1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Penting....Kasus Penjual Online mau dituntut pembeli

Discussion in 'Chit Chat' started by indonesia, Feb 27, 2015.

  1. indonesia

    indonesia Super Hero

    Joined:
    Nov 17, 2009
    Messages:
    778
    Likes Received:
    46
    Ceritanya : Saya kirim barang melalui JNE, di status tracking JNE barang sudah terkirim, tapi ternyata pembeli mengaku tidak menerimanya, dan pembeli tetap ngotot, marah dan mencaci maki saya (katanya:cari kerja yang benar jangan jualan online), dan nuduh saya kalau barang tidak saya kirim, padahal resi juga sudah saya kasih ke pembeli untuk dicek secara online!
    Pembeli tetap mau tuntut saya kalau uang tidak dikembalikan, akhirnya saya balikin saja duitnya, karena saya tidak mau waktu saya tersita hanya ngurusin uang 100rb, walaupun saya juga tidak bersalah.
    Saya sebagai penjual sudah menghubungi jne 2 kali, tapi sepertinya JNE tidak mau bertanggung jawab (email saya tidak di respon sama sekali, JNE hanya merespon email saya ketika barang belum sampai ke penerima, tapi JNE tidak merespon email saya ketika barang salah diterima orang)
    Yang mau saya tanyakan adalah :
    1. Apakah benar jika pembeli menuntut ke penjual dan bukan ke pihak jasa pengiriman, sementara kesalahan 100% pada pihak jasa pengiriman?
    2. Apakah penjual wajib mengganti 100% barang yang tidak sampai pada pembeli, sementara kesalahan 100% pada pihak jasa pengiriman?
    3. Pembeli ngotot dan tidak sopan nuntutnya hanya kepada saya selaku penjual(dropsiper), dan tidak berusaha menghubungi JNE sama sekali, apakah ini benar?
    4. Siapakah yang menang jika di proses melalui jalur hukum?

    terima kasih atas jawabannya
     
  2. geovani

    geovani Super Hero

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    929
    Likes Received:
    159
    Location:
    jakarta
    kalau resinya sudah sesuai alamat bukan anda yang salah dong ?
     
  3. Dwipangga

    Dwipangga Super Hero

    Joined:
    Mar 25, 2010
    Messages:
    3,142
    Likes Received:
    297
    Location:
    Home
    Ane sering gt, gan
    kadang gt itu akal2n pembeli aja

    kalo ente punya resi, jgn takut, jabanin aja mw ampe mana
    lha wong ente g salah kok

    jne susah dihubungin, kalo kaya kasus ente, mending ente cr no telp jne daerah tujuan, jgn pake email
     
  4. kakahelmy

    kakahelmy Super Hero

    Joined:
    Feb 10, 2007
    Messages:
    1,065
    Likes Received:
    57
    Location:
    behind enemy lines
    baiknya agan jaga hubungan sama jne tempat agan biasa kirim, sampaikan aja ke agen jne tsb kalo ada masalah, biasanya langsung mereka urus kok.

    JNE so far sih masih paling bagus menurut ane.
     
  5. poetri

    poetri Super Hero

    Joined:
    May 11, 2011
    Messages:
    1,452
    Likes Received:
    265
    Sy jg pernah bbrp kali mengalami hal yg sama sprti agan. Kalau bukti resi sdh ada ngapain jg takut sama konsumen yg mau pake jalur hukum, gan.
    Perlu diketahui, modus seperti itu adalah modus yg ingin menipu agan. jd jangan takut gertak jg, gan..
    terbukti bbrp kali sy jg menang, akhirnya konsumen tersebut mengakui bahwa brng sdh diterima [alasannya macam2 macam, yg menerima saudaranya lah, tetangganya lah].
    atau jg ada yg langsung nggak kontak2 lagi
     
  6. newcomer

    newcomer Hero

    Joined:
    Jun 17, 2013
    Messages:
    716
    Likes Received:
    28
    Location:
    Manado
    Ente yang rugi dong. :D
    jangan takut gan selama masih di pihak yang benar :lol:
     
  7. servvo

    servvo Forum reader

    Joined:
    Oct 10, 2010
    Messages:
    7,290
    Likes Received:
    1,063
    Location:
    Barat Bantul City
    ente dah bener aasal pegang resi dan alamat tujuan dah betul.. mau sampai mahkamah agung ente juga bakal menang gan.
     
