1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

Ini Kisah Terakhir si Copywriter Muda, Sejak Lembur Hingga Meninggal

Discussion in 'Chit Chat' started by masbayu22, Dec 16, 2013.

  1. masbayu22

    masbayu22 Super Hero

    Joined:
    May 18, 2011
    Messages:
    1,288
    Likes Received:
    95
    Location:
    Kulivps.com
    Saya hanya ingin mengingatkan diri saya sendiri dan saudara2 semua, semoga menginspirasi kawan2 semua, khususnya yang suka lembur 24/7 maupun diluar batas kewajaran. Kesehatan mahal harganya, kalau udah sakit dan masuk rumah sakit, maka tak ada artinya kita punya earning berdigit-digit banyak. Jadi sedih... :gembeng:


    Ini Kisah Terakhir si Copywriter Muda, Sejak Lembur Hingga Meninggal




    Jakarta, Bekerja memberikan yang terbaik. Sepertinya begitulah komitmen Mita Diran, si copywriter muda yang belum lama ini meninggal. Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, Mita diketahui bekerja lembur hingga 30 jam. Nah bagaimana kisah lengkap saat-saat terakhir Mita?

    14 Desember lalu, Mita sempat memposting kicauan di Twitter. "30 Hours and going strooong." Begitu tulisan Mita. Tidak ada yang menyangka tweet itu menjadi tweet terakhir yang ditulis Mita.

    Kebiasaan lembur Mita memang diketahui orang tuanya. Sang ayah, Z Yanni Syahrial, juga sangat mengerti bagaimana cara kerja di dunia periklanan. Apalagi dirinya juga berada di dunia yang sama dengan sang putri. Tapi orang tua percaya pada Mita, dan yakin putrinya bisa menjaga dirinya baik-baik. Maka itu orang tuanya tidak pernah melarang Mita untuk lembur. Hanya saja, yang namanya orang tua pasti akan selalu memberikan nasihat dan berbagai wejangan agar anaknya selalu sehat dan tidak kekurangan suatu apapun.

    "Kita terima telepon tengah malam dari temannya yang mengatakan Mita kolaps di sebuah tempat makan di Santa, Jakarta Selatan. Saat itu dia lagi mau makan malam sama temannya. Itu dia pulang malam dari kerja tapi karena temennya datang dari luar dan sudah beberapa hari nungguin mau ketemu Mita, dia iyain walaupun dia capek. Ya you need social life," ujar Yanni kepada detikHealth di kediamannya, kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, Senin (16/12/2013).

    Bekerja memang bukan sekadar tuntutan pekerjaan, tapi juga tentang passion. Nah, Mita sepertinya memiliki minat yang luar biasa di dunia periklanan sehingga dia ingin melakukan yang terbaik. Mita memang sedikit keras kepala, tapi itu dilakukan karena dia memiliki tujuan. Sayangnya, dia kerap lupa dengan kesehatannya.

    "Di luar dari tuntutan kerja itu misalnya effort dari dia. Trend di mana-mana saya lihat memang gitu, bukan di tempat dia kerja aja. Dan saya juga punya anak buah di sebuah advertising agency dan saya mau bikin satu peraturan bahwa kita harus jaga kesehatan, baru ngomong-ngomong gitu tiba-tiba kejadian sama anak saya. Itu yang bikin saya tambah yakin bahwa something needs to be done," ucap Yanni.

    Dia kemudian melanjutkan kisah Mita di malam saat mulai kolaps. Begitu tahu Mita dibawa ke RSPP, Yanni dan istrinya segera menuju ke RS. Saat itu Mita dalam keadaan koma, alat pernapasan dan pacu jantung telah dipakaikan pada gadis tersebut.

    "Setelah 9 kali pake electric yang ke jantung itu agak banyak ya, baru detik jantungnya agak naik. Tapi tidak stabil, sudah tidak bernapas kalau nggak dibantu alat pernapasan," sambungnya.

    "Nah, itu kronologinya. Dia itu udah berturut-turut beberapa hari, sampai begadang-gadang, terus fisik melemah, mungkin dibantu dengan minuman yang bisa membooster tenaga," imbuh Yanni sembari menyebut sebelum pingsan Mita belum sempat makan meskipun sudah berada di restoran yang cukup bagus.

    Menurut informasi yang diperoleh Yanni, sebenarnya Mita dalam perjalanan dari restoran ke rumah sakit sudah tidak bernapas, dan detak jantungnya pun sudah tidak ada. Nah, begitu sampe rumah sakit langsung dilakukan tindakan untuk memicu denyut jantungnya. "Itu Minggu (15/12) pukul 00.30 sampai 02.00 WIB. Ya masih di monitor mau dimasukin ke ICU tunggu sejam. Sebelum masuk ICU masih belum ada perubahan," terang Yanni.

