1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Tutorial Membuat Toko Online dengan Prestashop

Discussion in 'Blog/CMS Stuff' started by hartonowijoyo, May 5, 2012.

  1. hartonowijoyo

    hartonowijoyo Hero

    Joined:
    Sep 15, 2006
    Messages:
    655
    Likes Received:
    545
    Location:
    Jakarta Pusat
    Selamat pagi, semangat pagi
    Pada kesempatan yang saya sempat-sempatkan ini, ane mau share tutorial membuat toko online dengan prestashop yang sempet ketunda-tunda pernah udah mau posting gak jadi lagi gak jadi lagi ampe lupa dah berapa kali. Kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan, kritik dan saran yang pedas dan menyakitkan hati semoga tidak terjadi :)

    Supaya tidak perlu ngetik ulang langsung aja saya copas dari blog ane, boleh khan mas admin?
    Penyebutan nama web disini hanya sebagai contoh saja sehingga kalo ada yg mau didiskusikan tinggal menunjuk modul apa getu.

    Memiliki toko online mempunyai peluang yang sama besar dengan memiliko toko konvensional. Bahkan dengan memiliki toko online bisa melipat gandakan omzet penjualan berkali lipat dibanding dengan tanpa bantuan toko online. Berdasarkan pengalaman penulis terdapat beberapa kelebihan mengelola toko online. Saat ini penulis mengelola lebih dari 10 toko online dengan beraneka jenis produk, mulai dari buku, jaket kulit, pakaian hingga hotel, yang hasilnya bisa dibilang alhamdulillah banget, buat biaya sehari-hari, biaya sekolah anak, beli kendaraan, nyicil rumah, dll. Berikut ini beberapa keuntungan memiliki toko online.

    Jangkauan luas, tidak hanya bisa menjangkau wilayah di Indonesia bahkan bisa menjangkau pasar seluruh dunia.
    Modal relatif lebih kecil dibanding toko konvensional, karena Anda tidak harus menyetok barang terlalu banyak, tidak perlu sewa kios dan karyawan lebih sedikit.
    Potensi keuntungan sangat besar dengan jangkauan pasar yang luas.
    Buka 24 jam non stop, karena dengan system otomatisasi, toko online melayani pembeli terus menerus dengan system yang sudah diatur.

    LANGKAH-LANGKAH MEMBANGUN TOKO ONLINE

    1. Membeli Domain dan Webhosting

    Ya, langkah pertama sebelum Anda memulai membangun toko online baik dengan ecommerce dari wordpress, prestashop, magento dll haru sudah memiliki domain dan webhosting terlebih dahulu.

    Anda bisa membeli domain dan webhosting di berbagai penyedia jasa registrant dan perusahaan penyedia webhosting, seperti rumahosting, rumahweb, name, hostgator, idwebhost dan lain sebagainya tergantung kesukaan Anda.

    Untuk memudahkan dalam praktek misalnya kita membeli di idwebhost.com, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

    Buka _ww.idwebhost.com seperti tampilan seperti berikut :
    Kemudian ketikkan nama toko/nama domain yang anda inginkan, misalnya _ww.anaksoleh.net

    Jika ternyata domain tersebut sudah dibeli orang dengan tanda merah, maka klik anak panah kebawah, pilih ekstension yang lain, misalnya nnw.anaksoleh.info, jika masih tersedia/available, maka gambarnya berubah menjadi hijau, seperti gambar berikut :

    Jika available, maka klik order now, pilih domain + hosting, klik order
    Server : PHP-MySql
    Lama kontrak domain : 1 tahun
    Pakethosting: idpremedium/idmedium
    Lama kontrak : 6bln
    Lengkapi formulir dengan identitas diri Anda, terakhir contreng kotak persetujuan Ya, saya telah membaca dan menyetujui perjanjian di IDWebHost yang dirujuk diatas
    Selanjutnya klik next, next saja tanpa memilih tawaran yg tersedia.
    Terakhir klik checkout
    Kemudian lakukan pembayaran melalui transfer ATM sejumlah yang tertera pada email pemberitahuan/vis SMS
    Setelah melakukan transfer silakan konfirmasi pembayaran, beberapa jam kemudian biasanya domain dan hosting anda telah aktif, yang dapat di cek dengan mengetikan nama domain pada browser yang akan muncul pesan undercontructions. Jika sampai langkah ini Anda menemui kesulitan, silakan hubungi kami ke anaksoleh.net@ gmail.com

    2. Install Prestashop

    Setelah Anda memiliki domain dan webhosting sendiri, sekarang saatnya instalasi prestashop untuk web toko online Anda.

