1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[Share] 6 Tips Menggenjot Trafik Dengan Pinterest

Discussion in 'SEO' started by trismei, Aug 13, 2012.

  1. trismei

    trismei Super Hero

    Joined:
    Aug 23, 2009
    Messages:
    1,044
    Likes Received:
    82
    Mohon maaf sebelumnya jika share ini sudah ada yang duluin, saya ingin share tips bagaimana mendapatkan traffik dari pinterest, walaupun tipsnya ngak dewa-dewa banget ya semoga saja masih bermanfaat untuk kita semuanya di forum ini, tanpa panjang lebar berikut ini 6 Tips Menggenjot Trafik Dengan Pinterest :

    1. Pilih posting terbaik yang akan. di-pin
    Kamu tak harus melakukan pin pada setiap posting blog/website ke Pinterest. Kamu akan mendapatkan hasil yang lebih balk jika memilih posting blog, tepatnya pada topik, yang telah mempunyai audiens di Pinterest.
    Artinya, kamu harus melakukan riset di Pinterest untuk menemukan mereka yang telah mem-pin item yang terkait dengan topik posting blog-mu. Kamu bisa secara mudah melakukan riset di Pinterest, bahkan tanpa harus mempunyai akun di sana. Pinterest mempunyai fitur search yang memungkinkanmu menemukan pin dengan menggunakan satu atau beberapa kata kunci.
    Pada setiap pencarian, Pinterest akan menampilkan beberapa hal, yaitu: Pin yang menyertakan kata kunci¬mu di dalam deskripsi, Boards yang menyertakan kata kunci-mu di dalam judul atau deskripsi, dan People yang menyertakan kata kunci-mu di dalam profil mereka. Akan lebih balk jika kamu melakukan pencarian beberapa kali untuk melihat perubahan hasil pencarian.
    Untuk setiap posting blog yang akan di-pin, maka kamu harus melakukan langkah berikut:
    • Pada kotak search, ketikkan kata atau frase yang cocok dengan topik posting blog, lalu klik ikon kata pembesar. Pinterest akan menampilkan daftar pin yang menyertakan kata kunci-mu di dalam deskripsi.
    • Periksa daftar pin tersebut untuk melihat bagaimana topik posting blog-mu bersesuaian dengan daftar. Buat catatan tentang kata-kata yang digunakan pada deskripsi pin. Akan lebih baik lagi jika kamu memodifi¬kasi kata kunci pencarianmu untuk melihat apakah ada kata lain yang orang gunakan untuk topikmu..
    • Klik Boards untuk menampilkan semua boards yang menyertakan kata kunci pencarianmu di dalam judul atau deskripsi. Pinterest juga akan menampilkan daftar boards yang menyertakan kata kunci pencarianmu.
    • Periksa semua pin yang ada pada masing-masing boards yang telah kamu temukan.
    Buatlah daftar kata yang paling sering ditemukan dalam deskripsi pin. Pertimbangkanlah untuk menggunakan kata kunci tersebut sebagai deskripsi pin milikmu. Sekali menyelam minum air, alangkah baiknya ketika kamu melakukan riset, mulailah mem-follow beberapa orang yang aktif melakukan pin pada posting blog yang terkait dengan topikmu. Dengan cara ini, kamu akan dengan mudah membuat hubungan dengan orang lain yang tertarik dengan blogmu.

    2. Pilih/buat gambar pin
    Memilih gambar atau image untuk pin posting blog merupakan hal penting yang harus kamu lakukan. Image yang bagus akan mendorong orang lain untuk membagi postingmu. Tak ada yang benar atau salah dalam memilih image. Pastinya image tersebut harus menarik mata dan berhubungan dengan konten blog/website-mu. Bukankah kamu ingin mengundang orang lain untuk mengklik melalui pin untuk mengunjungi blog/website-mu?
    Terkait hal ini,ada dua pilihan buatmu.pertama,kamu bisa menggunakan ulang image yang terdapat pada posting blog. jika image tersebut menympaikan ide dari posting-mu. Karena jika image tersebut keluar dari konteks,maka ia tak akan berarti apapun.
    Menggunakan ulang image pada posting blog seringkali tidak memberikan informasi yang bisa menjelaskan konten artikel.jika seseorang mem-pin ulang dan mengubah deskripsi,maka makna image pada posting blog, maka alangkah baiknya jika kamu ingin menyertakan judul posting blog atau konten. Cara ini akan meningkatkan efektivitas image baru untuk pin posting blog.image yang efektif akan menggunakan judul posting blog serta latar belakang dengan warna cerah dan polos.

