1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Kontes SEO : sebuah ajang lomba kreatifitas atau ajang pencitraan ??

Discussion in 'Chit Chat' started by sigithr, Apr 3, 2013.

Tags:
  1. sigithr

    sigithr Newbie

    Joined:
    Dec 13, 2012
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Maaf sebelumnya newbie numpang curhat dan berbagi keluh kesah terhadap fenomena yang sering terjadi dalam dunia internet belakangan ini. Mohon dimaafkan jika ada yang tidak sependapat. O:-)

    Oke langsung saja, mungkin kita pernah mendengar namanya kontes SEO atau mungkin member-member disini adalah diantaranya banyak pesertanya yang mengikuti kontes yang menjanjikan hadiah bernilai jutaan tersebut. Sekedar kilas balik kontes seo tersebut adalah lomba yang sering dilakukan oleh perusahaan yang menginginkan produk atau webnya lebih dikenal di intenet dengan cara menduduki peringkat utama di halaman pertama pencarian google.
    Namun yang saya garis bawahi disini adalah bukan cara dan kreatifitas peserta dalam menggali sumber daya untuk memenangkan kompetisi seo, tetapi lebih kepada gambaran dan isi konten yang harus di penuhi oleh peserta lomba. Terkadang seperti kontes seo sebuah Bank misalnya maka konten yang harus kita gambarkan adalah bank yang superior dan terbaik yang termuat dalam kw yang kita bidik, begitu pula saat kontes seo toko online maka isi kw yang kita bidik adalah toko online terbaik yang memiliki berbagai macam pelayanan jempolan, lalu ada lagi kontes seo web download yang mengharuskan kw yang dibidiknya berisi kata web untuk download yang aman, gratis dan cepat, ini semua hanyalah sampel dan masih banyak yang lainnya.

    Pertanyaannya adalah apakah kw yang kita bidik dalam kontes seo itu sesuai dengan apa yang dimiliki dan diberikan oleh perusahaan penyelenggara seo tersebut?, karena terkadang perusahaan yang menyelenggarakan kontes seo hanya melakukan kegiatan pencitraan yang positif demi mengejar banyak pelanggan dibandingkan dengan memberikan penjelasan berupa keadaan sebenarnya terhadap layanan yang diberikan. Pernyataan saya ini bukan tanpa alasan karena saya sendiri pernah menulis sebuah konten untuk SEO sebuah perusahaan perbankan yang saya sendiri merupakan mantan nasabahnya, dan ternyata kw dan isi konten yang mereka inginkan tidak sesuai dengan apa yang saya dapatkan sebagai nasabah. Namun karena saya menulis konten untuk lomba yang mereka adakan maka saya pun harus taat akan peraturan mereka dan “menyimpan” dalam-dalam semua kekurangan mereka tersebut. Selama menulis artikel saya seperti menggadaikan kenyataan, menyanjung sesuatu yang bukan merupakan hal yang sebenarnya :) demi peraturan seo yang mereka gunakan.

    Pertanyaan kedua adalah jika semua peserta kontes seo diharuskan untuk memoles konten agar terlihat baik seperti yang sudah tertera dalam peraturan namun kenyataan yang terjadi bukan seperti itu, bukankah kita malah menyebarkan informasi yang menyesatkan bagi para pencari info di internet lainnya terutama yang masih awam??, karena dalam artikel tersebut perusahaan yang mengadakan kontes seo seolah tanpa cela padahal juga memiliki kekurangan layanan dalam berbagai rupa. Lebih lagi saya melihat saat ini kontes SEO bukanlagi merupakan ajang kreatif para penggiat seo namun tidak lebih dari sebuah ajang pencitraan dan iklan yang ‘murah’ melalui info yang disebarkan dipage utama google.

    Dari sampel dan pernyataan saya diatas mungkin bisa diambil pelajaran dan masukan untuk yang ingin menyelenggarakan kontes SEO alangkah baiknya jika sebelum melakukan sayembara kontes SEO, apa yang dipersyaratkan ada dalam konten dan kw hendaknya sama dengan layanan yang sebenarnya jangan cuma mengejar popularitas dan pencitraan positif semata namun lupa terhadap kekurangan yang seharusnya di benahi. Intinya lebih bertanggungjawab lah dalam menulis rule kontes seo, jangan hanya mencari promosi dan pelanggan belaka sehingga lupa harus memberikan informasi yang sesuai fakta. :)

    Itulah unek-unek saya selama ini selama mengikuti kontes SEO, mohon dimaafkan jika ada member atau pihak yang kurang berkenan, dan semoga menjadi koreksi yang membangun untuk perusahaan ataupun personal yang akan menyelenggarakan kontes SEO.
    Dan terakhir tulisan ini adalah murni tulisan yang saya muat di forum ads-id. Jika dikemudian hari menemukan tulisan yang sama dengan tulisan saya diatas maka bisa dipastikan konten tersebut kopas dari tulisan saya di forum ini. Terimakasih.
     
  2. dheen

    dheen I'm a Trendsetter

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    1,843
    Likes Received:
    248
    Location:
    ePenulis.Com
    Ya kalau bertolak belakang gak usah diikutin mas.. Itu kenapa ada Content Writer :)
     
  3. sigithr

    sigithr Newbie

    Joined:
    Dec 13, 2012
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Penekanannya kan disini bukan bisa atau tidaknya atau ada atau tidaknya CW sebagai pembuat artikel,
    tetapi sudah, apa belumkah rule yang ditetapkan para pembuat kontes seo kw yang mereka buat sesuai dengan pelayanan,fitur dan support yang mereka berikan ??...
    Saya juga sebenarnya seorang CW yang sudah banyak menerima permintaan pembuatan artikel untuk kontes SEO...
    Jadi selain karena pengalaman ikut kontes seo juga berangkat dari pengalaman sebagai CW yang terkadang harus menangani artikel seo yang ternyata ketentuan isi kontennya berbanding terbalik dengan kenyataan...:)
     

Share This Page