1. Halo Guest, pastikan Anda selalu menaati peraturan forum sebelum mengirimkan post atau thread baru.

[FAQ] Apa itu 'Hummingbird' Algoritma baru Google 2013

Discussion in 'SEO' started by pandumusica, Sep 29, 2013.

  1. pandumusica

    pandumusica Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 17, 2011
    Messages:
    435
    Likes Received:
    46
    Location:
    Malang
    [FAQ] Apa itu 'Hummingbird' Algoritma baru Google 2013 - Di kutip dari _hhhh://searchengineland.com/google-hummingbird-172816_ dan semoga informasi ini bisa menambah pengetahuna tentang Algoritma baru google yang bernama 'Hummingbird'

    Mohon maaf sebelumnya, berhubung saya kurang terlalu pandai dalam berbhasa Inggris, maka sya minta tolong sama ponakan simbah tpi jika ingin membaca artikel aslinya bisa ke _hhhh://searchengineland.com/google-hummingbird-172816_

    "Google memiliki algoritma pencarian baru , sistem menggunakan untuk memilah-milah semua informasi yang dimilikinya ketika Anda mencari dan kembali dengan jawaban . Ini disebut " Hummingbird " dan di bawah , apa yang kita tahu tentang hal itu sejauh ini.

    Apa itu " algoritma pencarian ? "

    Itu istilah teknis untuk apa yang dapat Anda anggap sebagai resep yang digunakan Google untuk memilah-milah miliaran halaman web dan informasi lainnya itu , untuk mengembalikan apa yang percaya adalah jawaban terbaik.

    Apa " Hummingbird ? "

    Ini adalah nama dari algoritma pencarian baru bahwa Google menggunakan , yang Google mengatakan harus kembali hasil yang lebih baik .

    Sehingga " PageRank " algoritma sudah mati ?

    No PageRank merupakan salah satu lebih dari 200 besar " bahan" yang masuk ke dalam resep Hummingbird . Hummingbird melihat PageRank - betapa pentingnya link ke halaman yang dianggap - bersama dengan faktor lain seperti apakah Google percaya halaman adalah kualitas yang baik , kata-kata yang digunakan di atasnya dan banyak hal lainnya ( lihat Tabel Periodik kita Dari Faktor SEO Sukses untuk pengertian yang lebih baik dari beberapa ) .

    Mengapa disebut Hummingbird ?

    Google mengatakan kepada kami nama datang dari menjadi " tepat dan cepat . "

    Kapan Hummingbird mulai? Hari ini?

    Google mulai menggunakan Hummingbird sekitar sebulan yang lalu , katanya . Google hanya mengumumkan perubahan hari ini .

    Apa artinya bahwa Hummingbird sekarang sedang digunakan ?

    Pikirkan sebuah mobil yang dibangun pada tahun 1950. Ini mungkin memiliki mesin yang besar , tetapi juga mungkin menjadi mesin yang tidak memiliki hal-hal seperti injeksi bahan bakar atau tidak dapat menggunakan bahan bakar tanpa timbal . Ketika Google beralih ke Hummingbird , itu seolah-olah itu menjatuhkan mesin tua keluar dari mobil dan dimasukkan ke dalam yang baru . Hal ini juga melakukan ini begitu cepat sehingga tidak ada yang benar-benar melihat saklar.

    Kapan terakhir kali Google menggantikan algoritma dengan cara ini ?

    Google berjuang untuk mengingat ketika semua jenis perubahan besar seperti ini terakhir terjadi . Pada tahun 2010 , "Update Kafein " adalah perubahan besar . Tapi itu juga perubahan terutama dimaksudkan untuk membantu Google lebih baik mengumpulkan informasi (indexing ) daripada memilah-milah informasi. Kepala Amit Singhal pencarian Google mengatakan kepada saya bahwa mungkin 2001, ketika ia pertama kali bergabung dengan perusahaan , terakhir kali algoritma begitu dramatis ditulis ulang .