  8. dadada

    dadada Super Hero

    Joined:
    Dec 10, 2013
    Messages:
    2,514
    Likes Received:
    999
    Kan sudah ada bukti resi?, ngapain takut dituntut sih gan?... :)

    Teorinya sederhana : Kalau semacam resi pengiriman sebagai bukti tidak kuat dimata hukum, mana berani orang berjualan online?, bisa dikadalin orang dg trik-trik macam gituan doang?.. :D
     
  9. m2dbx

    m2dbx Super Hero

    Joined:
    Sep 7, 2013
    Messages:
    976
    Likes Received:
    104
    Location:
    Indonesia
    walah kok nyerag gan? hehe :D
    kalo ane tetap maju pantang mundur, kita gak salah kok,
    lacak sampe ke JNE daerah yang dikirimin, kalo perlu di telepon, yg ngirim ke rumah siapa, jangan2 dimainin sama kurirnya :D lha wong dirumah modal tanda tangan aja dah bisa diambil tuh barang, padahal bukan orang yang dimaksud dalam nama yang dikirimin barang.

    menurut cerita langsung dari kurirnya (cerita asli nih gan, ane yg diajak bicara langsung). Salah satu kurir JNE pernah ketipu, gara-gara dia salah ngirim ke satu tempat dan mempunyai 2 nama,dan yg dikirimi itu bukan yang dimaksud, begitu tau dia salah kirim, dia langsung datang lagi dan mau ambil paket yg salah kirim tsbt, alhasil penerima ngotot kalo barang itu miliknya (EDAN). Dan dia akhirnya harus nukerin barang tsbt dengan uang (padahal isinya laptop lho *pantesan gak mau balikin), dengan menyerah dia ganti tuh barang ke penerima asli yg dimaksud dlm pengiriman tsbt.

    Nah, pas ketempat ane ngirim paket, dia pake minta KTP segala untuk mastiin kalo gak tertipu lagi, trauma dia :D hehe

    kalo menurut saya, yang salah ya kurirnya, lha wong gak dipastikan dulu, seharusnya ditanyakan dulu ke RT setempat kalo belum tau seluk beluknya, dan di data yang dikirim kan pasti ada tuh nomor telepon, coba aja ditelepon, pasti hp penerima berbunyi saat kita berhadapan dengan ya, *kalo gak di silent :D
     
    nyubitool likes this.
  10. rawapesona

    rawapesona 10000USD/Month

    Joined:
    Jan 26, 2011
    Messages:
    4,864
    Likes Received:
    375
    Location:
    https://proreview.host
    modus tipu2 kayaknya gan, atau emang ada masalah sama pihak JNE
     
  11. bed_boy

    bed_boy Twitter ADDICT

    Joined:
    Nov 11, 2009
    Messages:
    2,055
    Likes Received:
    132
    Location:
    Jogjakarta
    Kalau udah ada resi itu berarti pihak ketiga yg salah kalau gak sampai gan.

    bisnis online gak semua punya kurir sendiri, jadi pakai jasa pihak ketiga, kalau udah ada resi posisi agan kuat karena resi yg agan bawa di pegang juga satu untuk si kurir.

    Apalagi kalau JNE biasanya kasih nomer hape si penerima pas agan kirim, jadi kalau barang gak sampai, si JNE bakal sms untuk lebih tahu posisi tepatnya si penerima (mungkin alamatnya aja yg agak repot dicari) atau nanti si penerima disuruh datang ke kantor JNE setempat untuk ngambil.

    Jadi kalau gak sampai, ya agak mustahil juga. :) atau mungkin dia berusaha nipu agan. hehe. sabar aja gan.
     
  12. andissh

    andissh Newbie

    Joined:
    Sep 23, 2014
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Apakah agan punya halaman Terms & Agreements atau halamab Syarat & Ketentuan di dalam OL shopnya? Sebuah website, terutama yang main dalam e-Commerce sepatutnya memiliki halaman ini. Dasar dari sebuah bisnis adalah kepercayaan, ditunjukkan melalui upaya dan itikad baik, diselesaikan di meja transaksi, dan berakhir di kepuasan.