    Saat itu sudah banyak keluarga yang datang ke RS. Mita kala itu tidak sadarkan diri sama sekali. Melihat kondisi Mita, tentu keluarga menginginkan yang terbaik untuknya. Karena tidak ingin membuat Mita sengsara dengan sakitnya dan telah dilakukan segala daya upaya namun kondisi Mita tak juga stabil, akhirnya keluarga merelakan kepergian Mita untuk selama-lamanya.

    "Basically kondisi badannya drop dan dia passion-nya untuk bekerja, dan memang ya industri ini emang begitu. Semuanya begitu, bukan Mita sendiri yang memang long hours," ucap Yanni.

    Mita kini telah dimakamkan di TPU Jeruk Perut, di samping makam sang kakek. Selamat beristirahat, Mita. Semoga damai di sisi Tuhan.


    Saat Masuk RS, Kadar Gula si Copywriter Muda Tinggi




    Jakarta, Mita Diran memang sudah pergi untuk selamanya. Namun kisah hidupnya bisa menjadi pelajaran berharga untuk orang-orang yang berkecimpung di dunia serupa dengannya. Dunia yang penuh deadline dan tekanan tinggi, sehingga diperlukan totalitas yang sepertinya tak kenal batas. Sebelum meninggal setelah bekerja lembur 30 jam, si copywriter ini masuk RS dengan kadar gula tinggi.

    "Jadi waktu masuk rumah sakit itu kadar gulanya tinggi 359. Terus sudah beberapa jam turun 159. Sebenanya sesekali enggak apa-apa (minum minuman berenergi, tapi 30 jam tanpa henti dalam jangka waktu segitu lebih dari satu botol dengan keadaan drop," ujar ibunda Mita, Maya Syahrial, saat ditemui detikHealth di kediamannya, kawasan Bintaro, Jakarta Selatan, Senin (16/12/2013).

    Maya berusaha tabah menghadapi ujian ini. Dia mengenang sang putri yang beberapa kali mengeluh pusing. Karena tinggal terpisah dari orang tua, Mita hanya mengunjungi orang tuanya saat weekend saja. Itu pun terkadang tidak dilakukannya karena alasan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.

    Menurut Maya, kada Mita juga sering tidak mau berkata jujur padanya. Kerap Mita pulang kerja pukul 06.00 WIB dan kembali ke kantor dua jam kemudian. "Dia nggak berani bilang ke saya karena mungkin saya panikan," ucapnya.

    Soal minuman berenergi yang dikonsumsinya saat lembur, menurut Maya, sejak Mita masih bekerja di Malaysia pun sudah meminumnya. Suatu kali saat pindah kerja ke Indonesia, Maya menemukan banyak botol minuman berenergi di kulkas. Takut anaknya tergantung minuman keras, Maya pun menyarankan agar Mita menyempatkan diri tidur dan bangun dengan bantuan jam weker saja. Dengan demikian, saat bekerja Mita punya cukup energi.

    "Mita harus kerja, enggak boleh tidur. Kenapa? Enggak boleh karena kalau kalau Mita sulit tidur mending enggak kerja. Jadi tidur atau enggak kerja. Kalau enggak tidur harus minum itu (menyebut merek minuman berenergi). Kalau nggak, Mita nggak bisa melek," ucap Maya menirukan Mita..

    Mita memang meninggal setelah sebelumnya kerja lembur puluhan jam, namun pihak keluarga tidak sekalipun berniat meminta penjelasan dari perusahaan tempat Mita bekerja. Sebab menurut sang ayah, Z Yanni Syahrial, dunia kerja priklanan memang semua seperti itu. Hal itu sangat diketahui Yanni sebab dirinya pun sudah 35 tahun berkecimpung di dunia itu.

    "Mengapa kreatif itu tidak dikasih waktu cukup, basically itu. Siapa yang salah? Itu adalah lingkaran saling nuduh itu ya kan, karena industrinya mengarah ke speed is money. Nah, saya sering ngomong di kantor coba tanya kliennya kalau mereka produknya misalnya bikin ban, satu ban itu berapa jam bikinnya. Kalau satu ban butuh waktu 30 jam tapi cuma dikasih 10 jam hasilnya apa? Bannya kempes terus kan?" kata Yanni.

    Menurutnya tak hanya perusahaan periklanan di Indonesia yang seperti itu, perusahaan serupa di luar negeri juga tidak jauh beda. "Jadi wake up call harus dikaji ulang semua perusahaan. Relasi kerja, partner atau klien itu harus mengerti bahwa kerjaan ini kalau mau bagus nggak bisa dikasih waktu pendek. Nah sering sekali kalau dikasih waktu pendek ide yang keluar so so, pasti disuruh revisi," ucap Yanni.