    Bagaimana semua ini Penguin , Panda dan lainnya " update " - belum mereka terjadi perubahan algoritma ?

    Panda , Penguin dan pembaruan lainnya adalah perubahan bagian dari algoritma yang lama , tapi bukan pengganti seluruh keseluruhan . Pikirkan lagi seperti mesin . Hal-hal yang seolah-olah mesin menerima filter oli baru atau memiliki pompa ditingkatkan menempatkan masuk Hummingbird adalah mesin baru , meskipun terus menggunakan beberapa bagian yang sama dari yang lama , seperti Penguin dan Panda

    Mesin baru ini menggunakan bagian-bagian lama ?

    Ya. Dan tidak . Beberapa bagian-bagian yang sangat baik , sehingga tidak ada alasan untuk membuang mereka keluar . Bagian lain yang terus-menerus diganti . Secara umum, Hummingbird - Google mengatakan - adalah mesin baru yang dibangun pada kedua ada dan baru bagian, diselenggarakan dengan cara terutama melayani kebutuhan pencarian hari ini , daripada satu diciptakan untuk kebutuhan sepuluh tahun yang lalu , dengan teknologi saat itu .

    Apa jenis aktivitas pencarian " baru" tidak Hummingbird membantu ?

    " Percakapan pencarian " adalah salah satu contoh terbesar Google berikan. Orang , ketika berbicara pencarian , mungkin akan lebih berguna untuk memiliki percakapan .

    " Apa tempat terdekat untuk membeli iPhone 5s ke rumah saya ? " Sebuah mesin pencari tradisional mungkin berfokus pada menemukan pertandingan untuk kata-kata - menemukan halaman yang mengatakan " buy " dan " 5s iPhone , " misalnya.

    Hummingbird harus lebih fokus pada makna di balik kata-kata . Ini mungkin lebih memahami lokasi sebenarnya dari rumah Anda , jika Anda telah berbagi bahwa dengan Google . Mungkin memahami bahwa " tempat " berarti Anda ingin toko bata - dan-mortir . Mungkin mendapatkan bahwa " iPhone 5s " adalah jenis tertentu dari perangkat elektronik yang dibawa oleh toko-toko tertentu . Mengetahui semua makna ini dapat membantu Google melampaui hanya menemukan halaman dengan kata yang cocok .

    Secara khusus , Google mengatakan bahwa Hummingbird yang lebih memperhatikan setiap kata dalam query , memastikan bahwa seluruh permintaan - seluruh kalimat atau percakapan atau makna - diperhitungkan , bukan kata-kata tertentu. Tujuannya agar halaman yang cocok makna berbuat lebih baik , daripada halaman yang cocok hanya beberapa kata .

    Saya pikir Google melakukan ini hal pencarian percakapan sudah!

    Itu (lihat Google Impressive " Percakapan Cari " Goes Live Pada Chrome ) , tapi itu hanya telah melakukannya benar-benar dalam jawaban Grafik Pengetahuan nya . Hummingbird dirancang untuk menerapkan teknologi arti miliaran halaman dari seluruh situs , di samping fakta Grafik Pengetahuan , yang dapat membawa kembali hasil yang lebih baik .

    Apakah itu benar-benar bekerja ? Setiap sebelum dan afters ?

    Kita tidak tahu . Tidak ada cara untuk melakukan "sebelum dan sesudah " diri kita sendiri , sekarang . Cukup banyak , kita hanya memiliki kata-kata Google bahwa Hummingbird adalah meningkatkan hal. Namun, Google tidak menawarkan beberapa sebelum dan setelah contoh sendiri , bahwa ia mengatakan menunjukkan perbaikan Hummingbird .