    Langkah pertama silakan buka cpanel web Anda, petunjuk ada di email, misalnya www.domainanda.com/cpanel. Masukkan username dan cpanel yang diberikan penyedia webhosting Anda yang dikirimkan melalui email konfirmasi



    Setelah login akan muncul halaman cpanel seperti ditunjukkan gambar disamping. Silakan klik file manager (baris ke 4). Kemudian rename folder public_html menjadi public_html1 supaya bisa diinstall prestashop.

    Setelah itu create folder dengan nama public_html

    Setelah membuat folder public_html, silakan kembali ke halaman home cpanel dan klik softaculous (biasanya baris ke 11) seperti ditunjukkan gambar disamping.





    Anda akan diarahkan kehalaman pilihan-pilihan untuk membuat web seperti wordpress, joomla, phpbb, smf, prestashop, dll. Klik prestashop dan klik lagi install.





    Setelah klik tombol install, Anda akan diarahkan ke halaman instalasi yang memerlukan beberapa langkah yang harus diselesaikan.
    Choose protocol dan choose domain abaikan
    In directory kosongkan (biasanya isinya presta)
    Database name, abaikan
    Store name : isi dengan judul toko
    Admin folder : isi dengan deskripsi singkat toko, menjual apa dll,
    Table prefix, abaikan
    Admin email : isi dengan alamat email Anda
    Password : isi dengan password toko online Anda, misal pas123*
    First name dan last name bisa diabaikan
    Email installation details to : isi dengan alamat email Anda.
    lalu klik Install
    Tunggu beberapa saat, sampai instalasi selesai
    Coba buka web Anda di browser nwww.tokoanda.com
    Anda sudah memiliki toko online dengan engine prestashop seperti contoh berikut :
    Apabila sampai langkah ini ada kesulitan, silakan hubungi kami.

    Langkah selanjutnya adalah memodifikasi toko online Anda sesuai kebutuhan, misalnya alamat kontak, cara pembayaran, cara memasukkan produk baru.

    3. Mengelola Toko Online Prestashop

    Untuk bisa mengelola dan memodifikasi toko online yang dibuat dengan prestashop, terlebih dahulu Anda harus masuk ke halaman administrator. Halaman administrator dikirim ke email saat instalasi pertama. Misalnya nww.anaksoleh.com/admin123, lalu masukkan user dan password Anda. Halaman administrator prestashop tampak seperti gambar disamping.

    Mengganti bahasa prestashop menjadi bahasa Indonesia. Pertama-tama silakan download bahasa indonesia. Kemudian klik Tools lalu Translataion. Setelah itu klik browse pada menu import. Setelah sukses, silakan copy bahasa indonesia menjadi bahasa inggris ke pretashop, dan klik copy.
    Memodifikasi modul informasi pada prestashop (menu pengiriman, privacy policy, pengiriman, cara pembayaran, dll. Untuk merubah isi modul informasi ini silakan klik Tools, kemudian klik CMS. Menu yang mau dimunculkan bertanda contreng hijau, menu yang tidak akan dimunculkan bertanda silang merah, untuk merubah tinggal klik aja tanda yang bersangkutan. Untuk merubah isi content CMS tinggal klik saja tanda edit (gambar pensil) dan sesuaikan isi dengan kebutuhan Anda. Untuk menambah halaman baru yang belum ada silakan klik tanda + Tambahkan halaman baru.
    Memodifikasi cara pembayaran. Anda dapat memilih berbagai macam cara alat pembayara di toko Anda, misalnya kartu kredit, paypal, transfer bank, bayar di tempat dan lain-lain serta pemilihan jenis mata uang, apakah USD, Rupiah, dll. Untuk memodifikasi cara pembayaran dan jenis mata uang, silakan klik tombol Payment, contreng jenis mata uang yang digunakan. Untuk menjadikan mata uang Rupiah sebagai mata uang utama, silakan contreng Rupiah sebagai default, mata uang yg tidak dipergunakan silakan silang. Opsi pajak bisa dinonaktifkan jika tidak dipergunakan. Di menu pembayaran Anda juga dapat menambahkan manu diskon kepada pembeli dengan memberikan kode voucher.
    Memodifikasi karyawan toko. Anda dapat menambahkan admin untuk karyawan toko baik untuk posting katalog menerima pesanan dan lain sebagainya. untuk menambah karyawan toko silakan klik employees dan klik tanda tambah.
    Memodifikasi cara pengiriman. Toko online identik dengan pengiriman barang kepada konsumen, di prestashop terdapat berbagai pilihan pengiriman, misalnya pengiriman dengan kantor pos, tiki, COD dan lain sebagainya. untuk memodifikasi cara pengiriman, silakan klik menu shipping.
    Memasukkan katalog produk. Memasukkan katalog produk baru merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh pemilik toko online, sehingga langkah ini tidak akan terlalu sulit, karena merupakan pekerjaan berulang-ulang. Silakan klik catalog dan masukkan produk baru yang akan dipajang di toko Anda.
    Semoga bermanfaat, jika ada pertanyaan silakan layangkan ke anaksoleh.net @ gmail.com