    "Perlu kasih pengertian di kedua sisi. Ujung-ujungnya kalau kita punya tim yang kurang fit memang hasil kerja bagus? Itu aja logis," imbuh Yanni.


    Sumber: Detik Health
     
    Last edited: Dec 16, 2013
    nurmuhammad, mubaroki, yuyud and 3 others like this.
  2. selamet

    selamet Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 26, 2010
    Messages:
    420
    Likes Received:
    21
    Jangan sampai terjadi pada diri kita.Tubuh juga punya hak untuk makan dan istirahat.. seimbang adalah kata kuncinya
     
  3. imteas

    imteas Super Hero

    Joined:
    Apr 14, 2011
    Messages:
    1,089
    Likes Received:
    226
    HAti hati buat para blogger yang suka begadang...
    Semoga kisah ini bisa menjadikan pelajaran agar kita lebih mementingkan kesehatan...
    Dan bekerja sesuai kekuatan tubuh kita...ga perlu ngoyo..!!!
     
  4. tedi sangpemimpi

    tedi sangpemimpi Ads.id Pro

    Joined:
    Jun 3, 2010
    Messages:
    393
    Likes Received:
    13
    Wadoh.. Jadi serem:kaget::kaget:. Inget bulan puasa kemaren... Ngejar setoran di online dan offline, plus anak yang selalu rewel jadinya tidur rata2 cuman 3jam.. itu full sebulan penuh...
     
    masbayu22 likes this.
  5. adhi88

    adhi88 Super Hero

    Joined:
    Sep 25, 2009
    Messages:
    1,222
    Likes Received:
    50
    Location:
    CILACAP
    Ikut prihatin bacanya. Bisa buat pelajaran buat kita. Walaupun semangat kerjanya tinggi dan motivated tetapi kesehatan harus tetap dijaga. Apa-apa yang berlebihan pasti berdampak buruk jadi harus pinter jaga keseimbangan.
     
  6. m2dbx

    m2dbx Super Hero

    Joined:
    Sep 7, 2013
    Messages:
    976
    Likes Received:
    104
    Location:
    Indonesia
    ceritanya bikin sedih.. :(

    ane jg takut gan, soalnya kerjaan ane sehari hari cuma didepan leptop, makan, tidur, :D
    tapi untungnya tidak terlalu parah lamanya didepan laptop
     
  7. masbayu22

    masbayu22 Super Hero

    Joined:
    May 18, 2011
    Messages:
    1,288
    Likes Received:
    95
    Location:
    Kulivps.com
    Memang seperti itu ya resiko kerjaan online, entah ngeblog maupun aktifitas lainnya selalu menyita banyak waktu. kadang saking betahnya sampai2 lupa waktu, lupa olahraga, parahnya lupa ama bini. :lol: Memang serem denger kisah Mita itu, meski beberapa orang ada yg bilang itu karna efek terlalu banyak minum minuman sejenis pendongkrak stamina biar tetep fit. Tapi tetap saja kerja 30 jam/hari itu diluar kewajaran dan manusia juga butuh tidur, seharusnya kasus Mita ini bisa masuk rekor muri. :komunis:
     
  8. Siti Aisyah

    Siti Aisyah Ads.id Starter

    Joined:
    Jun 22, 2013
    Messages:
    66
    Likes Received:
    0
    Ya Alloh,..
    aku jadi kaget ..
    kalo aku sih kalo nulis terus cape ya aku tidur atau selonjoran dulu ,.
    kalo udah siap nulis lagi, ya aku mulai nulis lagi,.
    mungkin karena aku sih ga bisa konsentrasi kalau dalam keadaan ngantuk karena aku jg ga pake doping minuman ini itu,. air putih juga cukup,..

    Jauhkan kejadian seperti ini ya Allah dari kita semua,.
    Amiiiiin ....
     
  9. damdidamdidam

    damdidamdidam Super Hero

    Joined:
    Aug 9, 2011
    Messages:
    1,101
    Likes Received:
    85
    berita ini lebih dahulu beredar di social media (twitter dan path) sebelum masuk news
    ini twit terakhir Mita @mitdoq
    Mita Diran ‏@mitdoq 14 Dec
    30 hours of working and still going strooong.
     
  10. van_arista

    van_arista Konsultan Toko Online

    Joined:
    Aug 22, 2009
    Messages:
    3,336
    Likes Received:
    1,235
    Location:
    Surabaya
    kalo SEO over optimized, hasilnya juga tidak bagus...
     