    Sebuah pencarian untuk " resep refluks asam " digunakan untuk daftar banyak obat ( seperti ini, kata Google ) , yang mungkin tidak selalu menjadi cara terbaik untuk mengobati penyakit. Sekarang , Google mengatakan hasil memiliki informasi tentang pengobatan secara umum , termasuk apakah Anda bahkan membutuhkan obat-obatan , seperti ini sebagai salah satu dari daftar .

    Sebuah pencarian untuk " membayar tagihan Anda melalui warga perbankan dan kepercayaan bank" digunakan untuk membuka halaman rumah untuk Citizens Bank tapi sekarang harus mengembalikan halaman tertentu tentang membayar tagihan

    Sebuah pencarian untuk " pizza hut kalori per slice " digunakan untuk daftar jawaban seperti ini , Google mengatakan , tetapi tidak satu dari Pizza Hut . Sekarang , itu daftar jawaban ini langsung dari Pizza Hut itu sendiri , kata Google .

    Mungkinkah membuat Google lebih buruk ?

    Hampir pasti tidak. Sementara kita tidak bisa mengatakan bahwa Google sudah membaik , kita tahu bahwa Hummingbird - jika memang telah digunakan selama sebulan terakhir - tidak memicu setiap gelombang konsumen mengeluh bahwa hasil Google tiba-tiba buruk. Orang-orang mengeluh ketika hal-hal menjadi lebih buruk , mereka umumnya tidak menyadari ketika hal-hal membaik.

    Apakah ini berarti SEO sudah mati ?

    Tidak, SEO belum lagi mati. Bahkan , Google mengatakan tidak ada yang baru atau berbeda SEO atau penerbit perlu khawatir . Bimbingan tetap sama , ia mengatakan : memiliki asli, konten berkualitas tinggi . Sinyal yang telah penting dalam masa lalu tetap penting , Hummingbird hanya memungkinkan Google untuk memproses mereka dengan cara baru dan mudah-mudahan lebih baik .

    Apakah ini berarti aku akan kehilangan lalu lintas dari Google ?

    Jika Anda belum dalam satu bulan terakhir , baik, Anda datang melalui Hummingbird tanpa cedera. Setelah semua, itu pergi tinggal sekitar sebulan yang lalu . Jika Anda akan memiliki masalah dengan hal itu , Anda akan tahu sekarang .

    Pada umumnya , ada pernah ada protes besar antara penerbit bahwa mereka telah kehilangan peringkat . Hal ini tampaknya mendukung Google mengatakan ini adalah sangat banyak efek permintaan demi permintaan , yang dapat meningkatkan pencarian tertentu - terutama yang kompleks - bukan sesuatu yang hits " kepala " istilah yang dapat , pada gilirannya , menyebabkan pergeseran lalu lintas utama .

    Tapi aku kehilangan lalu lintas !

    Mungkin itu karena Hummingbird , namun Google menekankan bahwa hal itu juga bisa disebabkan oleh beberapa bagian lain dari algoritma , yang selalu berubah , tweak atau ditingkatkan . Tidak ada cara untuk mengetahui .

    Bagaimana Anda tahu semua ini?

    Google bersama beberapa itu pada acara pers hari ini , dan kemudian saya berbicara dengan dua eksekutif pencari teratas Google , Amit Singhal dan Ben Gomes , setelah acara untuk lebih jelasnya . Saya juga berharap untuk melakukan tampilan yang lebih formal di perubahan dari orang- percakapan dalam waktu dekat . Tetapi untuk sekarang , mudah-mudahan Anda telah menemukan ini FAQ cepat berdasarkan pada percakapan untuk membantu.

    By the way , istilah lain untuk "makna " koneksi yang Hummingbird dilakukan adalah " pencarian entitas , " dan kami memiliki panel seluruh pada yang di SMX Timur menunjukkan pemasaran pencarian kami di New York City , pekan depan . The Coming " Entitas Cari " sesi Revolusi adalah bagian dari keseluruhan " Semantic Search" lagu yang juga masuk ke mesin pencari cara yang menemukan makna di balik kata-kata . Pelajari lebih lanjut tentang trek dan seluruh acara pada halaman agenda ."