    nah mungkin ada yg di rasa aneh, kenapa gak muncul gambarnya, untuk gambar2 slakan lihat di blog h_tp://anaksoleh.net/blog/?p=26
    Sedangkan contoh toko online yg pernah ane buat h_tp://anaksoleh.net, itu produk baru sample aja
     
  2. apaaja

    apaaja Hero

    Joined:
    Nov 5, 2011
    Messages:
    722
    Likes Received:
    39
    Location:
    Cianjur Tercinta❤!!
    Om, ga ada SS nya ya:pusing:
     
  3. BungLon

    BungLon Ads.id Fan

    Joined:
    Mar 6, 2012
    Messages:
    112
    Likes Received:
    1
    Location:
    Bumi Lion
    keren gan,... super!! Thanks ya 'dah sharing beginian,... saya mo coba bikin,... kira2 boleh gak buat tanya-tanya................................
     
  4. hardinalz

    hardinalz Super Hero

    Joined:
    Mar 8, 2010
    Messages:
    2,395
    Likes Received:
    1,420
    Location:
    /var/www/html
    Versi rapih + No live link:

    Assalamu ‘alaykum warrahmatullahi wabarakatuh

    Bismillahirrahmanirrahiim..

    Dalam posting kali ini, saya akan mencoba sharing/berbagi pengalaman cara
    membuat toko online dengan engine prestashop tahap demi tahap berikut
    problem solvingnya.
    Sebagai contoh web toko online yang kami bangun dengan prestashop contohnya
    seperti _http://www.anaksoleh.net.

    Memiliki toko online mempunyai peluang yang sama besar dengan memiliko toko
    konvensional. Bahkan dengan memiliki toko online bisa melipat gandakan
    omzet penjualan berkali lipat dibanding dengan tanpa bantuan toko online.
    Berdasarkan pengalaman penulis terdapat beberapa kelebihan mengelola toko
    online. Saat ini penulis mengelola lebih dari 10 toko online dengan
    beraneka jenis produk, mulai dari buku, jaket kulit, pakaian hingga hotel,
    yang hasilnya bisa dibilang alhamdulillah banget, buat biaya sehari-hari,
    biaya sekolah anak, beli kendaraan, nyicil rumah, dll. Berikut ini beberapa
    keuntungan memiliki toko online.
    1. Jangkauan luas, tidak hanya bisa menjangkau wilayah di Indonesia bahkan
    bisa menjangkau pasar seluruh dunia.
    2. Modal relatif lebih kecil dibanding toko konvensional, karena Anda tidak
    harus menyetok barang terlalu banyak, tidak perlu sewa kios dan karyawan
    lebih sedikit.
    3. Potensi keuntungan sangat besar dengan jangkauan pasar yang luas.
    4. Buka 24 jam non stop, karena dengan system otomatisasi, toko online
    melayani pembeli terus menerus dengan system yang sudah diatur.

    LANGKAH-LANGKAH MEMBANGUN TOKO ONLINE

    1. Membeli Domain dan Webhosting
    Ya, langkah pertama sebelum Anda memulai membangun toko online baik dengan
    ecommerce dari wordpress, prestashop, magento dll haru sudah memiliki
    domain dan webhosting terlebih dahulu.

    Anda bisa membeli domain dan webhosting di berbagai penyedia jasa
    registrant dan perusahaan penyedia webhosting, seperti rumahosting,
    rumahweb, name, hostgator, idwebhost dan lain sebagainya tergantung
    kesukaan Anda.

