuaikan dgn kebutuhan target visitor agan,

    Jika berminat dgn hoster lokal mungkin bisa diajak2 ngobrol rekan2 yg ada di sini :
    _http : // ads.id/forums/forumdisplay.php/147-Hosting
    _http : // www . diskusiwebhosting.com/pages/direktori_web_hosting/
    _http : // www . diskusiwebhosting.com/forums/iklan-shared-web-hosting.28/

    maaf masih newbie jd blm bs kasih info lebih
    Sukses untuk agan selalu dan semoga mendapatkan yg terbaik untuk kebutuhan agan
     
  10. lefty_calf88

    lefty_calf88 Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 21, 2011
    Messages:
    109
    Likes Received:
    5
    Dear All,

    Many thanks ya atas kesediaan kalian untuk meluangkan waktu untuk sharing seputar domain dan hosting di thread saya..

    Semoga kalian semua diberikan kelancaran dalam setiap usaha baik online maupun offline yang digeluti.. Semoga juga rekan-rekan lain juga ikut mendapat manfaat dari pembahasan di thread ini..

    Salam :)
     
  11. herans

    herans Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 15, 2013
    Messages:
    266
    Likes Received:
    108
    resmi sekali bahasa TS hehe, ane suka gan, kayanya di forum ini baru baca postingan dengan bahasa se resmi TS. pertahankan gan. ane jg ikutan ah.

    Perihal pemilihan domain, ada beberapa langkah awal yang patut kita cermati agar tidak terjerembab ke dalam issue2 pengembangan situs:

    1. Pembelian domain sebaiknya dilakukan pada suatu perseroan yang secara khusus memberikan akses penuh kepada pelanggannya dalam mengatur Name Server.
    2. Pembelian hosting dapat dibeli dari vendor di Indonesia atau di luar negeri. Namun perlu diperhatikan apakah situs yang akan dikembangkan berpotensi mendatangkan trafik besar. Jika demikian maka sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak hoster sehingga mereka bisa memberikan quotation dengan harga kompetitif.

    wah ane ngga ahli ngikutin bahasa TS. Hehe.
     
  12. iidbae

    iidbae Super Hero

    Joined:
    Nov 12, 2012
    Messages:
    2,314
    Likes Received:
    168
    Location:
    Pusdai-Bandung
    Forum ini akan sangat beruntung sekali dapat member yang banyak model yang begini, yang saling mendoakan satu sama lain. :D
    Alhamdulillah saya sudah didoain di pejawan :D
     
  13. lefty_calf88

    lefty_calf88 Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 21, 2011
    Messages:
    109
    Likes Received:
    5
    :D

    Ane udah kebiasaan nulis resmi gan, terlebih kalo pake bahasa bule.. karena kebetulan ane sering banget nulis email ke rekanan kantor tempat ane kerja.. jadi yaa "ketularan" dah.. :D

    Oke, ane doain semuanya masuk pejwan google ya webnya, jadi gak cuma agan iidbae aja yg dapet pejwan.. :)

    Udah dulu deh, takut disangka nyundul trit nih. Bisa berabe klo ada si momod :p
     
  14. herans

    herans Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 15, 2013
    Messages:
    266
    Likes Received:
    108
    nah ini bahasa nya enak nih buat user ads.id ... nyantai... hehehe. ok deh mas, good luck dengan proyek nya.
     
  15. trojan viruc

    trojan viruc Banned

    Joined:
    Oct 14, 2014
    Messages:
    227
    Likes Received:
    3
    Location:
    Kamar Rahasia
    lagi nyari hosting juga neh mas ane..
     
  16. HRD_writer

    HRD_writer Newbie

    Joined:
    Nov 16, 2014
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    godaddy - hawkhost :)
     
  17. pulungagung

    pulungagung Hero

    Joined:
    Nov 17, 2014
    Messages:
    609
    Likes Received:
    130
    klo ane tetep setia dengan hawkhost..
     
  18. asep_dadang

    asep_dadang Newbie

    Joined:
    Jul 8, 2013
    Messages:
    19
    Likes Received:
    4
    kalo beli domain saya ngga pernah di penyedia domain lokal gan, apalagi yang sekalian jualan hosting, takut aja soalnya kalo terjadi apa2 misal hostingnya bangkrut, trus ga bisa dikontek untuk perpanjangan domain, kiamat besar deh. saya dari dulu pake name.com, kalo untuk privacy protection selalu pake code privacyplease, jadi gratis, hehe....
     
  19. lefty_calf88

    lefty_calf88 Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 21, 2011
    Messages:
    109
    Likes Received:
    5
    Thanks ya masbro.. Salam sukses juga untuk masbro :)

    Ayo, kita sama-sama cari inspirasi dan referensi dari ads.id ya bro.. hehehe

    Thanks guys for your opinion and recommendation!

    Good luck! :D
     
  20. revoxus

    revoxus Ads.id Starter

    Joined:
    Oct 9, 2014
    Messages:
    75
    Likes Received:
    0
    Location:
    Jakarta
    Kebetulan lagi cari hosting juga nih, thanks mastah mastah atas informasinya. Jadi banyak masukan
     

Share This Page