1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Rahasia Popularitas Jokowi dan Gangnam Style !

Discussion in 'Facebook' started by bernandin, Oct 3, 2012.

  1. bernandin

    bernandin Super Hero

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    4,337
    Likes Received:
    872
    Location:
    Bondowoso
    10 : 90 Marketing !

    Kenapa saya sebut “10:90 (ten-ninety) Marketing”? Karena marketing kini tak lagi dimonopoli marketer. Dulu memang marketing 100% dilakukan oleh marketer, konsumen mendapat jatah 0%. Marketer melakukan semuanya: membuat produk unggul, menyewa agensi untuk membuat iklan, dan kemudian mem-broadcast iklan tersebut ke seluruh penjuru tanah air menggunakan TV, radio, atau koran. Sementara si konsumen hanya pasif menerima pesan-pesan iklan si marketer, sambil tentu saja dongkol karena tontonan liga Inggris kesukaannya diacak-acak.


    Kini marketing berubah drastis. Marketer cukup mengerjakan 10% saja, lalu sisanya 90% dikerjakan oleh konsumen. Itu makanya saya sebut “10:90”. Marketer cukup mencipta authentic brand story, lalu menaruhnya di Youtube atau memicu percakapan di Twitter/Facebook, that’s it. Lalu konsumen lah yang bekerja keras membesarkan dan menyebarkan gelembung viral dari authentic brand story tersebut ke konsumen lain di seantero tanah air. Dalam “10:90 Marketing” yang bekerja super keras memasarkan produk bukanlah marketer, tapi konsumen.


    Ada satu hukum dasar yang berlaku di dalam marketing gaya baru ini. Bunyinya sebagai berikut: “Semakin dominan campur tangan marketer dalam memasarkan produk/merek, maka semakin tumpul dampak marketing yang tercipta. Sebaliknya, semakin banyak keterlibatan konsumen, maka sukses pemasaran yang dicapai akan semakin powerful. Karena hukum itu maka “10:90 Marketing” pasti lebih ampuh dari “30:70 Marketing”. Dan “30:70 Marketing” pasti lebih powerful dari “60:40 Marketing”. Ingat: “Your most powerful marketer is your customers.”


    Anda pasti masih bingung. Oke, agar lebih gampang memahaminya, coba kita lihat dua kasus pemasaran super hebat yang terjadi minggu ini. Pertama adalah kemenangan Jokowi di Pemilu DKI. Kedua adalah heboh viral Gangnam Style yang kini menjangkiti dunia.


    Jokowi

    Jokowi menang dari Foke karena kekuatan “10:90 Marketing”. Yang dilakukan Jokowi dan tim suksesnya sesungguhnya sederhana saja: pertama, membangun “produk unggul”; kedua, menciptakan “authentic brand story”, that’s it. Sisanya, masa pemilihlah yang bekerja keras memenangkan Jokowi. Bekal dua hal itu sudah lebih dari cukup untuk menggerakkan “laskar WOM” (“word of mouth” maksudnya) yang mengarahkan para pemilih untuk mencoblos no.3 di hari pemungutan suara.


    Apa “produk unggul” Jokowi ?

    Prestasi Jokowi selama menjadi walikota Solo mulai dari kampanye city branding “Solo: The Spirit of Java”, relokasi pasar yang manusiawi, hingga dukungan terhadap mobil Esemka yang meroketkan namanya di kancah politik nasional.


    Lalu apa “authentic brand story” Jokowi?

    Jokowi menjadi ikon pemimpin yang merakyat, hobi turun ke lapangan, mendengar keluh-kesah masyarakat, sosok pribadi yang sederhana dan apa adanya. Siapa yang “mengarang” seluruh cerita di seputar keikonan Jokowi? Yang membuat cerita tak lain adalah masyarakat (baca: konsumen) melalui cerita dari mulut ke mulut (WOM) secara natural dan otentik di kalangan tukang becak, obrolan di warung Tegal, hingga diskusi-diskusi di kampus (yup, cocreate your brand story !). Inilah yang dalam teori pemasaran WOM disebut wisdom of crowd. Awalnya adalah cerita dari mulut ke mulut, tapi karena menyebar dan diterima secara luas, maka kemudian dianggap sebagai kebenaran.


    Dengan modal prestasi masa lalu dan cerita otentik itu, viral keikonan Jokowi merambat cepat ke seluruh penjuru tanah air menjelang hari H pencoblosan. Di sinilah massa pemilih bekerja keras menyebarkan cerita-cerita keikonan Jokowi baik secaraoffline (dari mulut ke mulut) maupun secara online (melalui ranah internet). Media sosial seperti YouTube, blog, Facebook, Twitter, Youtube, hingga BBM menjadi tools ampuh yang memungkinkan massa pemilih demikian gampang menyebarkan cerita mengenai keikonan Jokowi.


