1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

(ASK) Salah siapa ya antara saya selaku reseller, supplier apa kurirnya?

Discussion in 'Berbagi Pengalaman' started by sangawedartha, Jul 1, 2013.

  1. sangawedartha

    sangawedartha Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 6, 2011
    Messages:
    310
    Likes Received:
    19
    Location:
    tabanan, bali
    Ceritanya begini; ada buyer dari bekasi beli baju ke ane, ane tanya stock ke supplier dibilang masih ada dan disuruh transfer, ane kotak buyernya dan dalam 2 hari sudah ditransfer duitnya, trus ane teruskan ke suppliernya sebesar yang disuruh transfer oleh supplier. keesokan harinya barang itu dah dikirim oleh supplier kealamat si buyer a/n ane selaku reseller. suppliernya pake jasa NCS, mungkin aja biar lebih murah. esoknya ane cek no resinya di web supplier dah nonggol, ane teruskan ke buyernya. masalahnya muncul disini: sampe 5 harian barang belum sampe di tangan buyernya, ane tanya ke supplier baik2 malah ane diumpat katanya ane nuduh yg bukan2 ke supplier, ane jelasin dgn sabar, supplier kayaknya ngerti. setelah hari ke 6 ane dapat sms dari supplier katanya barang belum bisa diterima karena di alamat tersebut tidak ada orang yang bernama itu(buyer) dihubungi no hpnya(hp buyer) katanya gak nyambung. ane terusin tuh sms ke buyer gak ada tanggapan dari si buyer. esoknya ane ditelpon ama pihak kurir (PT NCS) diminta no hp si buyer, ane dah kasi ke kurirnya lanjutnya gak konfirmasi agi dari kurirnya. malah si buyer sms ane dengan mengumpat ane habis2an, ane kontak lagi ke suplliernya, malah suppliernya bilang dia(supplier) udah gak ada lagi urusan dalam masalah ini. la kok.... jadi runyam begini ya? ane jadi gak enak, ane trus kepikiran sampe sekarang, kok bisa jadi begini? Salah siapa ini?........:pusing:
     
  2. GrafitianZ

    GrafitianZ Super Hero

    Joined:
    Nov 6, 2010
    Messages:
    3,445
    Likes Received:
    202
    Location:
    JakCity
    jd bingung :pusing:

    Masalahnya kalau ane baca,itu kurir ga ksh brng krna si buyer ga ada di alamatnya...bner ga tuh :pusing::pusing:
    Kalau bner solusinya ajak ngmong buyer baik2 tnya orng yg slalu ada di rumah dia namanya syp, trs ksh tau ke Kurirnya

    tapi yg jlas bukan salah ane :D
     
  3. p3durungan

    p3durungan Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    18,673
    Likes Received:
    6,050
    Location:
    depan laptop
    bisa jadi orang yg beli mau kasi hadiah surprise, ternyata di alamat yg dituju nama tsb entah beneran tidak ada atau orangnya lg sibuk keluar kota.

    yg jadi kesalahan, demi biaya kirim yg lebih murah seribu atau lima ribu tapi mengorbankan kecepatan dan akhirnya berimbas pada kepuasan pelanggan.

    mungkin sejak awal harus ada perjanjian SLA (service level agrement) bahwa order diproses berapa lama, pengiriman menggunakan kurir apa, pengiriman menggunakan tarif reguler atau express :D semoga membantu
     
  4. dimasfy

    dimasfy Ads.id Pro

    Joined:
    Jan 22, 2011
    Messages:
    319
    Likes Received:
    6
    ane juga pernah tuh, si kurir nanyain no hp buyer soalnya gak aktif

    saya nanya sms+telfon ke buyer ga ditanggepin

    akhirnya kurir jne nya juga gak ane tanggepin deh wkwk

    si buyer nya mpe skrg juga ga ada kabar, yaudah wkwk
     
  5. ilham33

    ilham33 Trusted Web Hosting

    Joined:
    Feb 16, 2010
    Messages:
    2,785
    Likes Received:
    227
    Location:
    The North |
    itu suplier yg pantas untk ditinggalkan,tdk bsa d ajak krjasama.
    mending cr suplier yg lain aja..
     
  6. mermanarts

    mermanarts Super Hero

    Joined:
    Dec 20, 2012
    Messages:
    2,184
    Likes Received:
    130
    Location:
    bandung
    dari awal suppliernya ngasih peraturan ga?
    misal nih ane sebagai supplier, kalo ada reseller ane yang ngasih alamat ga ada RT/RW atau kode pos bakal ane minta buat tanya ke buyer. kalo buyer udah bilang "gapapa kok, biasanya juga sampai" atau "saya ga tau kode posnya" dll .ya ane peringatkan kembali bahwa ane ga bertanggung jawab kalo kurir ga nemu alamatnya. Malah ane tekanin kalo misal di daerah terpencil suruh tulis hal yang detail kaya misal "pagar hitam depan sekolah sd negeri xxx" misalnya gitu.

    dan ga bertanggung jawab disini bukan berarti ane lepas gitu aja, pasti ane komplain ke kurirnya. kalo misal pake kurir semacam jne, kalo alamat tidak ditemukan barang bakal dibalikin ke si pengirim, walaupun agak lama. kalo emang buyer hapenya ga aktif ya salah si buyer juga sih, ente telepon aja kurirnya barangnya ditaro di mana, terus suruh si buyer jemput barangnya ke tempat tersebut.

    kadang ribet juga kalo kasus kaya gini, ane (supplier) pernah dituduh penipu sama buyer, sampe dia koar2 di twitter, ane kasih nomor jne cabang tempat ane kirim barang, malah dia anggap ane nyuruh orang buat pura2 jadi jne. Ternyata yang salah jne cabang kota buyer yang katanya "sibuk" jadi belum sempat kirim. Eh pas udah dijelasin dan barang sampai dia cuma ngetweet "terima kasihs udah sampai" tanpa klarifikasi kalo ane bukan penipu. Banyak Supplier ngeselin, tapi lebih banyak lagi buyer ngeselin :D

    solusi dari ane sih mending agan hubungi kurirnya, tanya barangnya bisa diambil dimana, terus suruh buyer jemput.
    kalo buyer ga mau ya ente bilang aja kalo di alamat tersebut ga ada nama buyer dan no hape ga bisa dihubungi, kalo merasa aktif silakan suruh buyer buat maki2 kurirnya. Nanti ketauan kok siapa yang salah :)
     
  7. sangawedartha

    sangawedartha Ads.id Pro

    Joined:
    Sep 6, 2011
    Messages:
    310
    Likes Received:
    19
    Location:
    tabanan, bali
    sudah ane lakuin gan, ane sdh hubungi buyernya dan sdh ane suruh coba hubungi kurirnya......gak taulah..... si buyer
     
  8. Handokowi

    Handokowi Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 16, 2013
    Messages:
    141
    Likes Received:
    10
    betul juga yah resiko pusing jadi reseller. tp suplier yg ngurus ama kurirnya donk. menurutku. masa lepas gitu aja
     
  9. adinda baskara

    adinda baskara Newbie

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    Location:
    bekasi
    bikin bingung ane deh....:pusing: ato si buyer mungkin aja sudah pindah rumah, kali aja si buyer jga ngontrak.:swt:
     

Share This Page