    3. Tuilskan deskripsi pin
    Deskripsi pin yang berada di bawah image akan memberikan informasi tambahan tentang posting blog-mu. Kamu harus selalu menuliskan deskripsi pin. Tak ada orang lain yang bisa memberikan deskripsi terhadap posting blog/website kecuali dirimu. Deskripsi akan muncul setiap kali seseorang melaku¬kan pin pada posting blog secara langsung dari blog-mu. Menuliskan deskripsi pin layaknya menulis kesimpulan posting blog. Pada bagian ini, selalu katakan kepada para pembaca tentang manfaat ketika membaca posting blog secara utuh. Deskripsi pin harus mengatakan kepada pembaca tentang apa manfaat posting blog-mu.Jangan lupa, sertakan sedikit misteri agar orang lain mau membacanya. Sertakan semua kata kunci pencarian yang berkaitan dengan posting blog. Meski kamu bisa menuliskan hingga 500 karakter pada deskripsi pin, namun lebih singkat tetaplah lebih bailk.

    4.Tambahkan "Pin it" ke Posting :Blog
    Tombol Pin It akan memudahkan pengunjung blog melakukan pin pada posting blog. Artinya, kamu menyediakan semua informasi deskripsi pin ketika kamu menambahkan tombol ke website. Tidak seperti tombol media sosial lainnya, kamu harus menambahkan tombol Pin It pada masing-masing posting di blog. Kamu akan menghabiskan waktu untuk melakukan hal ini, namun begitu hanya akan makan waktu beberapa menit saja untuk menginstal.

    Untuk menambahkan tombol Pin It, lakukan langkah berikut :
    1. Log in ke Pinterest.
    2. Pada menu di kanan atas, klik About I Pin It Button.
    3. Selanjutnya, Pinterest akan menampilkan halaman Goodies. Gulung layar ke bawah, temukan "Pin It Button for Web Sites". Masukkan semua informasi yang diminta.
    4. Isikan alamat web posting blog pada "URL of the page the pin is on."
    5. Isikan alamat web image yang kamu gunakan pada pin image pada "URL of the image to be pinned."
    6. Isikan deskripsi pada "Description."
    7. Tentukan format Pin dengan mengklik menu drop down "Pin Count."
    8. Salin kode yang terdapat pada "Add this code to your page, right where you want the button to appear", lalu buka posting blog-mu dan tambahkan kode tersebut pada lokasi di mana kamu akan menampilkan tombol Pin It. Ingat, kamu harus menambahkan kode pada langkah 8 dan 9 pada tampilan HTML dari posting blog-mu. Konsultasikan dengan ahli web jika kamu tidak yakin soal melakukan hal ini.
    9. Salin kode yang terdapat pada "Add this code to your page only once, ... " dan paste-kan pada bagian bawah posting blog.
    10. Simpan dan publikasikan posting blogmu. Pin It pun akan tampil pada lokasi di mana kamu menempelkan kode yang terdapat pada langkah 8.
    11. Bagi pengguna WordPress, kamu bisa menggunakan Pinterest Pin It Button (hxxp://pinterestplugin.com).

    5. Pin posting blog
    jika kamu telah membuat pin untuk posting blog, kamu bisa menjadi orang pertama yang melakukan pin posting ke Pinterest dengan menambahkan ke Boards pada akun Pinterest-mu. Langkah ini tidak perlu kamu lakukan jika kamu tidak mempunyai akun Pinterest. Pada kasus ini, posting-mu belum muncul di Pinterest sehingga kamu harus melakukan pin.
    Untuk menambahkan pin untuk posting blog-mu di Pinterest, lakukan langkah berikut.
    1. Buka posting blog-mu.
    2. Temukan tombol Pin It.
    3. Klik tombol Pin It dan blog akan menampilkan jendela pin.
    4. Pilih board yang berkaitan sesuai untuk pin posting blog-mu dengan menggunakan menu drop down, lalu klik tombol Pin It.