    IMHO ya gan,

    1. Apakah benar jika pembeli menuntut ke penjual dan bukan ke pihak jasa pengiriman, sementara kesalahan 100% pada pihak jasa pengiriman?
    Hak pembeli untuk menuntut sana-sini, gan. Hak penjual untuk menuntut balik jika merasa dirugikan. Jika benar, tidak ada alasan untuk takut.

    2. Apakah penjual wajib mengganti 100% barang yang tidak sampai pada pembeli, sementara kesalahan 100% pada pihak jasa pengiriman?
    Crosscheck dari masing-masing pihak, baik penjual, pembeli, hingga JNE sangat diperlukan untuk menemukan di mana titik kesalahan/error. Ini adalah bentuk itikad baik, sesuatu hal yang sangat direkomendasikan sebelum sebuah perkara dibawa ke ranah hukum. Sebagai pemain besar, JNE sudah sangat paham akan hal ini.

    3. Pembeli ngotot dan tidak sopan nuntutnya hanya kepada saya selaku penjual(dropsiper), dan tidak berusaha menghubungi JNE sama sekali, apakah ini benar?
    Sebagai bentuk itikad baik, pembeli sangat disarankan utk turut pula mengkonfirmasi pada pihak JNE. Pertimbangan hukum akan selalu memperhatikan ada atau tidak adanya itikad baik diantara pihak-pihak yang bersengketa.

    4. Siapakah yang menang jika di proses melalui jalur hukum?
    Pihak yang benar selalu memiliki peluang jauh lebih besar untuk menang dalam proses hukum.
     
  13. adsenses

    adsenses Banned

    Joined:
    Jan 22, 2015
    Messages:
    352
    Likes Received:
    21
    kalau ane di posisi p3mbeli, selama barang belum diterima ya berarti penjual yg bertanggung jawab, apalagi di trackingnya blm terbukti barang sudah diterima.
    100% penjual akan kalah dipengadilan kalau tidak bs memberikan bukti barang sudah diterima.
     
  14. dotyahoo

    dotyahoo Super Hero

    Joined:
    Sep 25, 2012
    Messages:
    2,014
    Likes Received:
    104
    mungkin itu juga akal2an pembeli yang ngga mau rugi gan,
    sekarang secara logika emang bener tuh pembeli nuntut,
    kemungkinan uang yang dikeluarkan sudah jutaan atau puluhan juta

    nah sekarang cuma 100rb doang mau nuntut, ?
    belum sewa pengacara, buka acara dihakim, dll
    udah kena berapa tuh klo dibandingin cuma ngiklhasin uang 100rb :D
     
  15. gaketolong

    gaketolong Ads.id Pro

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    364
    Likes Received:
    66
    udah dijawab semua sama mastah² diatas.. :D

    kalo dari saya, asal ada bukti order/pesanan pelanggan, dan resi sesuai dengan nama & alamat ketika dia pesan
    anda sebagai penjual sudah melakukan tanggung jawab anda, meskipun berujung dengan tuntutan di meja hukum, anda punya bukti kuat & meyakinkan.
    perkara tidak sampai ke tangan pelanggan, tanggung jawab itu ada di kurir/ekspedisi
    namun dalam hal ini itikad baik anda sebagai penjual bisa berupa membantu tracking atau kontak ekspedisi terkait tentang status paket tersebut.

    seperti agan andissh bilang, setiap olshop sebaiknya punya halaman syarat & kententuan
    atau aturan yg wajib disetujui oleh pelanggan ketika melakukan transaksi/pembelian di olshop tersebut.
    tapi memang kendalanya agak sulit/ribet untuk olshop perseorangan/skala kecil, yg jualannya via bbm, facebook, dll, dan belum punya website sendiri.