    Akhirnya lega juga, tapi yang menyebabkan kegelisahan adalah kapann trafik bisa kembali normal, terus kapan posisi SERP kembali normal dan bagaimana cara mengatasi 'Hummingbird' ini?

    Ayo mari kita berbagi pengalaman dan sharing bersama.
     
  2. Cendol

    Cendol Ini Bisa Sampai Berapa Kata ?

    Joined:
    Nov 6, 2012
    Messages:
    2,175
    Likes Received:
    270
    berarti pagerank masih ada kah gan?
    heem semakin rumit ya algo baru ini
    tapi biar gimana pun kita mesti ngikutin rulesnya si mbah :D
    nice share om :D
     
  3. alisakit

    alisakit Newbie

    Joined:
    Aug 26, 2012
    Messages:
    44
    Likes Received:
    1
    Location:
    Batang, Jawa Tengah
    Makasih ulasannya.

    Dari beberapa alogaritma yang mbahgugel gunakan, tetep kembali ke satu inti; isi postingan tetap yang utama :D
     
  4. pandumusica

    pandumusica Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 17, 2011
    Messages:
    435
    Likes Received:
    46
    Location:
    Malang
    200 Jurus SEO Untuk Google Hummingbird [Teks]

    200 Jurus SEO Untuk Google Hummingbird [Teks] - Mohon maaf newbi berniat membantu ulasan dari postingan mas rahmani123 dari image kemudian saya ambil intinya dan menjadi ketikan tangan, walaupun sebagian ada yang saya terjemahkan, ada yang saya tulis seperti aslinya karena bingung apa maksudnya, bahkan sedikit point-point yang coba saya ulas sedikit dengan bahasa sebisa saya sendiri.

    Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah atau pernyataan yang kurang tepat, mungkin mastah-mastah ads-id bisa membetulkan dan bahkan bisa merangkum ke dalam suatu ebook yang lebih jelas dengan pengertian-pengertian yang lebih terperinci dan dibahasakan Indonesia agar yang newbi bisa belajar dan memaknai. Saya kira 200 jurus ini bisa mengatasi bagaimana masuk di dunia google Hummingbird dan bagaimana cara keluar dari update algoritma Google Hummingbird di bulan September 2013 ini :jatuhcinta: Biar semakin sayang sama Google Hummingbird.

    Rangkuman untuk 200 Jurus SEO Pamungkas Ampuh Menghadapi Google Hummingbird sebagai berikut:

    Faktor Domain
    - Umur DOmain
    - Keyword yang tampak di domain
    - Katakunci didepan sendiri pada nama domain
    - berapa lama registrasi domain
    - katakunci di subdomain
    - sejarah domain
    - nama domain seperti keyword yang dicari, misal KW : free download mp3, maka muncul nama domain semisal _freedownloadmp3.com_ other sample _hhhp://domainsherpa.zippykid.netdna-cdn.com/wp-content/uploads/2013/07/diapers-example-exact-match-domain-640x309.png_
    - domain dengan whois pribadi atau umum
    - perluasan domain negara, misal .cn, .pt, .ca
    - hukuman pemilik whois, jika google mendeteksi orang sebagai spammer yang membuat sensasi bahwa mereka ingin mengamati dengan serius situs lain yang dimiliki orang tersebut.