    Untuk memudahkan dalam praktek misalnya kita membeli di idwebhost.com, maka
    langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
    • Buka _http://www.idwebhost.com seperti tampilan seperti berikut :

    [​IMG]

    • Kemudian ketikkan nama toko/nama domain yang anda inginkan, misalnya
    _http://www.anaksoleh.net.

    [​IMG]

    • Jika ternyata domain tersebut sudah dibeli orang dengan tanda merah, maka
    klik anak panah kebawah, pilih ekstension yang lain, misalnya
    _http://www.anaksoleh.info, jika masih tersedia/available, maka gambarnya berubah
    menjadi hijau, seperti gambar berikut :

    • Jika available, maka klik order now, pilih domain + hosting, klik order

    • Server : PHP-MySql

    • Lama kontrak domain : 1 tahun

    • Pakethosting: idpremedium/idmedium

    • Lama kontrak : 6bln

    • Lengkapi formulir dengan identitas diri Anda, terakhir contreng kotak
    persetujuan Ya, saya telah membaca dan menyetujui perjanjian di IDWebHost
    yang dirujuk diatas

    • Selanjutnya klik next, next saja tanpa memilih tawaran yg tersedia.

    • Terakhir klik checkout

    • Kemudian lakukan pembayaran melalui transfer ATM sejumlah yang tertera
    pada email pemberitahuan/vis SMS

    • Setelah melakukan transfer silakan konfirmasi pembayaran, beberapa jam
    kemudian biasanya domain dan hosting anda telah aktif, yang dapat di cek
    dengan mengetikan nama domain pada browser yang akan muncul pesan
    undercontructions. Jika sampai langkah ini Anda menemui kesulitan, silakan
    hubungi kami ke anaksoleh.net[at]gmail.com

    2. Install Prestashop

    Setelah Anda memiliki domain dan webhosting sendiri, sekarang saatnya
    instalasi prestashop untuk web toko online Anda.

    [​IMG]
    Langkah pertama silakan buka cpanel web Anda, petunjuk ada di email,
    misalnya _http://www.domainanda.com/cpanel. Masukkan username dan cpanel yang
    diberikan penyedia webhosting Anda yang dikirimkan melalui email konfirmasi

    [​IMG]
    Setelah login akan muncul halaman cpanel seperti ditunjukkan gambar
    disamping. Silakan klik file manager (baris ke 4). Kemudian rename folder
    public_html menjadi public_html1 supaya bisa diinstall prestashop.

    • Setelah itu create folder dengan nama public_html

    [​IMG]
    Setelah membuat folder public_html, silakan kembali ke halaman home cpanel
    dan klik softaculous (biasanya baris ke 11) seperti ditunjukkan gambar
    disamping.

    [​IMG]
    Anda akan diarahkan kehalaman pilihan-pilihan untuk membuat web seperti
    wordpress, joomla, phpbb, smf, prestashop, dll. Klik prestashop dan klik
    lagi install.


    [​IMG]
    Setelah klik tombol install, Anda akan diarahkan ke halaman instalasi yang
    memerlukan beberapa langkah yang harus diselesaikan.

    • Choose protocol dan choose domain abaikan

    • In directory kosongkan (biasanya isinya presta)

    • Database name, abaikan

    • Store name : isi dengan judul toko

    • Admin folder : isi dengan deskripsi singkat toko, menjual apa dll,

    • Table prefix, abaikan

    • Admin email : isi dengan alamat email Anda

    • Password : isi dengan password toko online Anda, misal pas123*

    • First name dan last name bisa diabaikan

    • Email installation details to : isi dengan alamat email Anda.

    • lalu klik Install

    [​IMG]
    Tunggu beberapa saat, sampai instalasi selesai

    • Coba buka web Anda di browser _http://www.tokoanda.com

    • Anda sudah memiliki toko online dengan engine prestashop seperti contoh
    berikut :

    • Apabila sampai langkah ini ada kesulitan, silakan hubungi kami.

    Langkah selanjutnya adalah memodifikasi toko online Anda sesuai kebutuhan,
    misalnya alamat kontak, cara pembayaran, cara memasukkan produk baru.

    3. Mengelola Toko Online Prestashop

    [​IMG]
    Untuk bisa mengelola dan memodifikasi toko online yang dibuat dengan
    prestashop, terlebih dahulu Anda harus masuk ke halaman administrator.
    Halaman administrator dikirim ke email saat instalasi pertama. Misalnya
    _http://www.anaksoleh.com/admin123, lalu masukkan user dan passwor Anda. Halaman
    administrator prestashop tampak seperti gambar disamping.

