1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

10 Merek Lokal yang Bangkrut Karena Salah Strategi Bisnis

Discussion in 'Diskusi Umum Internet Marketing' started by bengbeng, May 17, 2013.

  1. bengbeng

    bengbeng Ads.id Starter

    Joined:
    Mar 15, 2013
    Messages:
    84
    Likes Received:
    11
    Location:
    jakarta
    Banyak perusahaan yang berdiri di dunia, dari perusahaan kecil, menengah, sampai perusahaan yang besar. Perusahaan kecil adalah perusahaan yang menjual/menghasilkan barang atau jasa hanya di daerah perusahaan itu berdiri. Contohnya jika kita mempunyai perusahaan baju yang berada di Jakarta, baju yang kita jual hanya dijual di Jakarta saja.
    Tidak selamanya perusahaan yang kecil, besar maupun menegah itu terus berkembang. Banyak salah satu dari perusahaan tersebut yang gulung tikar (bangkrut), akibat dari perusahaan itu tidak berkembang. Baik dari segi internal maupun eksternal. Dari internal misalnya sumberdaya manusia (SDM) yang kurang baik dalam bekerja, manajemen perusahaan yang buruk dll. Dari segi eksternal misalkan hutang perusahaan kepada bank yang menumpuk, sehingga perusahaan tidak sanggup membayar hutangnya pada bank.
    Berikut ini adalah contoh-contoh perusahaan yang tidak berkembang
    Lippo Shop/Dial Mart
    Ritel Momentum – Kesalahan Timing
    Konsumen masih belum siap berbelanja dengan menggunakan media Internet. Konsumen masih senang berbelanja dengan melihat dan merasakan produk yang akan dia beli. Sebagai hasilnya, mereka berhenti beroperasi.
    Bisnis DotCom
    Internet Momentum – Kesalahan Timing
    Komposisi pengguna Internet yang kebanyakan berasal dari perkantoran, warnet dan institusi pendidikan dianggap sebagai pengguna yang tidak loyal. Komposisi yang demikian menyebabkan bisnis dot com tidak berkembang. Pasar tidak berkembang, akhirnya banyak perusahaan yang tutup.
    Yaohan
    Ritel – Lokasi Kurang Tepat
    Segmen sasaran Yaohan adalah kelas menengah ke atas. Namun ritel ini berada di daerah Pasar Senen yang dikenal rawan kejahatan. Sebagai hasilnya, mereka berhenti beroperasi.
    Bouraq
    Penerbangan – Kesalahan Distribusi/Route
    Bouraq lebih fokus pada rute Indonesia Timur. Dengan semakin banyak penerbangan yang muncul, yang juga mengembangkan rute Indonesia Timur, lama kelamaan rute ini semakin padat. Bouraq yang hanya fokus pada rute Indonesia Timur, akhirnya tidak bisa berkembang. Mereka berhenti beroperasi dan rencananya akan dihidupkan kembali dengan investor yang berbeda.
    Prity
    Sabun – Kesalahan Distribusi
    Produk ini adalah sabun untuk kalangan menengah atas dan didistribusikan oleh Wings Group. Padahal kekuatan distribusi Wings Group ada di kelas menengah bawah. Akibatnya pasarnya relatif kurang berkembang.
    Long Beach
    Rokok – Kesalahan Komunikasi
    Rokok ini dikemas dengan harga yang lebih murah dari Marlboro, namun dalam komunikasinya terkesan kuat untuk pasar atas. Mereka tidak beredar lagi di pasar.
    Biuti
    Shampoo – Kesalahan Komunikasi
    Melakukan promosi besar-besaran tanpa didukung dengan finansial yang kuat. Berani menantang Sunsilk, sang pemimpin pasar, milik Unilever, tetapi tidak memiliki diferensiasi dan hanya mengandalkan harga lebih murah. Biuti tidak lagi beredar di pasar.
    Super O2
    AMDK Beroksigen – Kesalahan Pricing
    Produk ini dikemas dengan harga yang relatif tinggi, meski selanjutnya harganya turun terus. Namun produk ini bisa jadi menciptakan image kelebihan harga, padahal pasar di kategori ini relatif kecil dan juga banyak produk substitusi. Sebagai akibatnya, pasarnya relatif kurang berkembang.
    Avon
    Kosmetika – Kesalahan Pricing
    Meski produk kosmetik ini memiliki kualitas bagus, harganya relatif murah. Sehingga tingkat keuntungan yang diperoleh kecil. Apalagi pemasarannya menggunakan sistem direct selling yang seharusnya harganya bisa lebih tinggi. Kini Avon tidak lagi beredar di pasar.
    Dari ke-9 contoh perusahaan tersebut, anda dapat menyimpulkan agar perusahaan bisa terus berkembang di perlukan manajemen yang tepat dalam perusahaan tersebut dan di perlukan perhitungan yang matang untuk menjual barang dan jasa . Karena dengan salahnya manajemen dan perhitungan. Maka perusahaan tidak akan berkembang, bahkan tidak beroperasi lagi atau gulung tikar. (bn)