    Faktor Halaman
    - Kata kunci di TAG judul
    - Judul TAG dimulai dengan kata kunci
    - kata kunci di deskripsi TAG
    - kata kunci yang muncul di TAG H1
    - Kata kunci yang sering kali digunakan susunan kata di dokumen
    - panjang konten/isi
    - kepadatan kata kunci
    - LSI (Latent Semantic Indexing) kata kunci di dalam kontes. LSI (Latent Semantic Indexing) merupakan sistem yg digunakan google dan mesin pencarian lainnya, Isi halaman web yang dijelajahi oleh mesin pencari dan kata-kata yang paling umum dan frase yang dikumpulkan dan diidentifikasi sebagai kata kunci untuk halaman. LSI mencari sinonim terkait dengan judul halaman Anda. Mugkin seperti kata kunci terkait.
    - LSI kata kunci di title dan deskripsi TAGS
    - Kecepatan halaman via HTML
    - Duplikat konten
    - REL = Canonical
    - Kecepatan halaman via Chrome
    - Optimasi gambar
    - Keterangan waktu update konten, biasanya muncul kita mencari KW dan muncul di blog kapan postingan itu di keluarkan.
    - sejarah update halaman, jadi kapan halaman di update, harian atau mingguan.
    - Pentingnya kata kunci untuk relevansi KW, misal di memmpunyai KW muncul di 100 kata dari halaman konten yang muncul yang signifikan sebagai relevansi.
    - Kata kunci di H2, H3 Tags
    - susunan kata kunci, semisal pencarian memperputih badan,dgn optimasi memputih badan diputihkan
    - kualitas outbound link
    - outbound link pada tema/niche
    - tata bahasa dan ejaan
    - Asal konten, orisinal atau copas
    - Multimedia
    - jumlah internal link yang mengarah ke halaman
    - kualitas internal link yang mengarah ke halaman
    - Link rusak
    - Reading Level, maaf kurang begitu jelas dengan yang ini :D
    - Affiliate links
    - validasi WC3
    - page host's domain autoriti
    - PR halaman
    - panjang URL
    - URL Path
    - Editor manusia
    - kategori halaman
    - wordpress tags
    - kata kunci di URL
    - URL String
    - Tanda angka atau bulet dan numbering
    - prioritas halaman sitemap
    - terlalu banyak outbound links
    - kuantitas selain kata kunci di halaman
    - umur halaman
    - tampilan yang user friendy
    - parked domains

    Faktor situs
    - menyediakan konten yang benar dan unik
    - 'Contact Us' di halaman
    - Domain Trust
    - SItus arsitektur
    - Situs update
    - Nomor atau banyaknya halaman
    - Adanya Sitemap
    - Situs uptime
    - Lokasi server
    - SSL Sertifikat
    - Menggunakan Google Analytics dan Google Webmaster Tools
    - Reputasi situs

    Faktor Backlink
    - Umur Link yang mengarah ke situs kita
    - nomor root domain dari link yang mengarah ke situs kita
    - Nomor links dari pisahan kelas C-Class IPS
    - Total linking pages
    - Link dari domain .Edu dan .Gov
    - ALT Image
    - PR dari link yang memberikan kita BL
    - Autoritas link domain, misal homepage .com PR 3 lebih bagus PR 2 pagelink kalau dari .edu
    - Link dari kompetitor
    - Sosials hare dari reffering situs
    - Link dari lingkungan yang jelek
    - Postingan tamu/guest
    - Link yang mengarah ke homepage dengan halaman situs
    - Nofollow Link
    - keragaman jenis link
    - ponsor link
    - kontekstual link
    - terlalu banyak 301 yang mengarah ke Page
    - Backlink anchor text
    - Internal Link anchor text
    - Link Title attribut
    - Negara TLD reffering domain
    - relevansi domain untuk tukar link
    - relevansi halaman
    - text around link sentement
    - kata kunci di title
    - kecepatan positif link
    - kecepatan negative link
    - terkait sebagai sumber wikipedia
    - Link dari halaman 'HUB'
    - CO-Occurrences
    - Umur Backlink
    - Link dari situs nyata VS SPLOGS
    - Natural link profile
    - Reciprocal Link
    - Pengguna Generated Content Link
    - Link dari 301
    - Skema.org mikroformat atau menggunakan snippets
    - DMOZ Listed
    - yahoo Directory lissted
    - Jumlah outbound link di halaman
    - Profile link di forum
    - Hitungan kata di linking konten
    - kualitas linking konten
    - seluruh situs