    6. Lacak trafik ke blog dari Pinterest
    Pin untuk posting blog-mu akan muncul di pin dan boards yang kamu pilih. Semua orang yang mem-follow pin-mu akan bisa melihatnya. Semua orang yang memeriksa pin-mu juga akan bisa melihatnya.
    Orang lain yang melihat pin-mu dan merasa tertarik akan mengklik dan menuju ke posting blog/website-mu. Mereka juga bisa jadi akan melakukan repin untuk membaginya dengan orang¬orang yang mem-follow.
    Beberapa cara bisa kamu lakukan untuk melacak trafik posting blog dari Pinterest. Kamu bisa menggunakan tool monitoring trafik yang kamu pasang pada blog/website-mu. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan jetPack untuk blog WordPress (hxxp://jetpack. men atau Google Analytics.
    Sekarang,apa pendapatmu tentang Pinterest? Sudahkah kamu menemukan pembaca blogmu dari Pinterest? Sudahkah kamu mengkustomisasikan image untuk posting-mu di Pinterest? Tunggu apalagi segera action ?

    Jika sharenya dirasa bermanfaatnya, udah tau kan tombolnya dimana...hehehe..
     
    topjitu, achong, vanmovic and 2 others like this.
  2. iwan cell

    iwan cell Newbie

    Joined:
    Aug 13, 2012
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    maaf masta lau untuk forum pakai VB gmn ya ? newbie pol ni,thanxkiu
     
  3. blacklizt

    blacklizt Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 10, 2012
    Messages:
    291
    Likes Received:
    16
    pusing ane bacanya..

    kalo ane sing paling mudah
    1. siapkan gambar, link, title, dan description
    2. upload gambar ke pinterest -> tentukan title, description, dan boardnya -> edit - masukkan link
    3. kelar

    berhubung ane orangnya males jadi bagian description ane buat short description.


    -----------------------------------------------------------------------

    kenapa musti upload gambar gan, gak pake tombol pin di web kita aja ???

    kualitas gambarnya ngaco kalo dari web kita langsung , apalagi dari thumbnail (WP).

    kalo dari satu gambar yang high-quality orang udah pada tertarik, pasti ............ (harap diisi sendiri)

    menurut pengalaman ane, ane langsung pencet tombol CTRL + W kalo liat gambar low-quality


    gak pake yang bookmarlet aja gan, kan bisa milih gambarnya ?

    tergantung gan, umumnya gambar di web udah di resize pake php, jadi quality-nya hanya 95% (kecuali yang original size sih gpp).
     
  4. Agung305

    Agung305 Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 19, 2011
    Messages:
    287
    Likes Received:
    7
    Location:
    Jakarta
    bookmark dolo deh mastah .
     
  5. dewaz

    dewaz Super Hero

    Joined:
    Sep 24, 2009
    Messages:
    1,523
    Likes Received:
    211
    Location:
    bali
    setubuh sama mastah satu ini,
    kecuali upload image, saya selalu pin dari web ane.
    patut dicoba.

    untuk menurunkan bounce rate, image harus sesuai dengan isi web. kalau boong, cuman dapet trapik tapi bounce rate tinggi.

    contoh: bikin gambar dengan tulisan "10 Tips How to make your IPhone 7 times faster"
    ane, dapet trapik lumayan pake gambar ini, tapi bounce ratenya tinggi banget.
     
  6. Bonzy

    Bonzy Ads.id Starter

    Joined:
    Oct 29, 2011
    Messages:
    53
    Likes Received:
    0
    waduh terima kasih atas sharingnya mas
     
  7. topjitu

    topjitu Super Hero

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    777
    Likes Received:
    324
    Location:
    Bumi Allah
    informasi seputar pinterest yang bnr2 msh awam thx pencerahannya tombol like penceted buat ts
     
  8. Sandi Hasan

    Sandi Hasan Banned

    Joined:
    Oct 25, 2012
    Messages:
    424
    Likes Received:
    20
    Biasanya semakin awam semakin enak dimengerti Mastah.. apalgi bwt newbie kyk ane :D Buat TS nya, thanks buat sharing informasi nya... moga maju terus... :)
     
  9. Syailendra

    Syailendra Siswa Ads-id

    Joined:
    Jan 14, 2012
    Messages:
    1,179
    Likes Received:
    189
    Location:
    Indonesia
    panjang banget tulisannya gan :D

    Thanks ya
     

Share This Page