  11. TheNext

    TheNext Super Hero

    Joined:
    Mar 1, 2011
    Messages:
    2,899
    Likes Received:
    211
    Location:
    Ruang Pikiran
    sebuah tamparan keras untuk kita yang masih keras kepala lembur demi kerjaan (passion?)
     
  12. regista

    regista Ads.id Starter

    Joined:
    Dec 29, 2009
    Messages:
    94
    Likes Received:
    7
    ngenet 1 jam, istirahat 15 menit, minum air putih setengah gelas tiap 45 menit, lari lari kecil dirumah.
    jangan sampai lupa waktu
    Semoga kita sehat selalu
     
  13. suksesbersama

    suksesbersama Super Hero

    Joined:
    Oct 29, 2013
    Messages:
    803
    Likes Received:
    31
    Orang sekarang banyak yg workaholic alasannya demi karir,alhasil kesehatan pun tergadaikan.
     
  14. CuteGoblin

    CuteGoblin Super Hero

    Joined:
    Jun 30, 2009
    Messages:
    1,902
    Likes Received:
    123
    Kalo ga salah ane pernah baca kasus yg sama pekerja di jepang ama gamer Taiwan yg sama2 kurang tidur
    Klo salah dalam sehari manusia butuh tidur minimal 3 jam, untuk regenerasi sel otak, kalo sampe 3hari berturut-turut dibawah itu bahaya soalnya sel yg mati ga ada gantinya akibatnya fatal alias mokad
    :hmm2:
     
  15. kinur

    kinur Grosir Zombie

    Joined:
    Mar 1, 2010
    Messages:
    1,407
    Likes Received:
    173
    Mempunyai hikmah yang sangat besar buat kita semua dalam bersikap dan bekerja, bekerja dan bersikap..

    Kesehatan memang anugerah yang seringkali tidak dihitung.. :(
     
    Nemoe likes this.
  16. itilitit

    itilitit Hero

    Joined:
    Mar 31, 2012
    Messages:
    581
    Likes Received:
    26
    Location:
    bandung
    ane udah 6 bulan jalanin pola tidur yg rada ekstrim.
    tidur 4 x 1 jam, tiap jam 5-6 11-12 17-18 23-24.
    :swt2:
     
  17. adhi88

    adhi88 Super Hero

    Joined:
    Sep 25, 2009
    Messages:
    1,222
    Likes Received:
    50
    Location:
    CILACAP
    Rasanya gimana bro?
     
  18. dedensupiyanto

    dedensupiyanto Super Hero

    Joined:
    Jun 26, 2010
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    441
    Location:
    RahasiaFB.Info
    Wah thanks banget mas bro TS. Setelah ane membaca ini ane jadi ngerti pentingnya kesehatan & memang bener setelah dipikir2. Dapet duit banyak buat apa kalo gak bisa dinikmatin & hanya untuk beli obat aja kalo sakit.

    Untuk itu ane putuskan untuk pulang malem ini buat nemenin bo2k istri tercinta :D. Thanks TS :)
     
    masbayu22 and surya22 like this.
  19. surya22

    surya22 Hamba Allah

    Joined:
    Jun 14, 2013
    Messages:
    608
    Likes Received:
    36
    Location:
    Surakarta Hadiningrat
    jangan lah terlalu memaksakan, kerja juga butuh istirahat, saya aja yang kerja 4 jam udah puyeng nih kepala, semoga bisa jadi pelajaran bagi anda yang sering memaksakan diri tanpa memperhatikan kesehatan anda
     
  20. Prast Putra

    Prast Putra Ads.id Pro

    Joined:
    May 1, 2011
    Messages:
    394
    Likes Received:
    15
    Location:
    Antara Sindoro dan Sumbing
    2 tahun yg lalu 2011 & 2012 ane rajin banget begadang... HARDWORK
    ampe semua penyakit datang, badan juga jadi kurus..... ga' jelas.... muka jadi jelek :p

    setelah perjalanan panjang datanglah banned adsense...
    tp alhamdulilahnya masih ada sisa hasil usaha jadi bisa hidup dari situ selama setahun dan menerapkan SMARTWORK

    tp ternyata SMARTWORK tidakcocok untuk yg minim modal

    dan untuk 1-2bulan ini Start Akhir Oktober 2013
    ane balek lagi ke HARDWORK
    kerja start jam 6 pagi selesai diatas jam 10 malam. Garap kerjaan online, tapi hasil masih (0) nol.
    5 project dilembur sampai akhir tahun

    januari adalah penentuan, kalo tidak sebanding mending ane banyakin usaha OFFLINE krn paling kerja 8 jam doank

    Saat ini jam setengah 11... tidur dulu ahh....
     
    bernandin and masbayu22 like this.

Share This Page