    Interaksi pengguna
    - klik alami melalui rate untuk suatu kata kunci
    - Organik CTR untuk semua kata kunci
    - bounce rate
    - direct trafik
    - repeat trafik
    - situs yang diblokir
    - Chrome bookmark
    - Google toolbar
    - jumlah komen
    - waktu di situs

    Peraturan spesial algoritma
    - Query deserves freshness
    - Query drserves diversity
    - User browsing history
    - User search history
    - Geo targetting
    - Safe search
    - Google+ circles
    - DMCA Complaints
    - Domain Diversity
    - Transactional searches
    - Local Searches
    - Google News Box
    - Big Brand Prerence
    - Shopping Results
    - Image results
    - Single site results for brands

    Social Signals
    - Jumlah tweets
    - Jumlah facebook like
    - Facebook shares
    - Wewenang akun pengguna twitter
    - Wewenang akun pengguna Facebook
    - Pins Pinterest
    - Votes di sosial sharing situs
    - Jumlah Google+1
    - Wewenang akun pengguna Google+
    - Verifikasi autor Google+
    - Relevansi sosial sinyal
    - Level situs sosial sinyal

    Brand Signals
    - Brand name anchor text
    - Pencarian terkenal
    - Situs mempunyai facebook pake and like
    - Situs mempunya profil twitter dengan followers
    - mempunyai official Linkedin
    - Pekerjaan dimasukkan di Linkedin
    - Legitimasi akun sosial media
    - Mentions terkenal di situs berita
    - CO-citations
    - Jumlah RSS Subscribers
    - Brick and Mortar location with Google+ Local Listing
    - Website is tax paying business

    Faktor webspam di situs
    - Panda Penalti
    - Link ke linkungan jelek
    - redirects
    - Iklan Popups
    - Situs over optimasi
    - Halaman berlebihan optimasi
    - Iklan di bawah melipat
    - Link affiliasi tersembunyi
    - afilisi situs
    - AGC
    - Excess PR Sculpting
    - IP Address ditandai sebagai spam
    - Meta TAG Spamming

    Faktor webspam off page

    - unnatural influx of links
    - penguin penalty
    - Link profile with high % of low quality links
    - Link domain yang relevansi
    - Unnatural links warning
    - Links from the same class C IP
    - 'Poison' anchor text
    - manual penalty
    - Selling links
    - google sandbox
    - Google dance
    - Disavow Tool
    - Reconsireation Request

    :manja:

    Hanya itu bisa saya, mungkin untuk para mastah bisa berkenan membuatkan ebook atau artikel mengenai SEO Ampuh untuk Google Hummingbird :salaman:agar para newbi bahkan untuk semuanya bisa menimba ilmu :sempoa: dan waktunya untuk belajar lagi sama Google:peace:

    Gak nolak kalau di kasih ijo-ijo :D sama like jempolnya :malu:

    Terima kasih
     
    Last edited by a moderator: Sep 29, 2013
  5. Cendol

    Cendol Ini Bisa Sampai Berapa Kata ?

    Joined:
    Nov 6, 2012
    Messages:
    2,175
    Likes Received:
    270
    Re: 200 Jurus SEO Untuk Google Hummingbird [Teks]

    waduh keren ulasannya mastah
    like meluncur :D

    Mau belajar dan terus belajar
    mohon bimbingannya mastah :D
     
  6. pakai

    pakai Ads.id Fan

    Joined:
    Jul 1, 2013
    Messages:
    215
    Likes Received:
    27
    Re: 200 Jurus SEO Untuk Google Hummingbird [Teks]

    mantab
    mau susah susah terjemahin :ok:
    kalo ane sih enak liat langsung dari sumber asli / gambar
    terjemahan agak agak gmana gitu :peace:
    sama aja misal 'mouse' diterjemahin jadi 'tetikus' aneh banget kayaqnya :lol:
     
