1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[CURHAT] Pake escrow aman? belom tentu!

Discussion in 'Chit Chat' started by flipitup, Jan 19, 2013.

  1. flipitup

    flipitup New Comer

    Joined:
    Jun 28, 2012
    Messages:
    596
    Likes Received:
    102
    Cuma mau cerita dikit pengalaman yg kurang mengenakan tentang freelancing...

    Ini tahun ke 6 ane sejak memutuskan untuk jadi full-time freelancer. Skill ane ngga canggih2 amat, cuma front-end coding aja, tapi alhamdulillah hasilnya cukup buat idup. Selama ini ane cari client lewat freelance market macem Freelancer, Elance, Guru atau oDesk, salah satu alesannya karna mereka juga menyediakan jasa escrow, jadi lebih aman lah untuk urusan keuangan.

    Akhir tahun lalu ane dapet proyek di salah satu website diatas yg bisa dibilang salah satu proyek dengan nilai nominal terbesar yg pernah ane pegang. Karna dalam proyek ini perlu programming yg lumayan ribet jadi bagian itu ane outsource ke programmer langganan. Setelah semua deal, client deposit dana ke escrow, ane dan partner mulai kerja. Selama proses pengerjaan ane selalu jaga komunikasi sama client, kasih update rutin tentang perkembangannya, dan client kliatannya seneng sama websitenya. Ane install demo websitenya di server ane dan kasih akses full admin (WordPress based) ke client. Well ane ngga ada pikiran macem-macem karna client kliatannya nice banget.

    Nah awal minggu kemaren website udah masuk tahap akhir, 95% fitur penting udah slese dan tinggal beresin bagian kosmetik aja. Ane kirim laporan sama client suruh dia cek and ricek lagi. Lha ternyata malah malemnya ane dapet email dari freelance market yg menyatakan bahwa ada masalah sama dana yg ada escrow, dibilang duitnya di chargeback sama client. Waktu itu ane masih coba tenang toh website masih ane pegang. Ane coba hubungi client, tapi Skype dia off, email juga 2 hari ngga dibales... trus ane iseng login ke website mau ngecek salah satu fitur, ane liat ada plugin baru keinstall, Duplicator. Anjrit! ternyata websitenya udah diclone sama client.

    Ane udah contact CS nya freelance market itu, kasih semua bukti, chat log, email, pokoknya apapun yg bisa membuktikan kalo ane emang udah ngerjain proyeknya sesuai perjanjian. Mereka sih bilang kalo mereka akan coba sebisa mungkin untuk kejar client itu. Tapi ya ane tau harapan untuk dibayar kecil banget, jadi udah ngga ane harapin lah. Sementara ane masih punya tanggungan buat bayar programmer, dan ane ngga mau hubungan sama dia rusak jadi akan tetep bayar full, untungnya dia mau ngerti dan bisa ane cicil.

    Yah gitulah, intinya jangan beranggapan kalo escrow itu 100% aman, memang bagus banget buat meminimalisir resiko apalagi buat urusan yg ngga pake ketemu muka. Tapi seperti hal lain di dunia ini, ngga ada hal yg pasti kecuali mati, jadi kita harus selalu antisipasi menghadapi kemunginan terburuk. Mungkin tips berikut bisa membantu menambah keamanan terutama dalam hal freelancing, basic sih tapi kadang suka lupa atau dianggap remeh...
    - Pake escrow - wajib hukumnya apalagi untuk client baru.
    - Pake milestones - untuk proyek yg lumayan gede bisa pake milestones atau tahapan, misal bikin website tahapannya: design, coding, test, deploy. Bikin perjanjian sama client kita minta dibayar x% setiap kita slesein salah satu tahap itu. Misal design slese, diapprove, client bayar 25%, baru lanjut tahap selanjutnya. Cara ini bisa mengurangi resiko kerugian, tapi kadang ada juga client yg keberatan, jadi ya disesuaiin aja sama keadaan lah.
    - Minimalisir akses aset2 ke client - Misal bikin website, demo sebisa mungkin diinstall di server kita, kasih akses secukupnya aja untuk client bisa liat fitur2 tanpa bisa utak atik bagian lain. Kalo pake WordPress banyak tuh plugin yg ngatur akses berdasar role.
    - Kasih backdoor di script kita - Ini ngga disaranin sih, tapi kadang perlu juga terutama untuk kasus kaya ane. Jadi meskipun code kita dicolong masih bisa kita kontrol. Tapi kalo ketauan client bisa2 mereka ngga akan percaya lagi sama kita, hehe...
    - Simpen semua data komunikasi - Email, chat, dsb. buat bukti yg menguatkan kita kalo ada masalah.