    sumber : _ciputraentrepreneurship.com
     
    apip64 and kokonemes like this.
  2. kokonemes

    kokonemes Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 3, 2007
    Messages:
    268
    Likes Received:
    2
    Info bagus... Trmkasih.
     
  3. kedembo

    kedembo Ads.id Fan

    Joined:
    Oct 21, 2010
    Messages:
    113
    Likes Received:
    2
    Location:
    Tangerang
    waahh sayang yaa... emang merek lokal susah bersaing tanpa marketing yang bagus
     
  4. apip64

    apip64 Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 10, 2011
    Messages:
    350
    Likes Received:
    6
    Info mantap, dunia usaha kadang bersifat spekulatif dan harus berani resiko bangkrut, yang penting bangkit lagi dengan belajar dari kesalahan dulu ...


    CMIIW :D

    i am using tapatalk
     
  5. ibnu andhika

    ibnu andhika Banned

    Joined:
    May 30, 2008
    Messages:
    7,644
    Likes Received:
    632
    Location:
    Tempat Tenang dan Nyaman
    setidaknya banyak produk lokal yang mendunia malahan kita sangka itu buatan luar negeri :senyum: kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.
     
  6. membaca

    membaca sedang membaca

    Joined:
    Aug 21, 2012
    Messages:
    1,635
    Likes Received:
    264
    supero2 kayaknya masih ada tuh jadi sponsor salah satu talent show loh kalo ga salah
     
  7. yussan

    yussan Newbie

    Joined:
    Jan 1, 2013
    Messages:
    27
    Likes Received:
    0
    itu dibutuhkan seorang manajemen bisnis yang handal, sebelum memulai berbisnis diadakanlah terlebih dahulu riset operasi yang mampu menjamin kebrhasilan riset tersebut
     
  8. herrysm

    herrysm Newbie

    Joined:
    Jan 6, 2012
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Location:
    Yogyakarta
    Salah manajemen itu namanya, sayang banget, wuih kerugiannya besar sekali tuh.
     
  9. mamin

    mamin Newbie

    Joined:
    May 23, 2013
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    nice share gan...
    baru tahu ane..
    hehehe...
     
  10. xrvel

    xrvel Super Hero

    Joined:
    Oct 21, 2007
    Messages:
    2,873
    Likes Received:
    947
    Location:
    Di sini
    mungkin ini ya
    Code:
    www.bisnis.com
     
  11. caturariadie

    caturariadie Super Hero

    Joined:
    Jun 25, 2009
    Messages:
    1,173
    Likes Received:
    17
    Location:
    Samarinda
    strategi jadi hal yang vital yah untuk kelangsungan perusahaan selain itu liat kanan kiri pesaing :D
     
  12. Eka Lesmana

    Eka Lesmana Super Hero

    Joined:
    Oct 16, 2012
    Messages:
    1,115
    Likes Received:
    1,958
    Location:
    Dimana aja bisa
    Nambah Pengetahuan gan makasih
     
  13. bokir

    bokir Newbie

    Joined:
    May 23, 2013
    Messages:
    27
    Likes Received:
    0
    yg bisnis com domainnya ngeri padahal
     
  14. yohana artikel

    yohana artikel Ads.id Fan

    Joined:
    May 23, 2013
    Messages:
    102
    Likes Received:
    0
    infonya keren.. terima kasih
     

Share This Page