  7. TheNext

    TheNext Super Hero

    Joined:
    Mar 1, 2011
    Messages:
    2,899
    Likes Received:
    211
    Location:
    Ruang Pikiran
    Re: 200 Jurus SEO Untuk Google Hummingbird [Teks]

    thanks banget mas bro

    karena masih banyak warga forum yang kurang paham bahasa inggris sangat terbantu dengan trit ini :)
     
  8. hariri

    hariri Super Hero

    Joined:
    Aug 30, 2010
    Messages:
    1,764
    Likes Received:
    26
    Location:
    /wp-admin/your-heart
    dirinci secara detail, mksh gan krn udah meluangkan waktu tuk berbagi.
    Semoga bagi para newbie seperti ane, tuh algo baru membawa berkah. Amien :D
     
  9. newbisa

    newbisa I'm Blogger Lovers

    Joined:
    Dec 13, 2010
    Messages:
    2,417
    Likes Received:
    539
    Location:
    DigitalJV.com
    ikut nyimak juga gan :)
     
  10. ffarcom

    ffarcom Newbie

    Joined:
    Sep 3, 2013
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Re: 200 Jurus SEO Untuk Google Hummingbird [Teks]

    terimakasih gan info info nya ..
     
  11. kopiluwak

    kopiluwak Ads.id Pro

    Joined:
    Mar 19, 2013
    Messages:
    288
    Likes Received:
    115
    Location:
    Medan
    MANTAP ulasannya mastah... like this
     
  12. pandumusica

    pandumusica Ads.id Pro

    Joined:
    Jul 17, 2011
    Messages:
    435
    Likes Received:
    46
    Location:
    Malang
    ma kasih banyak mastah :) ane masih nuebi yang masih belajar dan terus belajar :)
     
  13. Arjunlap

    Arjunlap Ads.id Fan

    Joined:
    Jun 16, 2012
    Messages:
    198
    Likes Received:
    2
    Re: 200 Jurus SEO Untuk Google Hummingbird [Teks]

    Terimakasih gan..
     
  14. aminsetyo

    aminsetyo Ads.id Pro

    Joined:
    Dec 1, 2011
    Messages:
    366
    Likes Received:
    34
    Location:
    Magelang,Indonesia
    beuhhhh banyak bangettt gan :D
    ijin belajar :gembira:
     
  15. makelarberita

    makelarberita Banned

    Joined:
    Mar 27, 2013
    Messages:
    896
    Likes Received:
    27
    Location:
    Porong, Sidoarjo. Jawa Timur. Indonesia, Asia Teng
    mantebb, ijin nerapin yah mas pandu, btw blogger malang manteb2 kek ente :D
    saya d sidoarjo gan :gembira:
     
  16. nehenang

    nehenang Newbie

    Joined:
    Apr 26, 2013
    Messages:
    40
    Likes Received:
    0
    Location:
    Dimana ada Jaringan Internet.
    lengkap sekali atuh gan, memang jos gandos tipsnya.
     
  17. chamisuaq

    chamisuaq Newbie

    Joined:
    Nov 14, 2010
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    ooh begitu ya ternyata ...
     
  18. alfi212

    alfi212 Hero

    Joined:
    Nov 15, 2010
    Messages:
    682
    Likes Received:
    97
    persetan dengan google, udah pe we pake facebook. :p
     
  19. Heryrhey

    Heryrhey Super Hero

    Joined:
    Nov 6, 2010
    Messages:
    1,848
    Likes Received:
    451
    Location:
    yotubmp3.com
    makin sult aja neh kekx pasca hadirx si burung " 'Hummingbird'"
     
  20. himanuzo

    himanuzo Super Hero

    Joined:
    Aug 19, 2010
    Messages:
    1,056
    Likes Received:
    15
    Belajar resep si burung Hummingbird... untuk memenangkan game SEO di Google....!
     

Share This Page