    Singkatnya, sebagian besar pemasaran Jokowi di Pilkada DKI bukanlah dilakukan Jokowi dan tim suksesnya, tapi dilakukan secaravoluntir, natural, dan otentik oleh massa pemilihnya melalui penyebaran WOM yang powerful. Jokowi melakukan 10% pekerjaan, sisanya 90% dilakukan oleh massa pemilihnya.


    Gangnam Style

    Fenomena demam Gangnam Style setali tiga uang. Lagu dan gaya tari yang dirilis pertengahan Juli 2012 ini mencapai sukses pemasaran luar biasa di seluruh dunia karena keampuhan “10:90 Marketing”. Gaya tari baru asal Korea yang digagas rapper Psy ini kini memecahkan Guiness World Record sebagai The the Most ‘Liked’ Video in YouTube History yang hingga minggu ini ditonton 235 juta kali. Seperti halnya Jokowi, pemain utama pemasaran Gangnam Style bukanlah Psy atau label rekaman yang mengusungnya, tapi para penikmat tarian baru itu di lima penjuru benua.


    Apa “produk unggul” Gangnam Style? Tak lain adalah lagu yang nge-beat dan jenaka; juga tentu tarian Gangnam Style (tari gaya “menunggang kuda”) yang unik, fresh, dan agak nyleneh dari tarian yang selama ini ada. Lalu apa “authentic brand story” dari Gangnam Style? Tak lain adalah cerita-cerita yang melingkupi tarian ini: mulai dari cerita mengenai distrik Gangnam (kawasan Baverly Hills-nya Seoul); satire gaya hidup konsumtif yang menjadi tema lagu/tari ini; hingga tampang Psy yang “anti K-pop idol” alias berlawanan dengan umumnya sosok K-pop ikon yang keren dan imut.


    Kunci sukses pemasaran Gangnam Style adalah peran massif dari para laskar WOM di seluruh dunia. Diawali dari kalangan powerful influencers yaitu para selebriti dunia seperti Robbie Williams, T-Pain, Katy Perry, Tom Cruise, Britney Spears hingga Nelly Furtado. Para selebriti yang sangat powerful di media sosial dan media konvensional inilah viral deman Gangnam Style dipicu.


    Aksi early influencers ini kemudian disusul dengan aksi laskar WOM yang secara voluntir dan genuine mempromosikan tarian ini. Aksinya macam-macam. Bisa melalui cuit-cuit di Twitter dan Facebook, meng-upload video Gangnam Style tiruan dan versiparodi, atau membikin aksi flash mob (termasuk flah mob Gangnam Style di Bunderan HI yang melibatkan 800-an orang beberapa waktu lalu). Seperti halnya Jokowi, Psy dan timnya melakukan 10% pekerjaan, sisanya 90% dilakukan oleh massa konsumennya di seluruh dunia.


    Jadilah marketer cerdas seperti Jokowi dan Psy. Mereka begitu cantik dan piawai memperalat konsumennya (yup, community of evangelists) untuk memasarkan diri dan produk mereka. Ingat hukumnya: marketer cerdas cukup kerja 10%; 90% sisanya diserahkan ke konsumen.


    Sumber: yuswohady.com
     
    puthzel, MasDhani, dimasku and 7 others like this.
  2. p3durungan

    p3durungan Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    18,673
    Likes Received:
    6,050
    Location:
    depan laptop
    tongfang juga sempat meroket Gan :lol: walaupun kayaknya sekarang ini sudah ambles bumi...
     
    dedensupiyanto likes this.
  3. mastajudin

    mastajudin Hero

    Joined:
    Oct 4, 2010
    Messages:
    710
    Likes Received:
    163
    Location:
    Kota Cilegon Banten
    Jokowi memang mantap, popularitasnya bukan cuma terkenal di jakarta dan solo tapi seluruh indonesia, keren banget tuh mas jokowi :D
     
  4. Schwarzkophf

    Schwarzkophf Super Hero

    Joined:
    Nov 13, 2008
    Messages:
    2,318
    Likes Received:
    71
    Location:
    Depok
    dan juga lawannya ga ngasih jawaban sebelumnya saat memimpin ..
    jadi bisa menang banyak deh :senyum:
     
  5. Djarum16

    Djarum16 Newbie

    Joined:
    Aug 14, 2012
    Messages:
    29
    Likes Received:
    0
    Saya menderita penyakit gagal PO, sakit sekali...tapi setelah ke klinik TongFank saya sekarang menjadi Banned, terima kasih klinik TongFank :cerutu:
     
  6. monomonoz

    monomonoz Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 7, 2012
    Messages:
    275
    Likes Received:
    5
    Location:
    Indonesia
    bacaanya yg informatif banget gan, seengganya bisa jadi masukan ane tuk atur strategi marketing. :D
     