    Segitu dulu deh curhatnya, semoga bisa buat pelajaran buat kita semua. Monggo kalo ada yg lain yg mau berbagi pengalaman atau tips seputar freelancing...
     
  2. mermanarts

    mermanarts Super Hero

    Joined:
    Dec 20, 2012
    Messages:
    2,184
    Likes Received:
    130
    Location:
    bandung
    wah sampe di duplicate gitu, dunia coding ternyata tidak seindah yang ane duga. semoga dapat kembali dengan berlipat2 gan rejekinya :)
     
  3. comodny

    comodny Super Hero

    Joined:
    Sep 25, 2010
    Messages:
    2,311
    Likes Received:
    244
    Location:
    Jombang
    Wah kejem banget bro clients ente!
    Ente dah kerja susah2, eh dia tinggal install 1 plugin, zzzz zzzz zzzz taraaaa ke clone dah!

    G kena di sini, tagih di akhirat bro :salaman:
     
  4. overspine

    overspine Newbie

    Joined:
    Oct 30, 2012
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    yang sabar gan, nanti diganti sama yang lebih berlimpah (:|
     
  5. dummydecoy

    dummydecoy Super Hero

    Joined:
    Jul 18, 2010
    Messages:
    970
    Likes Received:
    297
    dan cari client yg rating-nya meyakinkan..
    sudah pernah bertransaksi sebelumnya
     
  6. dimasku

    dimasku Super Hero

    Joined:
    Aug 6, 2012
    Messages:
    1,296
    Likes Received:
    151
    Location:
    Surabaya
    klo itu bkn salah escrownya mas..

    clientnya aja yg licik..

    semoga dpt rizki pengganti yg lbh baik mas...
     
  7. sathreea

    sathreea Super Hero

    Joined:
    Jun 13, 2011
    Messages:
    7,719
    Likes Received:
    1,001
    Location:
    Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
    Semoga bisa diambil hikmahnya untuk kita semua :senyum:
     
  8. ibnu andhika

    ibnu andhika Banned

    Joined:
    May 30, 2008
    Messages:
    7,644
    Likes Received:
    632
    Location:
    Tempat Tenang dan Nyaman
    dengan adanya kejadian tersebut bisa membuat kita lebih hati-hati dan semakin kuat di dunia bisnis jika nanti menghadapi cobaan lebih berat :senyum:
     
  9. p3durungan

    p3durungan Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    18,673
    Likes Received:
    6,050
    Location:
    depan laptop
    semoga diberikan rejeki pengganti yang lebih melimpah dan lebih berkah. Kalau boleh bisikin saya url nya Mas :komunis: mau saya posting sebagai international scam
     
  10. flipitup

    flipitup New Comer

    Joined:
    Jun 28, 2012
    Messages:
    596
    Likes Received:
    102
    @dimasku & semua... makasih atas respon dan doanya. disini ane sama sekali ngga nyalahin pihak escrow kok, karna mereka juga cuma korban. ane cuma pengen berbagi pengalaman aja barangkali ini bisa jadi pelajaran, meskipun sebagai penjual jasa kita harus menservice client sebaik mungkin tapi harus tetep waspada juga, bikin aturan dan batasan2 yg bisa melindungi semua pihak.

    sukses juga buat semua...
     

Share This Page