    • Mengganti bahasa prestashop menjadi bahasa Indonesia. Pertama-tama
    silakan download bahasa indonesia. Kemudian klik Tools lalu Translataion.
    Setelah itu klik browse pada menu import. Setelah sukses, silakan copy
    bahasa indonesia menjadi bahasa inggris ke pretashop, dan klik copy.

    • Memodifikasi modul informasi pada prestashop (menu pengiriman, privacy
    policy, pengiriman, cara pembayaran, dll. Untuk merubah isi modul informasi
    ini silakan klik Tools, kemudian klik CMS. Menu yang mau dimunculkan
    bertanda contreng hijau, menu yang tidak akan dimunculkan bertanda silang
    merah, untuk merubah tinggal klik aja tanda yang bersangkutan. Untuk
    merubah isi content CMS tinggal klik saja tanda edit (gambar pensil) dan
    sesuaikan isi dengan kebutuhan Anda. Untuk menambah halaman baru yang belum
    ada silakan klik tanda + Tambahkan halaman baru.

    • Memodifikasi cara pembayaran. Anda dapat memilih berbagai macam cara alat
    pembayara di toko Anda, misalnya kartu kredit, paypal, transfer bank, bayar
    di tempat dan lain-lain serta pemilihan jenis mata uang, apakah USD,
    Rupiah, dll. Untuk memodifikasi cara pembayaran dan jenis mata uang,
    silakan klik tombol Payment, contreng jenis mata uang yang digunakan. Untuk
    menjadikan mata uang Rupiah sebagai mata uang utama, silakan contreng
    Rupiah sebagai default, mata uang yg tidak dipergunakan silakan silang.
    Opsi pajak bisa dinonaktifkan jika tidak dipergunakan. Di menu pembayaran
    Anda juga dapat menambahkan manu diskon kepada pembeli dengan memberikan
    kode voucher.

    • Memodifikasi karyawan toko. Anda dapat menambahkan admin untuk karyawan
    toko baik untuk posting katalog menerima pesanan dan lain sebagainya. untuk
    menambah karyawan toko silakan klik employees dan klik tanda tambah.

    • Memodifikasi cara pengiriman. Toko online identik dengan pengiriman
    barang kepada konsumen, di prestashop terdapat berbagai pilihan pengiriman,
    misalnya pengiriman dengan kantor pos, tiki, COD dan lain sebagainya. untuk
    memodifikasi cara pengiriman, silakan klik menu shipping.

    • Memasukkan katalog produk. Memasukkan katalog produk baru merupakan
    kegiatan yang rutin dilakukan oleh pemilik toko online, sehingga langkah
    ini tidak akan terlalu sulit, karena merupakan pekerjaan berulang-ulang.
    Silakan klik catalog dan masukkan produk baru yang akan dipajang di toko
    Anda.
     
  5. hartonowijoyo

    hartonowijoyo Hero

    Joined:
    Sep 15, 2006
    Messages:
    655
    Likes Received:
    545
    Location:
    Jakarta Pusat
    Sippp, thanks a lot mastah @hardinalz buat om id bunglon, mari belajar sama2 :)
     
  6. maz_da

    maz_da Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 11, 2011
    Messages:
    288
    Likes Received:
    11
    Nice sharingnya gan, lebih maknyus klo ada SS nya :senyum:
     
  7. hartonowijoyo

    hartonowijoyo Hero

    Joined:
    Sep 15, 2006
    Messages:
    655
    Likes Received:
    545
    Location:
    Jakarta Pusat
    SSnya sudah ditambahkan di postingan mastah hardinalz kang maz_da
     
  8. Adhynda

    Adhynda Ads.id Starter

    Joined:
    Feb 4, 2012
    Messages:
    53
    Likes Received:
    6
    Ada yang bisa share buat toko online dengan cms WP nga?
     
  9. semprulll

    semprulll Super Hero

    Joined:
    Mar 21, 2007
    Messages:
    1,382
    Likes Received:
    38
    Location:
    Kota Baja
  10. Hanafi

    Hanafi Ads.id Starter

    Joined:
    May 8, 2010
    Messages:
    54
    Likes Received:
    3
    Location:
    Yogyakarta
    @hartonowijoyo, terima kasih.. tutorialnya bagus
    (IDwebhost)
     

Share This Page