  7. gigiharif

    gigiharif Super Hero

    Joined:
    Dec 3, 2009
    Messages:
    1,630
    Likes Received:
    116
    Location:
    Batang
    bangun produk unggul <<== iki pie yo?

    kalau orang baru kayae musti kreatif banget ya... :)
     
  8. monomonoz

    monomonoz Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 7, 2012
    Messages:
    275
    Likes Received:
    5
    Location:
    Indonesia
    bacaanya yg informatif banget gan, seengganya bisa jadi masukan ane tuk atur strategi marketing. :D
     
  9. bernandin

    bernandin Super Hero

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    4,337
    Likes Received:
    872
    Location:
    Bondowoso

    menurut pengamat marketing yang sama yaitu Yuswohady, TONGFANG hanya hebat di Promosinya tapi produknya belum terbukti keunggulannya. Berikut ini pendapatnya yg sy ambil dari blognya.



     
    dedensupiyanto and p3durungan like this.
  10. p3durungan

    p3durungan Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    18,673
    Likes Received:
    6,050
    Location:
    depan laptop
    gimana mau membangun atau membuat produk unggul?? sementara mentalitas kita masih menjadi follower en plagiater :lol:

    SNI aja dari dulu ampe sekarang rasanya masih amburadul... yang ada malah permainan tukang besi : beli besi ukuran 20mm, tinggal milih ada yg kualitas "sni" ada yang "kurus" ada yang "gemuk" ada yang "nasional" kadang ada juga yang "kw1" dst nya.
     
  11. bernandin

    bernandin Super Hero

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    4,337
    Likes Received:
    872
    Location:
    Bondowoso
    Yup betul Gan Produk yg memuaskan pelanggan dan tentunya kreatif serta inovatif, Khusus Dunia Publisher online, intinya membuat konten yg bermanfaat bagi pengunjung website/blog agan
     
  12. p3durungan

    p3durungan Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    18,673
    Likes Received:
    6,050
    Location:
    depan laptop
    kreatifitas mungkin menjadi salah satu kunci tapi jangan dilupakan juga mengenai care / perhatian. Ibarat kata kalau kita hobi piara burung (macam Om Dutosolo) pasti tiap pagi dilihat, makanan ditakar, vitamin ga pernah lupa, sore dimandiin, diajari berkicau, begitu tingkah polah si burung berbeda bisa langsung ketauan, itu yang nama nya care.... bukan macam sekarang instal wprobot, setting terus tinggal :lol:
     
  13. bernandin

    bernandin Super Hero

    Joined:
    Jan 20, 2010
    Messages:
    4,337
    Likes Received:
    872
    Location:
    Bondowoso
    eh ane lupa kalo artikel di thread ini juga copas hihihi... :malu:
     
  14. p3durungan

    p3durungan Super Hero

    Joined:
    Jan 26, 2009
    Messages:
    18,673
    Likes Received:
    6,050
    Location:
    depan laptop
    iya copas yang beretika karena mencantumkan sumber :salaman:

    cuman sayangnya belum ada nilai tambahnya karena cuman copas mentah mentah.... tar kalau sudah digodok di thread ini ditimpali sana sini baru lah jadi ada nilai tambahnya
     
  15. Oby_One

    Oby_One Banned

    Joined:
    Jul 11, 2007
    Messages:
    5,080
    Likes Received:
    246
    Location:
    |Pulau Sabang - Aceh|
  16. amrimf

    amrimf Super Hero

    Joined:
    Jul 4, 2009
    Messages:
    2,915
    Likes Received:
    172
    Location:
    Purwokerto
    Makasih mastah
    Inilah yg aku pelajari saat ini
     
  17. sathreea

    sathreea Super Hero

    Joined:
    Jun 13, 2011
    Messages:
    7,720
    Likes Received:
    1,001
    Location:
    Purwokerto, Jawa Tengah, Indonesia
    Teknik viral :senyum:
     
  18. rakean

    rakean Super Hero

    Joined:
    Oct 2, 2011
    Messages:
    2,829
    Likes Received:
    3,728
    Location:
    http://rakean.co.id
    Angkat Jokowi Jadi Momod..biar bisa share dimari :lol:
     
  19. rainforest

    rainforest Super Hero

    Joined:
    Aug 15, 2012
    Messages:
    1,155
    Likes Received:
    140
    ampir ane bilang kopas (sumber aslinya) karena ane taunya dari _http://yuswohady.blogdetik.com/2012/09/24/1090-marketing/
    taunya orangnya sama..dan yang di web/blog TLD lebih dulu tayang :malu:
     
  20. kurniaHD

    kurniaHD Newbie

    Joined:
    Apr 2, 2012
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    point yang paling saya salut dari warga jakarta
    berarti warga warga jakarta no sara
    postive tingting good
     

Share This Page