    sedikit dari saya, kalau harga barang sekitar 100rb-an mau ambil jalur hukum, kira² worthed ga ya?
    buat urus sana-sini sama pengacara dll kayaknya bakal berkali-kali lipat uang yg harus dikeluarkan
    belum lagi waktu & tenaga yg dikeluarkan.. :D

    jadi selagi anda sudah melakukan segala kewajiban sesuai kesepakatan awal, jgn takut gan.
    emang rada rese sih ketemu pelanggan kayak gitu.. :D
    tapi seiring jam terbang anda akan tahu bagaimana menghadapi orang
    ² seperti itu.. ;)
     
  16. guntur9090

    guntur9090 Ads.id Pro

    Joined:
    Nov 11, 2014
    Messages:
    421
    Likes Received:
    23
    Location:
    tangerang
    tidak, tidak , tidak, anda | selama resi udah keluar, mau di jabanin sampe hukum galaxy juga tetep ente yang menang
     
  17. hack123

    hack123 Ads.id Pro

    Joined:
    Aug 2, 2014
    Messages:
    336
    Likes Received:
    7
    Location:
    Jakarta Selatan
    kemaren pengalaman juga gan, jadi saya kirim produk ke Medan, tapi udah 2 minggu bahkan lebih tu barang gak nyampe juga ke pembeli. lumayan kan barang 1,6jt kalo harus dibalikin uangnya

    tlp Jne free toll bisa sekali kalinya. dia tu CS katanya barang udah sampe di medan, emang sesuai sih sama diresi, cuman statusnya on schedule. abis itu dia minta data kita hp, sama nomer resi, sama no hp penerima. tapi abis itu gak juga kekirim kirim, kita juga gak dikabarin.

    akhirnya saya datengin Jne tempat ngirim tu barang. cuma diminta serahin resi (yang muka ke2 kan resi lipet 3, lipetan 1 sama lipetan 3 kan sama isinya data pengiriman). nunggu 2 hari si pembeli ngasih info barang udah diterima. ternyata tu barang di simpen dulu di jne medan. nunggu barang memenuhi jumlah untuk dikirim ke alamat yang saya tuju. kenapa gak dikirim sesegera mungkin katanya alasannya karena itu tadi belum memenuhi jumlah untuk pengiriman ke daerah tersebut. (padahal itu medan daerah kota)

    mudah mudahan pengalaman saya bisa ngasih pencerahan sedikit ke agan agan semua terutama TS.
     
  18. twe452

    twe452 Ads.id Pro

    Joined:
    Feb 19, 2015
    Messages:
    418
    Likes Received:
    43
    semua bisnis ada resikonya. setiap pihak hanya bisa memperkecil resiko tersebut, tidak bisa dihilangkan.
    waspadalah, yakinlah tuhan tidak pernah tidur....

    kalo agan (penjual) berfikir, "cuma 100ribu, ikhlaskan aja".
    si pembeli yang curang juga seperti itu, "masa cuma 100ribu, si penjual tidak mengikhlaskan".

    ini bukan sekedar masalah 100ribu !!!! 100ribu agan adalah celah/jalan buat si pembeli (curang) untuk memperoleh 1juta, 10juta, atau 100juta dengan menipu penjual online lainnya.

    semua kepetusan ada di kamu...
    kalo kamu memilih untuk mengikhlaskan, gak papa. ilmu ikhlas salah satu ilmu yang sulit di cari, semoga kamu mendapatkannya.
    kalo kamu memilih untuk jalur hukum, gak papa. karena kamu menuntut hak-mu.

    semoga berhasil di kemudian hari & jadi pembelajaran buatmu dan penjual yang lain.
     
    indonesia likes this.
  19. luckyjo

    luckyjo Hero

    Joined:
    Jun 18, 2009
    Messages:
    612
    Likes Received:
    56
    - saya juga jualan OL, tp saya lebih suka pakai Pos Indonesia, krn lebih murah & kecepatannya ga kalah sama yg swasta, jangkauan paling luas kalo utk Indonesia. jadi mendingan pki Pos Ind. saja. Mereka adalah the best :)
     
  20. go.dre.am

    go.dre.am Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 4, 2011
    Messages:
    376
    Likes Received:
    61
    Location:
    www.tetuku.com
    berarti ente kena tipu gan. dah pernah kasus kayak gini dibahas di forum sebelah, dengan berbagai macam modus
     

Share This Page